Hal-hal apa yang harus diketahui atau dipertimbangkan sebelum membeli sebuah lukisan?

Dilihat 458 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1



Memilih lukisan yang sesuai dan tepat untuk menambah keindahan ruang kerja, ruang tamu, atau ruang keluarga memang membutuhkan banyak pertimbangan. Karena lukisan bukan hanya sekedar pelengkap dekorasi atau pemanis interior tetapi juga dapat memberikan nilai tersendiri di dalam ruangan di mana lukisan tersebut diletakkan. Secara umum, pemilihan jenis lukisan sangat tergantung dengan selera masing-masing orang. Ada yang menyukai lukisan abstrak, lukisan realisme, impresionisme, lukisan tubuh manusia atau lukisan pemandangan alam. Hal ini sangat tergantung dengan selera pribadi yang mungkin dipengaruhi oleh pendidikan dan pengalaman masing-masing.

Dalam mencari informasi tentang pembelian suatu karya seni lukis, pastinya Anda akan menemukan banyak rekomendasi dan masukan dari berbagai pihak. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah bahwa di dalam seni tidak ada saran yang benar dan tidak ada saran yang salah. Semuanya benar-benar dikembalikan kepada Anda untuk memutuskan karya lukis apa yang akan Anda beli. 

Nah, jadi sebenarnya faktor-faktor apa saja sih yang harus kita perhatikan sebelum membeli lukisan? Untuk lebih jelasnya, simak terus ya ulasan singkat berikut ini sampai habis:)


Pertimbangan Dalam Memilih Lukisan

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli suatu karya seni, tentunya Anda pasti tahu tujuan dan maksud pembelian karya seni tersebut. Entah hanya untuk sekedar dipajang, menambah koleksi, atau dibisniskan, semua itu tergantung diri Anda. Oleh karenanya, apapun alasan dibalik pemilihan karya seni itu, ada beberapa tips dasar yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk Anda, yaitu :

  • Tema Lukisan.


Ketika membeli sebuah lukisan baru, sesuaikan tema lukisan anda dengan tema atau fungsi ruangannya. Ada beberapa tema lukisan yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan pembeli. Contohnya adalah tema lukisan pemandangan alam. Tema lukisan ini bisa dikatakan menjadi salah satu jenis tema yang paling banyak diminati oleh penikmat lukisan dari berbagai kalangan. 

Selain memberi kesan teduh dan damai, lukisan pemandangan alam juga sangat mudah untuk disesuaikan dengan tema ruangan tempat dimana lukisan tersebut akan diletakkan. Namun, masih banyak tema lain yg dapat Anda pilih, seperti lukisan bertema abstrak, 3 dimensi, romantisme atau tema yang lain.

  • Warna, ukuran dan bentuk kanvas Lukisan.


Idealnya, untuk mendapatkan jenis lukisan yang benar-benar sesuai dengan keinginan Anda, sebaiknya anda pergi ke suatu tempat yang memiliki banyak galeri seni. Disana Anda dapat mengamati berbagai macam karya seni. Anda dapat meminta masukan dari orang-orang yang ada di galeri tersebut mengenai warna, ukuran atau bahkan bentuk kanvas lukisan yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Ketika melihat sebuah lukisan, selain tema, warna, dan ukuran yang menjadi perhatian utama, Anda pasti juga ingin mengetahui tentang senimannya. Apakah mereka sudah lama berkarya? Atau apakah senimannya masih pemula? Banyaklah bertanya dan mintalah untuk diperlihatkan karya-karya lainnya sebagai bahan referensi. Jangan pernah malu bertanya saat Anda berada di galeri seni. Seniman sangatlah kreatif, jadi Anda akan mendapatkan berbagai jenis karya yang mungkin justru dapat membuat Anda merasa bingung. Nah, disinilah memang dibutuhkan masukan dari orang-orang yang sedikit banyak telah mengetahui tentang karya seni lukis.

  • Anggaran.


Anggaran untuk membeli lukisan harus benar benar dipikirkan dan tidak boleh dianggap enteng. Sudah bukan rahasia lagi bahwa untuk memperoleh karya lukisan bagus yang berkualitas tinggi akan dibutuhkan dana yang cukup besar. Tentu saja hal ini sangat logis, karena karya seni yang dihasilkan oleh seniman yang berpengalaman – yang telah diakui oleh kritikus seni – harga beli akan bernilai lebih tinggi dibandingkan dengan harga karya seni seniman pemula.

Jika besarnya anggaran yang tersedia memang cukup memadai, cobalah membeli karya seni original. Namun banyak anggapan yang salah dengan kata “original” di dalam dunia seni. “Original” yang dimaksud adalah sebuah karya seni yang dibuat dan diciptakan dari awal sampai akhir oleh senimannya secara langsung. Seringkali di masa kini, kata “original” diberikan pada karya yang hanya asli berdasarkan konsep, dan sebenarnya dikerjakan oleh orang lain, atau dicetak secara masal (catatan: banyak karya seni yang dibuat sendiri oleh senimannya, dari awal hingga akhir, dan ini bisa dianggap sebagai karya original yang diperbanyak. Namun, mereka tidak memproduksi ulang lukisan yang dikerjakan lewat medium lain (sehingga pembeli perlu berhati-hati). 

Karya seni original dapat dituangkan di atas kanvas, kertas, kayu, atau jenis "substrate" (substrate merupakan sebutan untuk ‘media yang digunakan’ dalam dunia seni), dan dapat dibuat dengan berbagai macam material – cat minyak, akrilik, cat pastel, cat air, atau media campuran (maksudnya campuran dari semuanya), dan juga dengan kolase (melekatkan berbagai bahan jadi satu).


Pendekatan Lain

Disamping tiga dasar pertimbangan diatas, ada beberapa pendekatan lain yang dapat dijadikan acuan sebelum membeli sebuah karya lukis, yaitu :

  • Tanyakan soal kebijakan pengembalian – bagaimana jika sesampainya di rumah lukisan tersebut jadi kelihatan buruk? Bisa saja sulit untuk memvisualisasikan karya seni bagi peminat seni baru sampai karya tersebut dipajang di tempat yang diinginkan. Beberapa tempat dapat memberikan kebijakan ini, namun lainnya tidak.
  • Tidak ada ruginya untuk membaca buku-buku seni dan mempelajari sedikit tentang senian kontemporer. Ini akan membekali anda beberapa kosakata dan konteks – serta kepercayaan diri.
  • Jika tiba saatnya membeli, tanyakanlah selalu harga terbaik dari sebuah karya seni tersebut -dengan sangat perlahan dan sopan- Tidak semua galeri memberi diskon, hanya beberapa dan bertanya adalah hal yang bijak.
  • Jangan pernah membeli suatu karya seni karena tergiur dengan harga yang “sangat miring”.
  • Belilah suatu karya seni karena anda benar-benar sangat menyukainya –bahkan mencintainya. Karya-karya seperti inilah yang akan terus bertahan bersama anda seiring berjalannya waktu. 


Dari uraian singkat diatas, dapat disimpulkan bahwa dalam membeli suatu karya seni, dalam hal ini membeli lukisan, tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda pasti akan merasa puas dan bahagia, jika lukisan tersebut benar-benar sesuai dengan selera Anda, apalagi jika bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Oleh karenanya, tidak menutup kemungkinan bagi Anda selain membeli karya lukis untuk dinikmati pribadi, namun dapat juga lukisan tersebut dibisniskan kembali (diperjual belikan lagi) atau sebagai bahan investasi, apalagi jika lukisan tersebut memiliki nilai sejarah atau nilai seni tinggi, maka nilai investasi yang terkandung di dalamnya juga akan bernilai semakin tinggi. Cukup menarik bukan? Nah, mulai sekarang, jika ingin berburu lukisan bagus, coba praktekkan ya beberapa tips diatas, semoga hasilnya memuaskan. Selamat Mencoba! (Baca: Mengapa cat minyak lebih dipilih pada saat melukis?)


Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang