Apakah hasil dari melakukan push-up rutin setiap hari?

Dilihat 11,9 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Ada banyak cara memperbesar lengan Anda yang bisa dilakukan, mulai dari melakukan bench press, angkat beban, hingga latihan yang sederhana seperti push up. Push up merupakan alternatif cara memperbesar lengan yang bisa Anda lakukan di rumah, tanpa perlu pergi ke gym atau pun tempat fitness karena tak memerlukan peralatan apapun.


Namun yang cukup sulit adalah melakukan push up dengan baik dan benar. Meski terlihat mudah, melakukan gerakan yang push up cukup sulit dilakukan. Gerakan push up melatih otot terutama otot lengan, bicep dan tricep karena dengan gerakan ini, berat tubuh Anda akan ditopang oleh lengan. 


Ada tiga macam gerakan push up, yakni regular push up, diamond push up, dan yang terakhir adalah wide arm push up. Tergantung preferensi Anda, Anda bisa memilih salah satu dari tiga jenis push up tersebut.


cara memperbesar lengan


Selain tangan, gerakan push up juga menitikberatkan berat tubuh pada ujung kaki, namun terkadang ada orang yang bertumpu pada lutut. Jika dalam pelajaran olahraga di sekolah terkadang gerakan push up dengan bertumpu pada lutut ini disebut sebagai push up perempuan karena memang ini membuat gerakan lebih ringan dan lebih mudah dilakukan.


Namun dengan begitu, gerakan push up melatih otot dengan tidak maksimal. Selain untuk melatih otot, gerakan push up juga mampu meperbaiki postur tubuh Anda. Terlebih jika seseorang memiliki postur yang bungkuk, latihan push up secara rutin dapat membantunya menghilangkan postur buruk tersebut dan menjadikannya tegap dan gagah.


Selain sebagai cara memperbesar lengan, masih ada banyak manfaat lain dari push up. Di bawah ini saya akan membahas mengenai manfaat push up,



Manfaat Push Up



Gerakan push up jika dilakukan dengan benar mampu melatih banyak otot pada tubuh. Tak hanya otot lengan Anda, gerakan ini juga mampu melatih otot dada dan juga otot perut Anda. Oleh karena itulah, push up selalu masuk ke dalam daftar jika Anda memang berniat membentuk tubuh Anda.


Dengan gerakan push up, Anda bisa mendapatkan tubuh yang tegap dan gagah. Selain itu, push up juga bisa membantu memperkuat tulang Anda. Tulang merupakan kekuatan utama tubuh karena tulang adalah sumber kekuatan ketika Anda bergerak dan tulang menopang tubuh Anda.


Seiring dengan bertambahnya usia, kekuatan tulang semakin melemah dan permasalahan seperti tulang keropos, nyeri sendi, dan tulang rapuh mulai muncul. Permasalahan ini biasanya terjadi karena tulang rawan Anda tidak terlatih melakukan gerakan-gerakan ketika masih muda.


cara memperbesar lengan


Oleh karena itu, dengan push up Anda bisa berlatih menggerakkan tulang rawan Anda dan menurunkan resiko permasalahan tersebut di masa tua Anda.


Postur tubuh merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Punggung yang bungkuk, bahu yang tidak seimbang atau miring, dan juga lengan yang kurang stabil merupakan hal-hal yang membuat postur tubuh Anda terlihat kurang menarik. Biasanya dokter akan menawarkan terapi untuk memperbaiki postur semacam itu.


Namun, tahukah Anda bahwa semua itu bisa Anda perbaiki dengan melakukan push up?


Gerakan push up melatih otot lengan, dada, bahu, perut, tulang belakang, dan juga panggul pada saat yang bersamaan yang bisa membantu memperbaiki postur tubuh Anda. Secara umum, olahraga yang mengikutkan gerakan push up di dalamnya membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh secara seimbang, juga mampu menyeimbangkan massa otot pada tubuh Anda.


SIstem metabolisme adalah proses pengolahan berbagai bahan yang masuk ke dalam tubuh guna mempertahankan fungsi organ tubuh dan juga meningkatkan kinerja tubuh. Biasanya obesitas atau erat badan berlebih, lalu kondisi kesehatan yang buruk, dan juga banyaknya timbunan lemak di dalam tubuh bisa menimbulkan masalah metabolisme.


Gerakan push up mampu memancing otot dada, kaki, tulang belakang, lengan, dan juga bahu untuk melakukan gerakan-gerakan penting yang bisa meningkatkan kecepatan metabolisme tubuh Anda. Dengan otot yang terlatih, sistem otot dalam tubuh akan bekerja dengan lebih prima dan hal ini membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lebih lancar.


Jika darah dan oksigen mengalir dalam pembuluh darah dengan lancar dan terdistribusikan secara baik, maka metabolisme pun akan berjalan dengan maksimal.


Kalau Anda mengambil nutrisi yang tepat, menggunakan teknik yang tepat dan memberi tubuh Anda istirahat yang cukup kemudian melakukan push up setiap hari itu cukup aman.



cara memperbesar lengan

Haruskah Anda melakukan push up secara rutin dalam jumlah yang banyak?



Push up adalah olahraga beban tubuh yang bekerja pada bagian atas tubuh Anda, inti dan paha depan. Melakukan push up setiap hari artinya meletakkan stress lagi dan lagi ke otot yang sama. Ketika Anda menggerakkan otot manapun, serat ototmu akan merobek dan setelahnya diganti dengan yang baru. Kalau Anda tidak memberikan waktu yang cukup untuk otot-otot tersebut pulih, Anda tidak akan menambahkan ukuran apapun. Saat ini kebanyakan ahli kebugaran setuju kalau seseorang harus istirahat paling tidak selama 48 jam sebelum melatih kelompok otot yang sama lagi.


Push up rutin dengan jumlah set yang banyak itu hanya sesuai untuk pelatih yang lebih ahli yang tujuannya adalah untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan. Ini adalah cara yang sama dengan saat militer melatih tentaranya. Selama berlatih, mereka melakukan push up setiap hari hingga akhirnya tubuh mereka beradaptasi pada hal ini.


Tapi, ini benar-benar tidak apa-apa untuk mereka; mereka memiliki tingkat kebugaran yang tinggi dan tujuan mereka adalah untuk membangun stamina. Tapi untuk pemula, melakukan push up setiap hari dengan jumlah yang berlebih bisa meningkatkan kemungkinan latihan berlebihan, lelah dan cedera.


Rata-ratanya, Anda harus melakukan push up dua atau tiga hari seminggu. Saya sudah melihat banyak orang di gym yang melakukan push up setiap hari dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, bukan sebagai olahraga tapi sebagai pemanasan sebelum mengangkat beban.


push up melatih otot


Dan lagi, ini salah; push up adalah olahraga latihan kekuatan yang serius. Push up tidak boleh hanya dipertimbangkan sebagai olahraga simpel atau pemanasan. Jadi, kesimpulannya adalah lakukan push up rutin dalam jumlah banyak hanya kalau Anda mempunyai tingkat kebugaran yang tinggi dan tujuan Anda adalah untuk membentuk daya tahan.


Untuk kebanyakan dari kita, yang pergi ke gym untuk menghilangkan berat badan, mendapatkan massa atau membentuk otot, melakukan push up secara berlebihan setiap hari itu tidak ada gunanya. Jika Anda mau, Anda bisa melakukan push up secara rutin setiap hari dengan jumlah set yang sedikit. 


Jika Anda memforsir tubuh Anda dengan 150 push up setiap harinya, Anda hanya akan menyakiti tubuh Anda sendiri karena pada akhirnya segala hal yang terlalu berlebihan tidaklah baik.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang