Apa hubungan kuantitatif antara hilangnya kalori dan turunnya berat badan ?

Dilihat 1,91 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Untuk menurunkan berat badan kamu perlu defisit kalori. Defisit kalori bisa didapat dari makan lebih sedikit, olahraga lebih banyak, atau kombinasi keduanya. Contoh, jika tubuhmu membutuhkan 1800 kalori untuk mempertahankan berat tubuh dan kamu melahap 1300 kalori setiap hari, maka kamu akan menghasilkan defisit kalori sebesar 500 kalori. Mengulangi proses tersebut setiap hari selama 1 minggu kamu akan membakar total kalori sebanya 3500 kalori, setara dengan 1/2 KG lemak. Supaya tubuh bisa bekerja memerlukan bahan bakar. Setiap hari kamu menggunakan energi untuk menjalankan fungsi vital seperti nafas, sirkulasi darah. Fungsi ini terus bekerja tanpa kamu sadari.

Kalori yang kamu bakar selama istirahat disebut Basal Metabolic Rate/Tingkat Metabolisme Basal (BMR). Faktor seperti umur, genetik, berat badan memiliki peran dalam BMR. Untuk menghitung BMR kamu bisa klik disini. Saat sudah mendapat BMR kamu harus menghitung kebutuhan kalori harianmu. Kebutuhan kalori harianmu adalah BMR x 1.2. Contohnya diriku memiliki BMR sebesar 1769.70 x 1.2 = 2126.64.

Jumlah tersebut adalah kalori yang harus dikonsumsi untuk mempertahankan berat tubuhku sekarang. Setelah mengetahui jumlah asupan kalori harianmu, kamu sekarang tinggal menentukan struktur olahraga dan nutrisimu. Bicara kalori memang mudah, tapi melaksanakannya perlu usaha. Sebab kamu harus tahu berapa kalori setiap makanan yang akan kamu makan dan minum sepanjang hari. Seikit tips dariku adalah baca label dibelakang kemasan berapa kalori yang terkandung, Beli timbangan dan timbang berat bahan makananmu. Pertama memang berat untuk melaksanakan rutinitas ini, tapi nanti kamu akan terbiasa.

Setelah itu hitung berapa kalori yang kamu bakar selama olahraga. Beli alat monitor detak jantung. Ini adalah pilihan terbaik dan paling akurat selama ini yang telah aku coba. Untuk detil lebih lanjut kunjungi situs ini. Semoga membantu.

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang