Apa itu asam lemak omega?

Dilihat 800 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Terdapat tiga jenis lemak yang kita ketahui yaitu lemak jenuh, lemak tidak jenuh, dan lemak trans. Ketiganya memiliki struktur kimia dan bentuk yang berbeda. Semua lemak terdiri dari asam lemak. Lemak tidak jenuh juga dikenal sebagai asam lemak esensial, karakteristik asam lemak esensial di antaranya sebagai elemen yang sangat diperlukan untuk proses biologis. 


Asam lemak esensial diperlukan tubuh untuk melakukan beberapa proses biologis dalam tubuh. Dasar utama lemak adalah 3 asam lemak, yang semua terhubung pada satu tempat yaitu molekul gliserol. 


Pengertian asam lemak secara umum adalah rantai karbon dengan oksigen dan kelompok hidroksida pada ujungnya. Sedangkan dalam dunia medis, pengertian asam lemak adalah senyawa alifatik dengan gugus karboksil yang membentuk rantai tersusun atas oksigen dan hidroksida pada ujung-ujungnya. 


Setiap karbon di dalam rantai terikat pada satu karbon di sisi kiri dan sisi kanan juga dua ikatan lainnya yang terhubung ke hidrogen. Ini disebut dengan "asam lemak jenuh" karena mengandung banyak sekali hidrogen.

 

Asam Lemak Omega 3

Tidak semua asam lemak merupakan asam lemak jenuh. Sebagian di antaranya tidak terikat ke hidrogen, melainkan memiliki dua ikatan ganda pada salah satu dari karbon-karbon. Ikatan tersebut menciptakan molekul yang terbelit dan tidak lurus. 


Molekul memiliki berbagai macam sifat tergantung dari mana belitannya berada. Untuk menggambarkannya, maka harus dihitung mulai dari bagian akhir (yang disebut "omega") sampai dengan ikatan ganda yang pertama.



Apakah Asam Lemak DIbutuhkan Oleh Tubuh?


Asam lemak esensial yang baik bagi tubuh adalah asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6. Jika kamu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak esensial, kamu akan memperoleh kesehatan yang seimbang. Asam lemak omega 3 juga berpengaruh bagus untuk otak, makanan yang mengandung asam lemak omega 3 sangat baik dikonsumsi oleh balita untuk perkembangan otak mereka. 


Sebenarnya, kamu memerlukan keduanya karena tubuhmu tidak sempurna dalam memproduksi asam lemak sendiri sehingga kamu membutuhkannya dari makanan. 


Sumber Asam Lemak Omega 3

Mari simak daftar makanan-makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dan 6, baik itu dari hewan maupun tumbuhan di bawah ini.


Sumber omega 3 dari hewan, seperti:


  • Telur
  • Ikan Salmon
  • Ikan Tuna
  • Ikan Sarden
  • Tiram
  • Kepiting
  • Cumi

Sumber omega 3 dari tumbuhan, seperti:


  • Biji Bunga Flax
  • Kangkung
  • Brokoli
  • Bayam
  • Kembang Kol
  • Selada
      

Sumber omega 6, misalnya:


  • Minyak Bunga Matahari
  • Minyak Kedelai
  • Minyak Zaitun
  • Kacang Kenari
  • Biji Wijen
  • Biji Labu
Pola Makan Yang Sehat

Pola makan orang Indonesia cenderung terdiri dari terlalu banyak omega 6 dan terlalu sedikit omega 3, meskipun masih belum jelas apakah memang lebih baik untuk mengubah rasio, jumlahnya atau ada pilihan lain yang lebih baik.


Secara umum, solusinya adalah untuk mengonsumsi lebih sedikit minyak biji-bijian olahan (seperti minyak kelapa) dan lebih sedikit daging. Hewan yang dibesarkan di padang rumput mungkin mengandung lebih banyak omega 3, karena rumput yang menjadi makanan mereka mengandung lebih sedikti omega 6. 


Melihat dari pengertian asam lemak sendiri, asam lemak adalah komponen penting  yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari perubahan suhu, pelarut vitamin dan juga sumber energi. Sebaiknya hindari makanan olahan karena manfaat omega 6 dan omega 3 di dalamnya masih tidak diketahui dan efek kesehatannya bisa saja berasal dari faktor yang sepenuhnya tidak berhubungan. Jadi saran saya, hindarilah makanan olahan dan makan cepat saji.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang