Apa itu diabetes melitus?

Dilihat 2,37 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Diabetes mellitus, aau yang sering disebut dengan diabetes, adalah penyakit yang merusak tubuh saat kadar gula darah tinggi untuk waktu yang lama.


Tipe-tipe diabetes

Ada beberapa tipe dari diabetes:

Diabetes tipe 1 adalah penyakit yang disebut dengan diabetes muda atau diabetes yang bergantung pada insulin. Mulai biasanya saat masih anak-anak. Pasien benar-benar butuh hormone insulin, karena pankreasnya, organ yang membuat insulin, sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Insulin biasanya diberikan dengan cara suntikan dan harus diseimbangkan dengan asupan makanan untuk menjaga keseimbangan gula darah normal.


Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang disebut serangan diabetes dewasa. Ini adalah penyakit gaya hidup, berawal pada pertambahan berat yang terlalu banyak dan kurang olahraga. Pasien tidak kekurangan insulin, tapi tidak memiliki kesensitifan ke insulin pada tubuhnya sendiri. Pengobatan dimuali dengan diet dan olahraga tapi bisa membutuhkan pila tau insulin.

Diabetes gestasional adalah diabetes yang mencul saat kehamilan saat hormone kehamilan mengalahkan hormone insulin sehingga gula darah meningkat. Bisa mengakibatkan pertumbuhan janin yang membesar dan kesulitan untuk pengiriman Diabetes gestasional bisa menjadi diabetes tipe 2 nantinya.


Komplikasi

Jika gula darah dibiarkan tinggi, biasanya lebih dari 180 mg/dl lebih dari sepuluh tahun, pasien dengan diabetes apapun bisa terkena komplikasi berikut:

Penyakit mata yang bisa mengakibatkan kebutaan

Penyakit ginja yang bisa menyebabkan gagal ginjal

Penyakit saraf yang bisa menyebabkan kehilangan perasaan di beberapa bagian tubuh, khususnya kaki, atau kelumpuhan

Penyakit jantung dan pembuluh darad, yang bisa mengakibatkan serangan jantung, struk atau kekurangan darah ke kaki.


Pengobatam

Tidak ada dari komplikasi berikut tidak akan terjadi jika penanganan diabetes dilakukan dengan benar. Alat untuk menjaga gula darah tersedia untuk menghindari komplikasi diabetes dan dengan bantuan tim konsultasi dari dokter, pengajar diabetes, pengajar diet, dan doter mata dan spesialis yang lain, orang dengan diabetes bisa hidup berumur panjang, dan hidup yang berkualitas.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang