Apa itu kanker payudara? Apa penyebabkan? Apa saja gejalanya?

Dilihat 718 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menurutku, kamu mencari tentang kanker payudara pada pria karena kita sudah tidak bisa menyebabkan kanker dada lagi: Walaupun pria tidak memiliki payudara seperti wanita, mereka memilik jaringan payudara yang sedikit. "Payudara" pada pria dewasa itu mirip dengan perempuan sebelum pubertas. Pada perempuan, jaringan ini bertumbuh dan berkembang, tapi bagi pria, jaringan tersebut tidak bertumbuh. Tapi, karena masih dalam bentuk jaringan payudara, pria masih bisa mendapatkan kanker payudara. Pria bisa terkena tipe kanker payudara yang sama dengan wanita, tapi kanker yang melibatkan bagian yang membuat dan menyimpan susu itu jarang sekali

Pria Mana yang Memiliki Potensi Terkena Kanker Payudara?
Kanker ini jarang terjadi pada pria dibawah umur 35 untuk terkena kanker payudara. Kesempatannya pria mendapatkan kanker payudara meningkat seiring dengan umur. Kebanyakan kanker payudara terjadi pada pria berumur antara 60 dan 70. Faktor resiko lain pada kanker payudara pria, yaitu:

  • Kanker payudara pada saudara dekat wanita
  • Sejarah paparan radiasi pada dada
  • Pembesaran payudara (disebut ginekomastia) dari obat atau perawatan hormon, atau bahkan eberapa infeksi dan racun
  • Mengambil estrogen
  • Kondisi genetik langka yang disebut sebagai sindrom Klinefelter
  • Penyakit hati yang parah
  • Penyakit testis seperti Orchitis, luka pada testis, atau testis yang tidak turun

Seberpa Seriusnya Kanker Payudara pada Pria?
Dokter pernah berpikir kalau kanker payudara pada pria itu lebih parah dari yang ada pada wanita, tapi sekarang, sepertinya terlihat sama. Masalah utama kanker payudara pada pria adalah sering didiagnosa nanti daripada kanker payudara pada wanita. Ini mungkin dikarenakan pria kurang menduga sesuatu yang aneh terjadi di area itu. Dan juga, jaringan payudara mereka yang kecil itu sulit untuk dirasakan, membuatnya semakin sulit untuk menemukan kanker-kanker ini secepatnya. Hal ini juga berarti, tumor bisa menyebar lebih cepat disekitar jaringan.

Apa Saja Gejala Kanker Payudara pada Pria?
Gejala kanker payudara pada pria mirip dengan yang ada pada wanita. Kebanyakan kanker payudara pria didiagnosa ketika pria itu menemukan benjolan/pembengkakan pada dadanya. Berbeda dengan wanita, pria cenderung menunda untuk pergi ke dokter sampai gejalanya semakin parah, seperti pendarahan pada puting. Pada titik tersebut, kankernya mungkin sudah menyebar.

Baca lebih lanjut....

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang