Apa itu makanan diet?

Dilihat 841 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Permasalahan dengan berat badan memang tidak bisa dianggap enteng bagi sebagian besar orang, baik perempuan maupun laki-laki, terutama mereka yang masih berusia muda dan ingin tampil menawan. Banyak hal yang dilakukan demi mendapatkan berat badan yang ideal, misalnya dengan olah raga kardio atau angkat beban mati-matian dengan harapan mampu membakar kalori sebanyak-banyaknya.


cara diet


Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa sebuah proses penurunan berat badan terdiri dari 80% kontrol makanan dan 20% olahraga. Tidak peduli sebanyak apapun kau berolah raga, keberhasilan penurunan berat badan bergantung dari apa yang kau konsumsi, dari apa yang diserap oleh tubuhmu. Berikut ini, mari kita lihat makanan sehat untuk diet yang harus diketahui untuk membantu program pemangkasan lemak anda.


Apa Itu Makanan Diet ?

Makanan untuk diet adalah makanan atau minuman yang diporsi atau dimasak sedemikian rupa untuk merubah tubuh. Biasanya makanan untuk diet dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Namun, sebagian besar orang tidak tahu apa arti diet yang sebenarnya. Kata diet tidak sepenuhnya berarti mengurangi porsi makan (inilah yang diketahui oleh publik pada umumnya).

Diet merupakan kombinasi makanan yang kita konsumsi, yang sehat atau pun tidak sehat, cocok untuk menurunkan atau menambah berat badan, dan lain-lain tergantung pada komposisinya. Namun zaman sekarang kata diet sering digunakan untuk merujuk pada pola makan untuk menurunkan berat badan.


resep makanan diet


(Lihat : Apa saja yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan ?)


Diet sebenarnya berarti mengkonsumsi makanan yang seimbang untuk tujuan tertentu. Tujuannya bisa jadi untuk menurunkan atau menaikkan berat badan (ya, menaikkan juga), meningkatkan kesehatan, menyembuhkan penyakit, dan lain-lain. Semua ini tergantung pada profil nutrisi yang terkandung untuk mencapai tujuan. Jadi, ketika seseorang menggunakan kata diet, ingatlah untuk lebih spesifik tentang diet apa yang dimaksud – diet tinggi serta, diet untuk menaikkan berat, dan lain-lain.


Seperti Apakah Diet yang Baik Itu?

Sebuah diet yang bagus adalah diet yang memenuhi syarat nutrisi. Buah-buahan, sayur mayur, biji-bijian, ikan dan air (yang terkandung dalam berbagai makanan, contoh buah-buahan mengandung 70% air). Makanan-makanan tersebut mengandung serat yang dapat membantu pencernaan. Sayur mayur lebih dianjurkan karena buah-buahan mengandung lebih banyak gula (gula yang sehat) dan kalori.


makanan sehat untuk diet

Apa lagi yang dapat dilakukan? Atur porsi makan. Makan dengan porsi kecil lebih dianjurkan daripada jarang makan. Biasanya otak sedikit lambat memberikan sinyal bahwa Anda sudah kenyang. Makanlah dengan pelan. Terlebih lagi, Anda dapat memakan lebih banyak dengan pola makan sehat dibanding makan makanan ringan atau fast food.


Makanan Untuk Diet

Apabila tujuan diet anda adalah untuk menurunkan berat badan, maka seperti yang telah dipaparkan di atas, anda harus terus memantau jumlah kalori yang masuk dan menghindari makanan cepat saji. Cara yang termudah dan terbaik adalah dengan memasak sendiri kudapan anda. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan untuk diet yang bisa dengan mudah didapatkan atau dibuat sendiri di rumah.

1.  Sup Pembakar Lemak

Sup ini pada dasarnya adalah sup yang dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung di rumah sakit dan harus menurunkan berat badan dengan cepat untuk menjalani operasi. Bahan-bahan sup pembakar lemak ini terdari paprika hijau, bawang bombay, tomat, dan brokoli yang direbus dalam air atau kaldu ayam hingga matang tanpa menggunakan garam dan bumbu lainnya. Namun penurunan berat badan setelah memakan sup ini selama seminggu penuh cukup signifikan, yaitu mencapai sekitar 2-7 Kg.


2.  Dada Ayam Rebus atau Panggang

Salah satu yang menerapkan diet ini adalah Deddy Corbuzzier. Sang pesulap yang kini memiliki badan tegap dan kekar itu pernah menyatakan bahwa ia mengonsumsi dada ayam setiap harinya, direbus atau dipanggang. Dada ayam adalah bagian ayam yang memiliki lemak paling sedikit dan kaya akan protein, maka dari itu, dada ayam merupakan makanan sehat untuk diet, selama tidak diolah menggunakan garam dan minyak.


3.  Kentang dan Ubi Rebus atau Panggang

Kentang dan ubi memang dikenal sebagai pengganti nasi untuk program penurunan berat badan, namun tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena kedua makanan ini memiliki kalori yang cukup banyak, terutama kentang.


4.  Banana-diet

Banana diet atau diet pisang adalah diet yang dipopulerkan di Jepang. Caranya adalah, satu buah pisang dan air untuk sarapan, lalu makan siang seperti biasa dengan porsi kecil, lalu kembali diikuti dengan satu buah pisang dan air untuk makan malam. Namun sebenarnya untuk diet ini tidak hanya menggunakan pisang, anda juga bisa menggunakan pepaya atau apel. Menurut saya, pepaya lebih disarankan karena 70% pepaya adalah air dan juga akan memperlancar metabolisme tubuh anda. Selain itu, kalori pepaya juga sangat kecil dan anda bisa memakan buah tersebut sebanyak-banyaknya.


5.  Telur Rebus

Indy Barends adalah artis Indonesia yang menjalani program diet telur rebus, yaitu tidak memakan apapun ketika lapar selain telur rebus. Karena kaya akan protein, telur tentu merupakan makanan sehat untuk diet. Namun, tidak semua orang dapat melakukannya karena ada beberapa yang tidak kuat mengonsumsi protein terlalu banyak, atau disebut juga dengan alergi protein. Konsultasikanlah dengan dokter anda terlebih dahulu apabila anda berniat untuk melakukannya!


6.  Ikan Panggang/Bakar/Rebus

Sama halnya dengan telur, ikan juga merupakan sumber protein dan sangat sehat jika dimasukkan ke dalam program penurunan berat badan anda. Namun tidak sembarang ikan, jangan gunakan ikan yang memiliki banyak lemak seperti ikan patin. Anda bisa mengolah sepotong ikan tuna atau salmon yang dipanggang dengan minyak zaitun dan merica sebagai santapan malam anda.


7.  Beras Merah dan Sayur


makanan diet sehat


Beras merah telah sejak lama terkena sebagai makanan penurun berat badan. Selain lebih tinggi akan serat dibandingkan dengan nasi putih, beras merah juga rendah kalori meskipun tidak begitu mudah didapatkan. Anda bisa menggunakan beras merah sebagai pengganti nasi putih dan konsumsilah bersama sayuran yang direbus atau dikukus ataupun ditumis dengan sedikit minyak zaitun dan bawang.


8.  Roti Gandum dan Keju

Makanan ini baik untuk sarapan. Cukup ambil dua helai roti gandum dan sehelai keju, maka anda telah siap untuk mengawali hari. Roti gandum lebih kaya akan serat dibandingkan roti putih dan lebih rendah kalori. Lalu, jangan khawatir dengan keju, karena penelitian menyebutkan bahwa keju berperan dalam mempercepat pembakaran dan penurunan berat tubuh, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas.


9. Cokelat Hitam

Cokelat dalam hal ini adalah dark chocolate 80%-100%, bukan cokelat susu yang manis dan legit. Pengonsumsian cokelat hitam sebesar ibu jari per hari mampu mempercepat metabolisme tubuh anda dan juga baik untuk kesehatan karena kaya akan anti-oksidan.


10. Madu Hitam dan Propolis


obat diet alami


Tidak banyak orang yang tahu akan madu hitam dan khasiatnya. Namun, madu yang rasanya pahit ini sangat berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit, bahkan membantu proses penurunan berat badan karena berperan menahan nafsu makan dan memperbaiki metabolisme tubuh. Apabila dikonsumsi bersamaan dengan propolis, maka prosesnya pun akan menjadi lebih cepat.

Anda juga bisa berkreasi sendiri menggunakan bahan yang ada dengan resep makanan untuk diet ini. Ingatlah, anda harus bisa berjalan sebelum bisa berlari. Mulailah diet sehat secara perlahan, motivasi diri anda, catat setiap kemajuan, dan hargai usaha anda sendiri. Tujuannya bukan untuk terlihat kurus dan seksi, tapi menjadi sehat. Dengan tubuh yang sehat, hati juga akan merasa senang.

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang