Apa itu musik pop?

Dilihat 29,8 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Musik terus saja mengalami perubahan seiring dengan berkembangnya jaman. Musik yang awalnya hanya digunakan untuk upacara kepercayaan, sekarang telah berkembang menjadi suatu hiburan yang bisa dinikmati oleh banyak orang bahkan bisa digunakan sebagai terapi. Sekarang dimanapun, kapanpun, musik bisa dinikmati. Bahkan telah menjadi kebutuhan.


Banyak genre musik yang kita ketahui, namun di antara semua genre tersebut genre musik pop lah yang paling digemari oleh masyarakat awam. Musik pop  sekarang ini pun masih menjadi genre musik favorit masyarakat luas, seperti lagu Tentang Cinta yang dibawakan oleh Raisa, Penantian Berharga oleh Rizky Febrian merupakan dua musik pop terbaru yang menempati chart dua teratas untuk tahun ini. Selain musik pop dalam negeri, musik pop barat juga menjadi favorit banyak orang.


Kita sudah sering mendengar berbagai macam musik pop dan bahkan menyukai musik pop itu sendiri. Namun apakah kita tahu apa musik pop itu sebenarnya? Tenang saja, di bawah ini akan dijelaskan apa itu musik pop, serta sejarah singkat mengenai musik pop itu sendiri. 


Sejarah musik pop


Lagu-lagu dari The Beggar's Opera (1728) mungkin adalah lagu populer pertama yang pernah ada. Balada populer pada zaman tersebut mulai dijadikan melodi yang indah. Pada awal abad ke-19, istilah musik populer mulai digunakan. Lagu-lagu populer pada zaman itu berasal dari pertunjukan opera. Offenbach menulis Orpheus in the Underworld pada tahun 1858. Salah satu melodi populer pada opera ini adalah Galop Infernal, yang kemudian dikenal dengan can-can



Gambar 1. The Beggar's Opera


Dia juga menulis La Belle Hélène pada tahun 1864. Strauss menulis Indigo und die Vierzig Rauber pada tahun 1871 dan yang paling dikenal dari karyanya adalah Die Fledermaus taun 1874. Gilber dan Sullivan menulis operetta mereka yang pertama berjudul The Pirates of Penzance tahun 1879. 


Pada tahun 1885, beberapa penerbit musik mulai bermunculan di W.28th Street, New York, yang terletak di antara Broadway dan 5th Ave. Industri penerbit musik pada era ini lebih dikenal dengan nama Tin Pan Alley. 


Pada tahun 1930an hingga 1950an, seluruh dunia industri musik populer juga dikenal dengan nama Tin Pan Alley. Salah satu contoh anggota Tin Pan Alley ialah Denmark St. London. Lagu pertama mereka yang paling sukses 

ialah "After the Ball is Over" pada tahun 1892 oleh Charles K. Harris dan "The Man who Broke the Bank at Monte Carlo" pada tahun 1892 oleh Charles Coborn. 


Seiring dengan waktu, perkembangan musik populer dipengaruhi oleh musik country. Sejak tahun 1950, musik populer banyak dipengaruhi oleh musik rock’n’roll dan mulai saat itu, musik populer mulai dikenal dengan nama musik pop. Musik pop semakin dipengaruhi oleh musik rock pada tahun 60-an dan pop hampir terdengar mirip dengan musik rock.



Definisi Musik Pop 



Mungkin banyak orang mengira bahwa aliran pop merupakan genre suatu musik yang independen. 


Tapi yang mengejutkan,


Musik populer sebenarnya bukan hanya 1 genre musik.


Musik pop adalah campuran  dari berbagai macam genre musik yang populer pada suatu lingkup waktu tertentu. Hal ini sangat penting untuk dipahami. Genre yang paling banyak memberikan pengaruh adalah genre yang paling disukai masyarakat pada saat itu. Inilah mengapa definisi lain dari musik pop cenderung tidak jelas dan kurang tepat. 


Ada sebagian orang yang mengatakan musik pop dirancang untuk meraup sukses secara komersial. Namun bagi sebagian orang lainnya, hal ini tidak benar. Ada juga musik populer yang tidak diciptakan semata-mata untuk kesuksesan komersial, atau supaya lagu dan/atau penyanyinya menjadi terkenal karena musik tersebut. 


Kendati begitu, tentu ada juga banyak lagu-lagu yang dirancang untuk keuntungan komersial, namun kenyataanya kurang populer dan kurang disukai oleh masyarakat. Ada banyak musik yang diciptakan dengan maksud untuk menjadi populer, namun hal ini tidak menentukan akan seberapa populernya sebuah lagu tersebut maupun artis menyanyikannya. 


Banyak lagu yang dianggap sebagai lagu pop hanya karena sering diputar di radio. Tapi sayangnya, kebanyakan dari lagu-lagu tersebut justru tidak terlalu dikenal karena tidak disukai, tidak peduli seberapa sering lagu itu diputar di radio.


Definisi musik populer lebih condong diartikan sebagai musik yang populer secara umum dan dikenal oleh masyarakat, bukan seberapa sering sebuah lagu dimainkan di radio atau televisi. 


Perlu ditekankan bahwa dalam genre musik seperti metal sekalipun, juga sangat populer. Mungkin pernyataan ini akan mengundang sedikit perdebatan. Anda dapat membaca tentang musik metal di berbagai blog artikel di internet.

Banyak konsep yang salah tentang definisi musik pop dan apa maksud dari musik pop itu sendiri. 


Untuk sebagian orang, musik pop itu adalah musik murahan. Tentunya ini tidak tepat. 



Gambar 3. Ciri-ciri musik pop


Pop diartikan sebagai musik yang sedang populer untuk sebagian besar orang pada sebuah waktu tertentu. Untuk saat ini, itu bisa berarti genre seperti house, rock, metal, eurodance dan musik-musik lainnya yang memberi efek nostalgia (termasuk genre music seperti pada tahun 80-an dan lagu-lagu yang diciptakan untuk menyerupai musik pada tahun 60an dan 70an). 


Musik disco juga termasuk populer saat ini. Jangan lupa internet juga merupakan alasan mengapa suatu musik bisa menjadi populer. Banyak orang seringkali melupakan fakta ini. Jadi jika seseuatu menjadi sangat populer pada dunia maya internet, tentu hal ini juga bisa didefinisikan sebagai pop. 


Contoh salah satu ikon musik pop barat yang terkenal sepanjang masa ialah Michael Jackson. Musik yang ia bawakan tidak hanya terbatas pada satu genre. Musiknya banyak dipengaruhi oleh ritme RnB dan campuran dari genre lainnya. Lagunya sangat populer di masyarakat pada masa itu, bahkan masih banyak diputar di berbagai hingga kini. 



                  

                      Gambar 2. Michael Jackson sebagai ikon pop


Jadi kesimpulannya, pemahaman musik pop tidak hanya terbatas pada suatu genre tertentu. Musik pop bisa mencakup segala macam genre, selama musik tersebut populer di suatu masyarakat pada kurun waktu tertentu. Pada musik pop, genre dari suatu musik bukanlah hal yang utama. 


Tidak ada genre tertentu yang tidak bisa menjadi musik pop pada akhirnya, bahkan metal sekalipun. 


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang