Apa itu pembusukan usus?

Dilihat 452 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pembusukan usus merupakan rasa sakit yang tajam pada perut yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, biasanya terjadi pada pagi hari setelahnya. Rasa sakit pada perut merupakan hal yang biasa terjadi. Biasanya masalah ini tidak berlangsung lama dan seringkali terjadi karena infeksi usu atau gangguan kecil - tapi ada banyak kemungkinan penyebab lainnya. Rasa sakit yang parah atau berlangsung cukup lama, mungkin membutuhkan pemeriksaan dokter. Penyebab paling umum dari rasa sakit di perut dapat dilihat pada informasi di bawah.


Apa yang dimaksud dangan sakit pada perut? Perut merupakan bagian dari tubuhmu yang berada di bawah tulang iga dan di atas panggul. Ketika kamu merasakan sakit pada area tersebut, dokter menyebutkan dengan sakit perut. Biasanya rasa sakit yang kamu rasakan di perut disebabkan oleh gangguan pada ususmu. Kadang masalahnya juga bisa berasal dari organ tubuh lainnya.

Apa itu usus? Usus (saluran pencernaan) berawal dari mulut dan berakhir pada dubur. Ketika kita makan atau minum, makanan atau cairan melewati kerongkongan kita masuk ke dalam perut. perut mengaduk makanan dan meneruskannya ke dalam usus kecil. Usus kecil memiliki panjang beberapa meter dan merupakan tempat dimana makanan dicerna dan diserap. Makanan atau minuman yang tidak dicerna dan produk limbah kemudian diteruskan ke usus besar. 


Bagian paling besar dari usus besar disebut dengan kolon yang memiliki panjang 150 cm. Sebagian dari air dan garam diserap ke dalam tubuh melalui kolon. Kolom berujung pada dubur yang memiliki panjang sekitar 15 cm. Dubur menyimpan kotoran (feses) sebelum dikeluarkan melalui anus.


Apa saja jenis - jenis rasa sakit yang dapat dialami? Dokter memiliki istilah - istilah yang berbeda untuk menggambarkan jenis - jenis rasa sakit yang berbeda yang kamu rasakan di dalam usus. Secara umum, rasa sakit mungkin terasa tajam atau menusuk, kram, mulas, atau rasa sakit biasa. Rasa mulas biasanya bertambah parah lalu mereka. Hal tersebut dapat terjadi berulang - ulang. Dokter mungkin juga tertarik untuk mengetahui apakah rasa sakitnya menjalar ke arah tertentu.


Dengan informasi tersebut yang digabungkan dengan informasi - informasi lainnya (seperti apakah kamu sedang sakit (muntah), atau menderita diare, dll) akan membantu dokter untuk mencari tahu apa yang salah. Rasa sakit yang dapat tiba - tiba bisa dibilang akut. Rasa sakit yang bertahan lama disebut kronis.


Masalah apa yang dapat menyebabkan rasa sakit pada usus? Jawaban ini tidak memasukkan semua kemungkinan yang dapat menyebabkan rasa sakit pada usus, tapi beberapa penyebab yang paling umum antara lain:


  • Gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan dapat memiliki arti yang berbeda bagi masing - masing orang. Kamu mungkin merasakan rasa tidak nyaman pada bagian atas dari perut atau di belakang tulang dada. Biasanya hal ini terjadi setelah memakan jenis makanan tertentu. Mungkin makanan tersebut mengandung banyak lemak. Kamu mungkin merasa ingin selalu bersendawa atau merasakan rasa asam di dalam mulutmu. Biasanya hal tersebut terjadi beberapa jam. Sebagian orang akan merasa lebih baik dengan obat - obatan yang mereka beli dari apotek. Kalau kamu sudah berumur, atau memiliki penyakit jantung, rasa sakit yang dikarenakan oleh gangguan pencernaan yang disebabkan oleh stress merupakan hal yang mengkhawatirkan. Kadang sulit untuk membedakan antara angina atau serangan jantung dengan gangguan pencernaan. Kalau kamu merasakan sakit yang menjalar ke arah rahang atau lengan kiri, kemungkin itu adalah angina. Kalau rasa sakitnya cepat hilang, cobalah kunjungi doktermu untuk mendiskusikannya. Kalau rasa sakitnya tidak hilang dan kamu merasa tidak sehat, panggilan ambulance. Masuk angin yang terasa pada perutmu setelah makan mungkin disebabkan karena adanya angin yang terkurung dalam perut. Perutmu mungkin terasa kembung. Kalau kamu bisa pergi ke toilet dan mengeluarkan anginnya, rasa sakitnya mungkin menghilang. Jika tidak, apoteker mungkin dapat merekomendasikan obat yang dapat mengurangi rasa sakitnya.
  • Konstipasi. Konstipasi merupakan hal yang umum. Bisa jadi kamu lebih jarang pergi ke toilet untuk buang air besar atau sulit untuk buang air besar. Kadang kram akan terasa di bagian bawah perut. Kamu mungkin merasa kembung dan sakit kalau kamu merasakan konstipasi yang parah.
  • Sindrome iritasi usus besar. Sindrom iritasi usus besar merupakan gangguan usus yang sering terjadi. Penyebabnya tidak diketahui. Gejalanya dapat bervariasi, termasuk di antaranya rasa sakit di perut, rasa kembung, kadang serangan diare adn/atau konstipasi. Gejalanya biasanya datang dan pergi. Tidak ada obat untuk sindrom iritasi usus besar, tapi gejalanya dapat diredakan dengan perawatan. 
  • Radang usus buntu. Radang usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu. Usus buntu merupakan kantong perut kecil yang berada pada dinding usus. Radang usus buntu merupakan hal yang umum terjadi. Gejala yang biasa terjadi antara lain sakit perut dan muntah yang semakin parah dalam waktu 6 - 24 jam. Rasa sakitnya biasanya berawal di bagian tengah perut tapi perlahan - lahan akan bergeser ke arah pinggul kanan. Sebagian orang mungkin merasakan gejala yang tidak terlalu parah.
  • Batu ginjal. Rasa sakit yang bermula dari punggung dan kemudian menyebar ke bagian samping dari perut sampai ke paha bisa jadi disebabkan oleh batu ginjal. Rasa sakitnya cukup hebat dan datang dan pergi. Hal ini disebut dengan kolik ginjal. Rasa sakitnya hilang ketika batu sudah keluar. Kadang batunya tidak bisa keluar dan harus dihancurkan menjadi lebih kecil di rumah sakit. Kamu mungkin juga akan melihat darah pada urinmu.
  • Infeksi urin. Ini merupakan penyebab dari rasa sakit yang berada di bagian bawah perut pada wanita. Gangguan ini lebih jarang terjadi pada pria. Kamu mungkin akan merasa sakit dan berkeringat. Ketika kamu buang air kecil mungkin akan terasa sengataan tajam dan terdapat darah di urin. 
  • Batu empedu. Banyak orang yang tidak tahu bahwa mereka memiliki batu empedu. Gejalaya yang umum terjadi adalah rasa sakit yang hebat pada bagian atas kanan perut yang disebut dengan kolik bilier. Rasa sakitnya biasanay lebih parah di sisi tangan kanan, tepat di bawah tulang iga. Rasa sakitnya akan reda jika baru empedu terdorong ke saluran empedu. (dan kemudian biasanya masuk ke dalam usus) atau jika masuk kembali ke dalam kantung empedu. Rasa sakit yang disebabkan oleh kolik bilier dapat berlangsung selama hanya beberapa menit, tapi lebih sering terjadi selama beberapa jam.
  • Rasa sakit ketika menstruasi. Sebagian besar wanita merasakan sakit ketika menstruasi. Biasanya rasa sakitnya ringan, tapi bagi sebagian wanita rasa sakitnya cukup parah dan memperruhi aktifitas mereka sehari - hari. Rasa sakitnya bisa begitu hebat sehingga mereka tidak mampu untuk pergi ke sekola atau tempat kerja. Menstruasi biasanya menjadi tidak terlalu menyakitkan ketika kamu bertambah tua. Obat pereda nyari seringkali mengurangi rasa sakitnya.
  • Keracunan makanan. Ketika kita memikirkan tentang keracunan makan, biasanya yang terpikir oleh kita adalah gastroenteritis - infeksi pada usus - yang biasanya menyebabkan diare. Kamu mungkin akan merasakan kram pada perutmu. 
  • Penyakit Crohn. Penyakit Crohn merupakan suatu kondisi yang menyebabkan peradangan pada usus. Penyakit ini semakin parah dari waktu ke waktu. Gejalanya bervariasi, tergantung dari bagian usus yang terkena dan tingkat keparahan dari kondisinya. Gejala yang umum antara lain, diare yang berdarah, sakit perut, dan rasa kurang sehat.

Poin - poin di atas hanya merupakan beberapa penyebabumum. Seringkali orang - orang khawatir bawah sakit pada usus disebabkan oleh kanker. Seringkali, jenis kanker yang paling umum menyerang usus, seperti kanker kolon memiliki gejala - gejala lain. Beberapa di antaranya adalah penurunan berat badan. kurang darah, dan perubahan dalam kebiasaan buang air besar.

Pemeriksaan apa yang perlu dilakukan? Beberapa kondisi mungkin tidak membutuhkan investigasi. Jika dibutuhkan, jenid pemeriksaan tergantung dari bagian mana dari usus yang terpengaruh. 

Pengobatan seperti apa yang dapat dilakukan? Hal ini juga tergantung dari penyebab dari rasa sakitmu. Beberapa jenis rasa sakit dapat diobati dengan obat yang dapat diberik di apotek. Beberapa lainnya mungkin membutuhkan perawatan di rumah sakit. 

Apa yang bisa kamu lakukan? Kamu mungkin mengenali penyebab rasa sakitmu dari penjelasan di atas. Tapi kalau kamu mengalami rasa sakit yang tidak segera hilang (dalam beberapa jam) atau yang tidak dapat kamu tahan, sebaiknya kamu menemui doktermu.

Bagaimana saya bisa menjaga kesehatan usus saya? Makanlah buah - buahan dan sayur - sayuran. Jumlah asupan yang direkomendasikan adalah lima porsi dari buah - buahan atau sayuran setiap harinya. Kalau kamu makan banyak sayur dan buah - buahan setiap harinya, makan resiko kamu terkena penyakit jantung, stroke, dan kanker usus akan berkurang. Selain itu buah dan sayuran mengandung banyak serat yang membantu menjaga kesehatan ususmu. 
Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuhmu agar tetap sehat. 

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang