Apa itu pengobatan saluran akar?

Dilihat 452 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pengobatan Saluran Akar itu tidak lagi menjadi mimpi terburuk dokter gigi. Cara terbaru untuk meningkatkan pengontrolan rasa sakit telah ditransformasikan kedalam prosedur yang tidak sakit lagi. Nyatanya, melakukan pengobatan Saluran Akar sebenarnya akan memberhentikan sakit gigi mu dan menyelamatkan gigi mu! Tujuan utama melakukan prosedur saluran akar adalah untuk mengangkat jaringan pula atau syaraf yang mati, sakit, terinfeksi atau rusak yang ada didalam akar gigi.

Seorang Dokter Gigi Umum dan seorang Spesialis Gigi merupakan kualifikasi terbaik untuk mengidentitaskan gigi yang membutuhkan pengobatan saluran akar dan melakukan Terapi Saluran Akar.
Pulpa dan syaraf dalam akar akan terinfeksi ketika bakteri dari kerusakan gigi mencapai pulpa lembut; membuat kerusakan pada syaraf dan menyebabkan kematian gigi. Cedera pada gigi juga menyebabkan kerusakan pada syaraf dalam gigi dan gigi akan menjadi tidak bernyawa. Jaringan yang mati akan terinfeksi dan membuat rasa sakit dan pembengkakan dalam gusi disekitar gigi yang terinfeksi. Tadinya, gigi seperti itu diekstrakkan karena dulu cara itu merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan infeksi. Tapi dengan Terapi Saluran Akar, cara kontrol rasa sakit modern dan teknologi baru-baru ini, hanya syaraf yang sakit yang diangkat; gigi tidak hanya diselamatkan, tapi tetap terbebas dari rasa sakit dan infeksi. Syaram mengirimkan informasi ke otak tentang gigi dan pulpa yang membawa pembuluh darah yang membawa nutrisi ke syaram-syaram ini. Gigi tidak membutuhkan syarafnya dan asupan darah ke fungsi dalam mulut; jadi, saluran akar yang ditambal giginya adalah gigi yang tidak bernyawa penting yang terbebas dari infeksi.

Prosedur Saluran Akar
Saluran akar itu diperlukan ketika ada sakit gigi, rasa sakit saat mengunyah makanan, sensitivitas terhadap minuman panas dan dingin, sakit gigi yang membuatmu tetap terbangun dimalam hari dan pembengkakan dalam gusi. Kesempatan menyelamatkan gigi yang terinfeksi adalah dengan terapi saluran akar akan meningkat kalau gejala-geala ini diketahui lebih awal; dan ekstraksi bisa dihindari. Pengobatan saluran akar bisa diselesaikan dalam kungjungan sekali saja, nyatanya hanya dalam satu jam; tapi dalam kasus dimana infeksinya itu parah, dua atau tiga kunjungan dibutuhkan. Penambalan saluran akar bisa diselesaikan hanya setelah infeksinya mereda. Anestesi lokal biasanya diberikan pada area yang mati rasa untuk menghindari rasa sakit atau ketidaknyamanan apapun selama prosedur ini, tapi dalam kecemasan yang lebih tinggi, sedasi harus dipertimbangkan. Bendungan karet diletakkan pada gigi untuk menghindari kontaminasi dari saliva selama prosedur. Kalau ada kerusakan apapun, akan diangkan dan lubangnya akan di bor untuk mencapai pulpa dan syaraf yang terinfeksi; yang nantinya akan diangkat juga. Ringga ini menyediakan jalur langsung atau akses ke bagian dalam akar untuk membersihkan dan membentuk salurannya. 

Dental Loupe dan Endodontic Microscope bisa digunakan untuk membantu melokasikan pembukaan saluran. Salurannya dibentuk dengan alat tipis yang bisa mencapai ujung akarnya. Selama proses, diagnostik x-ray dilakukan dan sebuah alat yang disebut 'apex locator' bisa digunakan memastikan panjang dari akarnya. Ada abnyak cara membersihkan dan membentuk saluran dan kesuksesan prosedur saluran akar tergantung dari disinfeksi pada saluran. Laser bisa digunakan selama prosedur untuk membantu prosedur disinfeksi dan meningkatkan proses penyembuhan. Setelah setiap persiapan, salurannya diirigasikan untuk menyiram puing-puing dan bakteri dan kemudian dikeringkan. Saluran yang bersih dan kering ditambal dengan bahan inert, sampai ke ujung akarnya, dengan bantuan x-ray yang dilakukan sebelumnya. Tujuan penambalan saluran akar adalah untuk menambal saluran kosong hingga penuh untuk mencegah infeksi atau pertumbuhan bakteri lebih lanjut. Setelah salurannya ditambal, rongga di bagian mahkota gigi juga ditambal, atau dikembalikan dengan pos dan inti; dan gigi diperkuat lebih lanjut dengan mahkota. 

Kewaspadaan setelah terapi saluran akar

  • Beberapa kelembutan atau kesensitifan masih ada untuk beberaa hari selama masa penyembuhan setelah penambalan saluran akar.
  • Mengunyah menggunakan gigi yang diobati saluran akarnya harus dihindari sampai kelembutannya hilang. Ini mungkin akan memakan waktu tiga sampai tujuh hari. Mengunyah harus dimulai pada gigi yang dirawat saluran akarnya hanya setelah sudah diperkuat dan dikembalikan dengan mahkota.

Pencegahan
Perlunya prosedur saluran akar dapat dengan mudah dihindari dengan mencegah berlubangnya gigi, deteksi didi pada gigi berlubang, sealant dan penambalan. Dalan kasus gigi yang sudah rusak, berarti pengobatan saluran akar harus dilakukan tanpa ditunda-tunda.

  • Menggosok gigi dua kali sehari terutama sebelum tidur dan setelah makan, dianjurkan dengan odol florida yang membantu mencegah gigi berlubang.

  • Berkumur-kumur mencegah gigi berlubang pada sisi gigi dan diantara gigi.

  • Untuk memastikan deteksi dini dan perawatan kerusakan gigi dini, kunjungi dokter gigi paling tidak dua kali setahun untuk di lakukan pemeriksaan gigi berlubang. Dokter gigimu mungkin menggunakan x-ray dan cara lain untuk mendeteksi gigi berlubang yang tersembunyi dari pandangan mata.

  • Penambalan adalah cara yang sangat baik untuk mencegah makanan menyangkut di sela-sela gigi sehingga lebung di gigi tidak terbentuk.

  • Gunakan Gunakan Florida dalan berbagai benuk: pakaikan diatas permukaan gigi oleh dokter gigi, pencuci mulut, pasta gigi, dalam makanan atau sebagai suplemen; menguatkan email gigi dan membuatnya resisten terhadam asam.

  • Makanan yang seimbang, makan dengan jarak waktu yang rutin, hindari cemilan antara waktu makan, hindari makanan gula yang lengket dan minuman dapat membantu mencegah kontak yang terlalu lama gigi dengan asam dan mencegah gigi berlubang.

  • Penambalan harus dilakukan secepatnya setelah gigi berlubang dideteksi. Penambalan yangrusak harus diganti secepatnya untuk mencegah penyebaran kerusakan gigi.

  • Terapi Pula bisa dilakukan untuk menghindari pengobatan saluran akar hanya dalam kasus dimana tidak ada infeksi pada syaraf atau dalam kasus kalau ada paparan baru-baru ini pada jaringan pulpa.

Salah satu cara terbaik untuk memperpanjang hidup gigi alamimu dalam mulut adalah dengan Pengobatan Saluran Akar. Gigi yang hilang akan membuat komplikasi yang lebih jauh; gigi yang terinfeksi bisa diselamatkan dengan terapi saluran akar dan menghindari pencabutan gigi. Jadi, lain kali kamu mendengar Saluran Akar, ganti kecemasanmu dengan rasa tenang! Cari bantuan dokter gigimu secepatnya saat ada gejala apapun dan keluarkan dirimu dari rasa sakit dan takut!

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang