Apa itu sipilis?

Dilihat 488 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Sipilis adalah infeksi menular seksual yang disebabkan sejenis bakteri yang dikenal sebagai Treponema pallidum. Menurut Center For Disesase Control and Prevention (CDC), di tahun 2013, lebih dari 56.400 kasus sipilis dilaporkan. Menurut Mayo Clinic, tingkat wanita yang terinfeksi sipilis telah menurun di Amerika Serikat, namun tingkat untuk pria, terutama pada pria homoseksual, telah meningkat. Tanda pertama sipilis adalah luka kecil yang tidak sakit. Itu bisa muncul pada organ seksual anda, rektum, atau di dalam mulut anda. Luka ini disebut chancre. Orang-orang seringkali gagal memperhatikannya.

Sipilis bisa menjadi tantangan untuk diagnosa. Anda bisa terinfeksi tanpa menunjukkan gejala apa-apa bertahun-tahun. Akan tetapi, semakin cepat anda mengetahui infeksinya, semakin baik. Sipilis yang tak tertangani dalam waktu lama bisa menyebabkan kerusakan besar pada organ-organ penting, seperti jantung dan otak. Sipilis hanya disebarkan melalui kontak langsung dengan chancre sipilis. Ia tidak bisa ditularkan melalui berbagi toilet dengan orang lain, memakan pakaian orang lain, atau menggunakan peralatan makan orang lain.


Tahapan Infeksi Sipilis

Empat tahap sipilis adalah: primer, sekunder, laten, tersier

Sipilis paling menular di dua tahap pertama. Saat sipilis tersembunyi, atau tahap laten, penyakitnya tetap aktif tapi seringkali tanpa gejala dan tidak menular ke orang lain. Sipilis tersier adalah yang paling merusak kesehatan anda.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang