Apa itu smurf latte?

Dilihat 651 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Anda pasti familiar mendengar istilah  ‘Kopi Latte’ di daftar menu minuman yang banyak dijual di gerai kopi di berbagai pusat perbelanjaan. Kita sudah sering melihat Kopi Latte  dengan busa berbentuk hati, daun dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan ‘Smurf Latte’? Apakah anda pernah mencobanya ? Minuman vegan yang membuat masyarakat dari seluruh dunia penasaran. Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Smurf Latte, anda wajib membaca artikel ini sampai habis.


smurf latte


Apa Itu Smurf Latte ?

Smurf Latte merupakan latte berwarna biru kehijauan dari alga, ini merupakan minuman latte pertama dengan warna biru. Minuman vegetarian ini dapat ditemukan di Australia.  Adalah Matcha Mylkbar  Melbourne, Australia yang menyediakan latte unik ini. Kafe vegan Matcha Mylkbar memperkenalkan hasil kreativitas mereka yang membuat booming warga dunia yaitu Smurf Latte.  Latte dengan warna biru yang menggugah selera. Kopi tersebut menuai sensasi di media sosial dan terjual lebih dari 100 gelas dalam waktu empat hari.


peminat smurf latte

 

“Peminatnya menggila, selama akhir pekan kami sudah menjual lebih dari 100 latte. Mengingat gerai kami hanya berkapasitas  40 tempat duduk, jumlah itu terbilang banyak,” ucap Nic Davidson, pemilik kafe, seperti dikutip Soshiok


Komposisi Smurf Latte

Komposisi kopi latte berwarna biru layaknya smurf ini berasal dari penggunaan 1 sendok teh bubuk E3 live blue alga atau bubuk ganggang biru, namun tidak hanya itu ! Di dalamnya juga terdapat lemon, agave, jahe, dan santan. Rasanya  terbilang unik, mirip susu asam dengan aroma kuat seperti rumput laut. "Rasanya seperti campuran lemon hangat, jahe dan madu," kata asisten pemilik restoran, Mark Filippelli pada News Corp Australia. Namun "kami tidak menggunakan madu, karena tidak vegan, jadi kami menggunakan agave sebagai gantinya." tambahnya.

Ganggang sendiri merupakan tumbuhan yang hidup di air, baik air tawar atau air laut. Menurut Mark Filipelli, ganggang biru diyakini menjadi sumber antioksidan. Antioksidan ini cukup kuat dimana dengan konsumsi 1 gram ganggang biru setiap hari, akan memberikan manfaat  kesehatan yang sangat besar.

Matcha Mylkbar mengklaim minuman kopi latte dari ganggang biru hijau itu mengandung banyak manfaat sehat. Minuman yang menggunakan bubuk alga (ganggang) berwarna biru-hijau itu dipercaya dapat mencegah flu. Mereka mengatakan ganggang tersebut dapat membantu "sistem kekebalan tubuh, endokrin, saraf, pencernaan makanan, jantung serta pembuluh darah."


bahan smurf latte

Bubuk ganggang biru yang digunakan dalam latte ini  merupakan jenis tanaman air tawar atau Alphanizomenon flos-aquae (AFA) yang dipanen dari danau Klamath, Oregon. Mirip dengan sayuran hijau, namun warna yang dihasilkan adalah biru dan cukup langka. Bubuk ini sudah terdaftar aman dikonsumsi oleh berbagai departemen regulasi pemerintah, termasuk Victorian Department of Health and Human Services.

Klaim manfaat  kopi sehat itu tampaknya bukan bohong. Pasalnya, ada sebuah studi yang pernah diterbitkan di Journal of Medicinal Food yang menyebutkan ganggang biru-hijau terbukti menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, mengurangi inflamasi dan melindungi tubuh dari stres oksidatif.

"Jika anda mencari nutrisi di tingkat selular dan yang mendukung kebugaran tubuh, memang bagus jika mengonsumsi ganggang biru-hijau," kata Jessica Dogert, RD, ahli gizi dari Hi-Vibe Superfood Juicery, Chicago yang menyediakan makanan super mengandung ganggang biru-hijau. "Ganggang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan dan melindungi tubuh," katanya. Manfaat sehat itu juga termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kadar energi.


Harga Segelas Smuft Latte


rasa smurf latte


Untuk menikmati segelas Smurf Latte, konsumen perlu membayar sebesar AU$8 (Rp 80.000). Sebab dilaporkan harga 1 gram ganggang adalah lebih dari AU$3 (Rp 30.000), memang tidak murah tetapi banyak orang yang terus datang untuk mencari latte biru ini. Setiap hari kafe ini menjual lebih dari 100 latte dan mengingat kafe mereka kecil dengan 40 kursi, hal ini tergolong sangat ramai, bahkan para wisatawan yang tidak dapat berbahasa inggris juga ingin ikut mencicipi dengan menunjukan gambar dari instragam ketika memesannya.

Namun sayang sekali  "Smurf Latte" ini hanya dapat anda  nikmati  ketika anda berlibur di Melbourn, Australia.  Di Jakarta, sulit menemukan ganggang jenis ini. meskipun spirulina sebenarnya juga termasuk jenis ganggang biru-hijau. Semoga mereka membuka cabang di Indonesia sehingga kita dapat ikut menikmati manfaat kopi berwarna biru ini.

Baca juga : Mengapa kopi Starbucks dianggap buruk oleh pencinta kopi sejati ?

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang