Apa jenis kamera yang paling mudah untuk digunakan?

Dilihat 2,11 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

penggunaan kamera


Bila Anda tertarik dengan fotografi, ada baiknya Anda mengambil jalur serius pada hobi yang satu ini. Seperti yang Anda ketahui, fotografi merupakan salah satu lapangan pekerjaan dengan nilai yang tinggi karena tidak semua orang bisa menghasilkan gambar yang bagus dalam sekali bidik. Untuk mendalami hobi Anda, ada baiknya bila Anda membeli jenis kamera untuk pemula yang bisa Anda gunakan untuk membidik foto-foto terbaik dengen lebih mudah.

Pilihan untuk membeli kamera mana yang tepat sering menjadi satu dilema yang cukup berat, entah karena kita berpikir akan membeli kamera yang bagus untuk pekerjaan, traveling atau apa saja kegiatan sehari-hari. Dalam memilih kamera mana yang sebaiknya dibeli, tentu kita perlu mempertimbangkan beberapa pilihan semacam kualitas gambar, harga, berat, serta akan digunakan untuk apa kamera tersebut.

Nah, karena itu saya akan memberikan penjelasan jenis-jenis kamera yang mudah digunakan bahkan bagi pemula yang tentunya bisa membantu anda memilih kamera mana yang mudah digunakan. Jadi, simak terus jawaban ini sampai akhir, yak! ^-^


Jenis Kamera yang Mudah Digunakan

Jenis kamera apa yang paling mudah digunakan? Katakanlah, saya rasa yang seperti ini :
jenis kameraAnda mengisi cartridge film (rol film) kedalam kamera, lalu tekan tombol untuk mengambil foto. Tidak ada pengaturan cahaya, tidak ada pengaturan fokus. Ketika film sudah habis, selesai digunakan, Anda membawanya ke tempat pencucian film, dan seminggu kemudian foto-foto tersebut telah siap. Tidak perlu mengerti bagaimana cara menggunakan komputer.  Tentu saja, foto-foto yang diambil dengan kamera seperti itu, hasilnya tidak begitu bagus. Singkat kata, semakin rendah kemampuan suatu kamera untuk digunakan, maka akan semakin tinggi kekuatan yang dibutuhkan agar dapat mengambil gambar dengan baik.

Tentu saja, saat ini ada banyak kelebihan dari sebuah kamera yang dapat diberikan untuk Anda. Mari kita mulai dengan Smartphone, yang saat ini pada dasarnya merupakan pengganti dari peralatan primitif dengan fitur-fitur teratas yang dimilikinya. 

kamera hp terbaik

Setiap smartphone mempunyai sebuah aplikasi kamera default, yang seluruhnya berfungsi dengan mode otomatis. Ini artinya, pengaturan cahaya dan fokus telah terkomputerisasi untuk Anda.

Faktanya bahwa bermiliyar-miliyar atau lebih pengguna, mengambil foto-foto mereka dengan cara ini, jadi ini setidaknya, menunjukkan bahwa untuk beberapa waktu, cara ini dapat diterima dengan mudah oleh rata-rata orang yang menggunakannya.

Seperti yang telah disebutkan diatas, beberapa kamera, seperti tampilan  LG V10 (smartphone yang saat ini saya gunakan), memungkinkan untuk mode manual, yang mana memberikan sebuah pengalaman lebih untuk mengambil gambar dan mengambil keputusan sendiri bagi para penggunanya, dimana kamera algoritma tidak memilikinya. Tentu saja itu memberikan banyak pengalaman. Dan jika tujuan anda untuk meng-upload foto ke sebuah situs online seperti Google Photo, maka akan ter-upload secara otomatis. Foto-foto akan langsung muncul di situs tersebut ketika anda mengambilnya.

Aplikasi Facebook Android terbaru juga membuat banyak hal menjadi sangat mudah, dan jika anda menggunakan situs foto lain seperti Instagram, aplikasinya mereka pun melakukan hal yang sama.

 kamera untuk pemula

Selanjutnya adalah "Point and Shoots Camera". Ini adalah sebuah kamera kompak yang berdiri sendiri, seperti Fujifilm X-F1, yang kita contoh kan disini,  salah satu kamera kompak yang saya miliki. Secara khusus "P & S " kamera akan mengambil gambar yang lebih baik dari pada sebuah smartphone. Itu sangat memungkinkan karena adanya sensor gambar yang lebih besar, lensa yang lebih bagus, dan lain sebagainya.  Seperti aplikasi di smartphone, sebuah "P & S" kamera mempunyai semua mode otomatis, yang mana dapat membantu pengaturan cahaya dan fokus untuk anda. Kebanyakan "P & S"  kamera dilengkapi  dengan fitur untuk kestabilan gambar, yaitu suatu fitur yang membantu hasil foto (gambar) akan tetap stabil meskipun pengguna saat mengambil gambar/foto bergerak. Beberapa smarthpone mempunyai fitur seperti ini juga, tapi tidak semuanya.

Flash pada "P & S" kamera juga akan menyala secara otomatis ketika cahaya gelap (kebanyakan smartphone juga melakukan hal yang sama). Dan " P & S" kamera dilengkapi dengan software yang biasanya tidak perlu di install lagi ketika di hubungkan ke komputer / PC, bahkan software tersebut memungkinkan anda untuk meng-upload foto-foto ke situs favorit anda atau foto bisa langsung di cetak. 

                           kamera yang mudah digunakan

Semua kamera sangat mudah untuk digunakan saat ini. Bahkan sistem kamera Mirrorless dan DSLR menyediakan mode "do everything for you".

Dan anda harus tahu hal ini :

Yang perlu diingat ketika membeli kamera, anda adalah seorang pemula untuk saat itu. Jika anda tidak sering menggunakan kamera, hanya beberapa atau dua kali dalam sebulan, berarti anda seorang pemula. Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa kamera DSLR pemula yang mungkin cocok dengan anda. Tetapi jika anda sering menggunakan kamera tersebut dan memiliki rasa ingin tahu mengapa foto-foto yang anda ambil tidak sebagus foto orang lain yang terdapat pada situs online,  majalah dan lain sebagainya, pada titik itulah anda harus belajar fotografi, bukan hanya sekedar mengambil gambar/foto.  

Jika anda mau mempelajarinya, kamera biasa mempunyai beberapa mode yang tidak sederhana, yang dapat membuat anda belajar untuk mengambil foto-foto yang lebih bagus.

Baca juga:
Aplikasi kamera terbaik untuk fotografi
Perbedaan kamera DSLR dengan kamera digital SLR
Kamera DSLR terbaik untuk pemula


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang