Apa kamera DSLR yang terbaik untuk penggemar foto?

Dilihat 4,16 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Kemajuan teknologi turut memacu fotografi dengan sangat cepat. Kalau dulu kamera sebesar tenda hanya bisa menghasilkan gambar yang tidak terlalu tajam, kini kamera digital yang cuma sebesar dompet mampu membuat foto yang sangat tajam dalam ukuran sebesar koran. Kamera adalah alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk "ruang gelap".


Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Pada kamera televisi, sistem lensa membentuk gambar pada sebuah lempeng yang peka cahaya. Lempeng ini akan memancarkan elektron ke lempeng sasaran bila terkena cahaya. Selanjutnya, pancaran elektron itu diperlakukan secara elektronik. Dikenal banyak orang dengan sebutan kamera potret.


Lalu dunia fotografi terus menujukan peningkatan, itu terbukti pada tahun 1950 mulai digunakan prisma untuk memudahkan pembidikan pada kamera Single Lens Reflex (SLR), dan pada tahun yang sama Jepang mulai memasuki dunia fotografi dengan produksi kamera NIKON. Hingga sampai sekarang kemajuan teknologi terus mempengaruhi perkembangan kamera yaitu kamera DSLR. Sudah tahu apa itu kamera DSLR? Kamera DSLR adalah kepanjangan dari Digital Single Lens Reflex. Kamera ini banyak disukai para penggemar fotografi dibanding kamera pocket karena memiliki banyak keunggulan dibanding kamera digital lainnya.


Penggemar fotografi mungkin akan bertanya-tanya, cara pilih kamera yang bagus itu seperti apa? Belakangan kamera GoPro sangat marak dan populer di kalangan anak muda. Kamera GoPro adalah action camera yang diciptakan untuk di pakai di luar ruangan, untuk berpetualang, bahkan hingga ke bawah air. Kamera GoPro bisa setangguh ini karena dilengkapi dengan casing yang kuat dan kedap air. Fitur-fiturnya sederhana dan mudah digunakan. Hanya memiliki tiga tombol, tombol power yang juga jadi mode, tombol shutter juga untuk enter dan Wi-Fi, lalu tombol atas-bawah. 

Untuk video, kamera ini sudah tidak usah diragukan lagi kualitasnya. Tapi walau bagaimana pun juga, kamera aksi tidak bisa mengantikan kamera DSLR atau kamera saku. Selain hasilnya yang cembung, kamera aksi cenderung dirancang untuk video tanpa suara.


Beberapa waktu lalu muncul pula aplikasi kamera smartphone yang bernama camera B612. Dengan dikembangkannya aplikasi tersebut, kini para remaja Indonesia banyak yang mulai kecanduan untuk menggunakannya. Bagaimana tidak, dengan menggunakan aplikasi camera B612 ini anda bisa mendapatkan foto yang jauh lebih bagus. Salah satu contohnya ialah filter bernama Fairy-tale. Banyak sekali para remaja yang gemar menggunakan filter ini dikarenakan hasilnya yang sangat sempurna. Dengan filter ini anda bisa berselfie ria tanpa menggunakan make up, namun foto yang dihasilkan akan terlihat sangat cantik.


Jika anda adalah seorang yang sangat gemar fotografi, maka disarankan untuk beralih ke kamera DSLR karena jenis kamera ini memang didesain khusus untuk memaksimalkan hasil foto seperti untuk pernikahan atau membuat film dokumenter. Di bawah ini adalah info jenis kamera DSLR terbaik untuk para penggemar foto yang memang merupakan pilihan fotografer yang wajib anda ketahui.


Kamera DSLR Terbaik Untuk Penggemar Fotografi


  • Kamera DSLR Canon EOS 650D



Sebagai salah satu kamera suksesor dari Canon tipe 600D, kali ini Canon kembali menghadirkan Canon EOS 650D yang didalamnya sudah dibekali dengan sensor CMOS Hybrid, dimana sensor ini berguna untuk memadukan fungsi fase deteksi dan autofokus. Kamera Canon EOS 650D kali ini juga dibekali dengan fitur videografi, dan juga didalamnya sudah terintegrasi prosesor dari Canon DIGIC 5 14-bit, tak hanya itu kamera ini juga sudah disematkan layar sentuh untuk mempermudah navigasi. Sedangkan untuk fitur lainnya Kamera DSLR Terbaik yang satu ini sudah dibekali pula dengan Hybrid AF yang akan memberikan fasilitas efek autofokus dengan intens pada saat sang pemakai memakai mode video dan juga live mode.


  • Kamera DSLR Nikon D70



Nikon tipe D70 membuat anda seperti fotografer professional. Kamera digital terbaik dengan harga terjangkau menjadikan tipe Nikon D70 sebagai buruan utama para fotografer pemula. Merk pabrikan Nikon memproduksi Nikon tipe D70 yang dilengkapi dengan kemampuan menghasilkan gambar hasil potretan dengan ketajaman dari segi resolusi sehingga menjadikan gambar semakin berkualitas dengan color range yang maksimal. Kemampuan lain dari Nikon D70 adalah dari segi kecepatannya, tercatat hanya diperlukan waktu 1/2 detik dari kondisi kamera ini Off sampai On dan siap untuk digunakan dan hanya 0,1 detik saja waktu yang dibutuhkan untuk mengambil gambar ketika tombol pemotret ditekan. Nikon D70 ini dilengkapi pula dengan hadirnya built-in speedlight dan spesifikasi wajib lainnya seperti autofocus, semakin menjadikan Nikon D70 pantas menjadi pilihan utama.


  • Kamera DSLR Canon 1100D



Apakah anda fotografer pemula? Kamera jenis DSLR Canon 1100D sangat cocok untuk anda. Dari segi kemudahan pemakaian didukung oleh tata letak fungsi kontrol yang sangat sederhana sehingga bagi anda fotografer pemula dapat mengatur dan menggunakan kamera DSLR ini dengan sangat mudah. Keunikan lain dari Kamera DSLR Canon 1100D adalah tersedia dalam pilihan warna merah maron dan warna abu-abu. DSLR Canon tipe 1100D sudah dilengkapi dengan modus pengaturan otomatis dan memiliki Live View sehingga bagi fotografer pemula akan sangat mudah mendapatkan hasil foto terbaik. DSLR Canon tipe 1100D terintegrasi dengan sensor CMOS dan ketajaman resolusinya sebesar 12 Megapiksel.


  • Kamera DSLR Nikon D3100



Pilihan ideal pantas jatuh pada Kamera jenis DSLR Nikon D3100 . Mengapa demikian? Tak lain karena kemampuannya dalam mengambil gambar yang berkualitas sehari-hari disela aktivitas anda, karena ukurannya yang mungil sehingga memudahkan penggunanya membawa dan menyimpan Nikon 3100 ketika berpergian. Spesifikasi dari Nikon D3100 adalah adanya fitur Live View yang mampu merekam video dengan kualitas video Full HD, dilengkapi juga sensor CMOS . Nikon D3100 ini terkenal hemat dalam konsumsi energi baterai dibanding pendahulunya Nikon D3000 dengan sensor CCD nya. Nikon D3100 beresolusi 14 megapiksel dan ISO yang mampu mencapai 3200.


  • Kamera DSLR Canon 550D



Ini dia kamera pamungkas kita dalam postingan Jenis Kamera DSLR Terbaik pilihan Fotografer. Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, menjadikan Canon 550D kamera paling laris di tahun ini. Meskipun, generasi terbarunya sudah ada yaitu Canon 600D, tetapi tetap Canon 550D paling banyak diincar. Hal ini disebabkan karena Canon 550D memiliki fitur lengkap tetapi harga yang sangat murah bagi seorang pemula. Walaupun murah, tapi tidak murahan. Berdasarkan pengalaman pemakainya, Canon 550D terkenal memiliki kualitas yang jauh di atas harganya, menjadikan Canon 550D banyak dipakai oleh semua level fotografer dari amatiran sampai professional. Keunggulan utama dari Canon 550D di antaranya adalah memiliki resolusi 18 megapiksel, grip Canon 550D ini termasuk kokoh dan aman digunakan. Ditambah dengan 550D cukup ringan ketika dibawa dan digenggam. Kemampuannya dalam merekam terkenal sangat tangguh karena mampu merekam video dengan kualitas 1080p/full HD pada frame 24,25 atau 30 fps. Canon 550D dilengkapi prosesor DIGIC 4 serta sensor CMOS.


Memang untuk urusan kamera, banyak yang menggunakannya hanya sebagai hobi saja, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat anda akan membutuhkan kamera yang canggih dan mumpuni. Jika anda ingin atau telah bekerja sebagai fotografer, sebaiknya bekali diri anda dengan senjata yang dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi, dan jawabannya adalah salah satu dari kamera DSLR yang telah dijelaskan di atas. Kamera-kamera tersebut telah dibekali dengan kualitas gambar, resolusi, kepekaan cahaya, warna terbaik, dan tidak akan membuat anda kecewa. Nah, selamat memotret!

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang