Apa keistimewaan batu Zamrud kualitas Jyotish?

Dilihat 515 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Batu permata zamrud, batu mulia yang bernilai mahal ini sangat dicari orang akan keindahannya. Suatu mahakarya Tuhan yang terselip jauh di dalam lapisan bumi hingga ratusan meter jauhnya. Selain keindahan estetikanya, batu zamrud yang berkualitas tinggi (bersertifikasi jyotish) juga memiliki manfaat tersendiri bagi setiap penggunanya.



Batu permata kini tengah mendapat tempat di hati masyarakat kita di seluruh nusantara. Bahkan pesona batu permata kini telah mengalahkan logam mulia seperti emas, dimana kini dengan mudah kita temukan batu permata di setiap pelosok. Keberadaan batu permata atau batu mulia telah ada sejak dahulu, tapi beberapa tahun belakangan ini keberadaan batu permata tengah menjadi fenomena. Banyak sekali batu mulia yang bisa dijadikan sebagai koleksi perhiasan, salah satunya adalah batu zamrud yang memiliki bentuk yang cantik dengan warna hijau yang menyala.

Batu zamrud telah dikenal sejak dahulu kala sebagai salah satu batu mulia yang sangat berharga. Bahkan para raja dan penguasa zaman dahulu menggunakan batu zamrud ini sebagai salah satu perhiasan yang mereka gunakan. Hal ini memang berkaitan erat dengan khasiat batu zamrud yang memang telah dipercaya sejak dahulu sebagai salah satu batu yang akan memberikan ketenangan jiwa bagi penggunanya. Hal itu didukung oleh warna hijau yang menenangkan dari batu mulia ini.

Batu permata zamrud merupakan salah satu jenis mineral beryl  berwarna hijau dengan sedikit kromium dan kadang-kadang vanadium. Beryl memiliki kekerasan 7,5-8 pada skala Mohs. Kebanyakan zamrud sangat terinklusi, sehingga ketangguhannya (ketahanan terhadap kerusakan) diklasifikasikan sebagai rendah. Tingkat estetika batu permata zamrud dinilai dengan menggunakan empat parameter dasar, yaitu 4C: color (warna), cut (potongan), clarity (kejernihan) dan carat (berat).


Namun, mengingat besarnya penggermar akan batu permata zamrud ini, menjadikan batu ini rentan penipuan, oleh karenanya kita harus waspada terhadap batu permata yang kini marak beredar dipasaran. 

Untuk memastikan batu permata zamrud asli ada metode dasar yg bisa kita gunakan, antara lain :


  • Keaslian batu zamrud juga cukup mudah dikenali, dengan serat inklusi alami yang unik baik yang dapat dilihat oleh mata maupun hanya oleh loop (kaca pembesar batu mulia). Bila terlihat ada gelembung udara yg bentuknya bundar-bundar seperti bola-bola kecil, maka zamrud Kita jelas tidak asli alias sintetis. Hanya Kita perlu pengetahuan tentang fluid inclusions yg bentuknya bundar juga (membentuk three-phase inclusions yg sangat umum terdapat di zamrud Columbia ).


  • Selain itu kita juga bisa memeriksa keasliannya dengan meletakan batu permata tersebut di antara 2 jari yang akan menyala terang secara perlahan. karena batu zamrud itu termasuk batu alami yang mudah menyerap energi disekitarnya dan di refleksikan didalam kristal batu zamrud sehingga membentuk partikel (ion-ion) yang membuat batu zamrud menyala terang.






Akan tetapi, walaupun pemeriksaan di atas sangat dasar, dibutuhkan pengalaman untuk mendapatkan kesimpulan yang baik. Untuk lebih memastikannya, beberapa pemeriksaan lain perlu dilakukan seperti kilap, berat jenis, indek refraksi, warna di bawah filter Chelsea, retakan didalamnya, rataan distribusi warna, kadar mineral, dsb. Oleh karenanya, ada baiknya kita membawa seorang yg ahli dalam menilai batu permata zamrud asli, guna menghindari kerugian yg besar, mengingat harga dari batu permata zamrud asli tergolong mahal.



Keistimewaan dan Khasiat Batu Zamrud


Keindahan tidak mengenal harga dan khasiat tidak mengenal rupa. Keistimewaan batu zamrud memiliki dua sisi yang sama indahnya. Dilihat dari segi manapun, batu mulia ini memiliki nilai estetika yang tinggi. Hal itu dikarenakan selain memiliki tingkat kejernihan yang tinggi, batu zamrud yang mampu menyerap dan merefleksikan energi disekitarnya. Sehingga jika diamati dengan seksama batu tersebut akan terlihat kemilau dan memukau setiap mata yang melihatnya.


Pada masa dahulu, zamrud hanya dipakai oleh golongan bangsawan,raja-raja dan pembesar negara sebagai simbol keagungan dan kekuasaan. Para pemakai batu zamrud juga mempercayai bahwa batu ini akan memberi keuntungan dan keyakinan yang tinggi. Oleh karenanya, batu ini juga dianggap sebagai pusaka yang bertuah untuk para raja.


Batu permata Zamrud juga digunakan untuk penyembuhan fisik dan emosional yaitu mengatasi penyakit di syaraf dan tidak adanya persepsi maupun kejernihan bathin. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.


Selain itu, zamrud juga merupakan lambang cinta sejati dan kebijaksanaan. Dengan senyawa Al2Be3[Si6O18], zamrud adalah batu permata yang bernilai tinggi dengan warna hijau sampai hijau tua dengan variasi warna: hijau segar, hijau – kekuningan, hijau kebiruan. Mayoritas mineral zamrud membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat. Kekerasan zamrud termasuk rendah / rapuh (7,5 dalam skala Mohs) dengan Sistem kristal Heksagonal dan Index bias : 2,67 – 2,78.


Banyak batu-permata berwarna hijau, tetapi hijau zamrud-lah yang dianggap paling mempesona dengan aura batu yang menciptakan suasana sejuk, aman dan nyaman serta menjaga kesegaran rohani dan jasmani.


Dalam bidang kesehatan, batu ini digunakan untuk penyembuhan fisik dan emosional serta penyakit saraf dan mental, menguatkan memori/mempercepat daya pikir & kreativitas. Orang yang pelupa cocok untuk mengenakannya karena Zamrud dapat menstimulasi visi dan pemahaman yang jelas. Warnanya yang hijau merupakan penyembuh luar biasa bagi penyakit mata serta mencegah keracunan, mencegah serangan epilepsy dan bila diletakkan di mulut dapat menurunkan gejala desentri. Juga untuk penyembuhan liver, masalah di bagian kepala, mengatasi kencing manis dan penawar sengatan/gigitan binatang berbisa.

Dari segi aura, konon batu ini dapat mengusir roh jahat. Selain itu membawa kesetiaan, keberhasilan kehidupan percintaan dan menemukan teman-teman yang jahat, juga membantu ketegasan pikiran, menemukan teman sejati dan merupakan symbol kelahiran kembali dan kemudaan.

Menurut legenda, Zamrud dapat mmperkuat daya ingat pemiliknya, meningkatkan kepandaian dan membantu memprediksi masa depan. Dapat membawa kebijaksanaan, kerajinan, kebahagiaan, menjauh dosa, dan membantu menempuh cobaan. Selain itu banyak para pengusaha yang memakai Zamrud karena mereka yakin batu yang dikenakannya akan membawa keberuntungan.


Dari pemaparan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa selain memiliki keindahan estetika yang tinggi, batu zamrud juga dipercaya memiliki beragam khasiat. Khasiat batu zamrud dari segi psikologis dipercaya bisa memberi keberuntungan bagi yang memakainya, mampu memberikan ketenangan batin dan pikiran sehingga dapat meningkatkan kepandaian bagi para pemiliknya dan meningkatkan daya konsentrasi terhadap memori penggunanya, bahkan bisa memprediksi masa depan. Sedangkan khasiat batu zamrud dari segi psikis adalah sebagai batu yang mampu memberikan ketenangan batin, maka secara otomatis mampu menstabilkan tekanan darah dan bisa terhindar dari kecelakaan fisik, karena mampu meningkatkan konsentrasi penggunanya.


Sebagai pecinta batu mulia, kita sepatutnya bersyukur telah menemukan batu mulia ini, mensyukuri akan segala nikmat dan karunia ciptaan Tuhan alam semesta ini. Serta senantiasa berderma atau memberikan manfaat kepada yang lain, sebagaimana batu permata zamrud yang dikaruniai banyak keindahan dan juga kemanfaatan ini.

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang