Apa kekurangan dari menggunakan sepatu converse sebagai sepatu lari?

Dilihat 1,94 rb • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Sepatu converse memang salah satu sepatu yang menjadi pilihan banyak orang untuk digunakan dalam berbagai suasana, terutama saat santai. Jelas saja, karena selain sebagai sepatu yang nyaman digunakan, sepatu converse juga tersedia dalam berbagai variasi warna, mulai dari polos hingga berbagai macam corak dan motif.


Sepatu Converse


Sayangnya, sepatu converse memang bukan sepatu yang ideal digunakan untuk lari karena sepatu converse memiliki beberapa kekurangan jika digunakan sebagai sepatu lari. Di sini saya akan berikan beberapa kekurangan menggunakan sepatu converse sebagai sepatu lari. Sebelumnya, mari kita lihat terlebih dahulu sejarah singkat dari munculnya sepatu converse.


SEJARAH SEPATU CONVERSE ALL STARS


Kalau kita lihat dari sejarahnya, perusahaan sepatu converse pada awalnya didirikan oleh seorang manajer perusahaan manufaktur yang bernama Marquis Mills Converse di tahun 1908 dengan nama The Converse Rubber Company.  


Awalnya perusahaan tersebut hanya memproduksi karet sol sepatu untuk pria, wanita, dan anak - anak. Di tahun 1915, converse mulai memproduksi sepatu olahraga tenis dan produksinya mulai berkembang dengan pesat hingga mencapai puncak kesuksesannya saat meproduksi sepatu basket Converse All Stars di tahun 1917. Pada tahun 1921, seorang pemain basket asal Indiana, Chuck Taylor mengeluh ke Converse bahwa kakinya sakit karena menggunakan sepatu tersebut. Chuck Taylor kemudian diangkat menjadi duta Converse untuk mempromosikan sepatu converse all stars ke seluruh Amerika Serika. Para penggemar sepatu converse tentunya tahu benar dengan logo converse yang dibubuhi tulisan tangan Chuck Taylor di bagian pergelangan kaki.


model sepatu converse

Sepatu converse all stars memang merupakan sepatu yang sangat populer di berbagai kalangan, baik pria maupun wanita, anak - anak maupun orang dewasa, olahragawan maupun musisi. Menurut saya pribadi, ada beberapa alasan utama yang menjadikan sepatu converse sebagai salah satu sepatu favorit banyak orang.


KELEBIHAN SEPATU CONVERSE


  • Nyaman digunakan. Converse merupakan sepatu kanvas beralaskan karet dengan tali sederhana yang sangat nyaman digunakan. Meskipun digunakan setiap hari dalam berbagai kondisi, sepatu converse tidak pernah kehilangan kenyamanannya.
  • Daya tahan tinggi. Alasan lain kenapa orang sangat suka menggunakan sepatu converse adalah karena sepatu converse dikenal memiliki daya tahan yang tinggi. Saya sendiri selalu menggunakan sepatu converse sepanjang masa sekolah dan hanya beberapa kali mendatangi ulang toko sepatu untuk membeli kembali sepatu yang sama. 
  • Tersedia dalam berbagai warna dan motif. Sepatu converse sangat fleksibel dari segi fashion. Kamu bisa beli sepatu converse warna biru dan dapat mengenakannya dengan jeans dan kaus berbagai model dan warna. Belum lagi ada banyak sekali pilihan warna dan motif yang bisa kamu padu pandankan dengan busanamu di berbagai kesempatan.

warna sepatu converse


  • Cukup terjangkau. Harga sepatu converse memang tidak bisa dibilang murah, tapi masih cukup terjangkau. Terutama jika kita pertimbangkan dari segi kualitas dan daya tahannya. Tidak heran banyak orang rela merogoh kocek yang cukup dalam demi membeli sepatu converse. Dan lagi, sepatu converse itu sepatu sepanjang masa.

Sekarang kita kembali ke pertanyaanmu mengenai kekurangan menggunakan sepatu converse sebagai sepatu lari. Memang ada banyak kekurangan dalam menggunakan sepatu converse untuk lari. Sepatu converse (termasuk Chuck Taylor) dirancang untuk berjalan /  aktifitas santai lainnya, bukan untuk aktifitas atletik. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, awalnya, sepatu converse digunakan oleh pada pemain basket. Tapi pada masa itu, sepatu kets untuk keperluan atletik masih jarang digunakan. Atlet pada masa itu belum mengetahui apa yang kita ketahui sekarang. Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa kamu tidak seharusnya berlari menggunakan sepatu converse.


KEKURANGAN SEPATU CONVERSE SEBAGAI SEPATU LARI


  • Sepatu converse agak berat : Pelari harus memilih sepatu yang lebih ringan agar dapat berlari dengan kencang dan agar berat dari sepatu tidak mempengaruhi aktifitas lari mereka. Sepatu converse terbuat dari banyak karet sehingga lebih berat dibandingkan sepatu lari lainnya. 
  • Bagian bawah sepatu converse sangat rata : Pelari harus memilih sepatu dengan alas yang agak melengkung agar gerakan kaki lebih sempurna dan dapat melangkah dengan lebih efisien. Kerena itulah kamu akan melihat bahwa bagian dengan alas sepatu biasanya agak menyempit ketika mendekati jari kaki. 
  • Bagian atas sepatu konverse terbuat dari kain. Kain pada sepatu converse membuatnya fleksibel, tapi tidak menyediakan pertukaran udara yang baik. Pelari membutuhkan sepatu dengan pertukaran udara yang baik. 
  • Alas sepatu tidak menyangga dengan baik: Sepatu converse biasanya tidak menyangga kaki dengan baik, sementara sepatu lari biasanya memberikan penyangga yang baik bagi kaki.

Berlari dengan sepatu yang tidak memberikan support yang baik (terutama jika dilakukan secara rutin) dapat mengakibatkan sederet masalah pada kaki, termasuk plantar fasciitis. Bagian tumit tidak aman. Sepatu lari biasanya memiliki lengkungan yang nyaman di area tumit yang bertujuan untuk mencegah keseleo ketika berlari. Sepatu converse memiliki tumit yang sangat rata sehingga tidak cocok untuk aktifitas lari. Nah, sekarang pertanyaannya, sepatu apakah yang cocok digunakan untuk lari?


CARA MEMILIH SEPATU LARI YANG BAGUS

 

Ada beberapa fitur yang harus dimiliki oleh sepatu lari yang bagus, misalnya dari segi stabilitas, kontrol gerakan dan bantalan. Ketiga fitur tersebut harus memastikan bahwa sepatu menopang struktur kakimu dengan baik dan menyediakan peredam getaran. Kalau kamu serius ingin meningkatkan performa larimu, ada baiknya kamu membaca artikel mengenai cara memiliki sepatu dan perlengakapan lari di situs Panduan Pelari yang menyediakan informasi cukup lengkap terkait perlengkapan yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan performamu dalam berlari. Selain itu, akan lebih baik kalau kamu menggunakan sepatu yang memang dirancang untuk pelari seperti sepatu Nike dan Asics


Sepatu converse memang bukan khusus dirancang untuk berlari, terutama dalam jarak jauh. Bukan berarti kamu tidak bisa berlari menggunakan sepatu converse, tapi jika kamu melakukannya, apalagi dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi struktur kakimu. Jadi lebih baik kamu menggunakan sepatu converse untuk aktifitas sehari - hari saja. Jangan lupa rawat sepatu conversemu agar selalu terlihat baru.

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang