Apa kesalahpahaman umum tentang orang-orang yang menderita OCD (gangguan obsesif kompulsif)?

Dilihat 224 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Bahwa OCD itu terbatas pada suatu "gangguan mental"

Stigma yang ditempelkan pada penyakit jiwa, secara umum, menyebabkan banyak orang membuat asumsi-asumsi tentang kebanyakan gangguan psikologis, dan mendapati spesifik-spesifiknya jauh dari kebenaran. Kesalahpahaman yang paling umum yang pernah saya temui, saya saksikan dan pernah saya pelajari adalah bahwa OCD merupakan suatu gangguan perilaku. OCD berada di bawah "payung" Gangguan Kecemasan (Panik, tergeneralisasi, dll). OCD adalah suatu bentuk biologis dari kecemasan yang menata ulang otak seseorang secara harfiah. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan penyebab OCD bisa karena:

  1. Kimiawi tertentu (neurotransmiter) dalam otak seseorang dengan OCD yang kurang jumlahnya
  2. Kerusakan pada struktur spesifik dalam otak yang bisa benar-benar menyebabkan OCD
  3. Juga ada infeksi (misal Staph) yang bisa menyebabkan OCD secara temporer dan permanen (langka) jika menyebar ke otak.

Kesalahpahaman umum lainnya tentang OCD adalah bahwa orang-orang itu bisa dengan mudah menghentikan obsesi dan kompulsi jika "mereka mencoba cukup keras." Istilah OCD diberikan dalam situasi ketika (contohnya) orang-orang tertentu sangat memperhatikan kebersihan dan/atau menata rumahnya. Saya yakin kita telah mendengar dan mungkin telah mengatakan kalimat ini, "Ia begitu OCD dengan ...rumahnya" (atau baju atau meja, dan lain-lain). Kebanyakan orang-orang yang "dipanggil OCD" sebenarnya tidak memilikinya. Kebanyakan yang menggunakan istilahnya dalam bahasa sehari-hari atau yang merupakan penerima istilah itu tahu bahwa mereka tidak benar-benar memiliki OCD. Meskipun begitu, tak akan membantu banyak masyarakat umum masih berpikir bahwa seseorang yang menghargai dan atau memperhatikan tentang kebersihan dan/atau penataan adalah sama seperti seseorang yang hidup dengan Obsesi dan Kompulsi yang terkait dengan diagnosa resmi atau dugaan OCD.

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang