Apakah orang Indonesia bisa mendapatkan gaji tinggi apabila bekerja di kapal pesiar?

Dilihat 8,17 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

   kapal pesiar

Bekerja di kapal pesiar mewah yang berlayar keliling Eropa dan Amerika memang terdengar sangat menggiurkan. Selain mendapatkan kesempatan untuk berkeliling dunia dengan gratis, daya tarik gaji yang diberikan dalam bentuk mata uang Dollar dan Euro pun menjadi nilai tambah dalam pekerjaan ini.

Namun setelah melihat jawaban yang dipaparkan, mungkin anda akan berpikir lagi untuk kerja di kapal pesiar. Gaji dalam bentuk mata uang asing memang sangat menggiurkan, tapi apakah jumlah yang diberikan sesuai seperti perkiraan kita?

Memang banyak orang yang melihat kapal pesiar akan langsung berpikir tentang kemewahan, keindahan, kekayaan, glamor, dan hal-hal serupa lainnya. Saya yakinkan anda, bekerja di kapal pesiar itu sangat berbeda dengan apa yang anda duga. Karena syarat kerja di kapal pesiar itu tidaklah sedikit. Saya akan membahas keuntungan dan kerugian kerja di kapal pesiar sebagai pegawai di kapal pesiar.


Keuntungan Kerja Di Kapal Pesiar


      keuntungan bekerja di kapal pesiar


  • Penghasilan:
    (tergantung kebijakan negara). Untuk kebanyakan negara, penghasilan anda tidak di pungut pajak, dan penghasilannya bisa lebih banyak dari kampung halaman. Seorang dari Filipina, misalnya, bekerja di kapal pesiar di posisi paling rendah seperti cleaning service, atau office boy, tanpa tips, masih bisa mendapatkan gaji 2 kali lebih banyak dari pada seorang lulusan kuliah di kampung halaman. Seseorang pesuruh kamar bisa mendapatkan 5 sampi 6 kali lebih banyak dalam beberapa tahun saja. Orang barat (Amerika, Canada, dan Eropa) beranggapan bahwa gaji mereka kecil. Tapi sebenarnya anda bisa mendapatkan lebih banyak lagi apabila anda bekerja di kapal dari pada pekerjaan konvensional.
  • Jalan-jalan:
    Anda bisa jalan jalan keliling dunia secara cuma-cuma. Dalam 3 tahun, saya telah mengunjungi Caribean, Alaska, Australia, dan, Seluruh tanah mediteranian (Itali, Perancis, Spanyol, Yunani, Turki, Israel, dan Mesir)

    crew kapal pesiar

  • Persahabatannya:
    Komunitas Kru kapal merupakan komunitas yang dekat dan dapat menjadi teman yang akrab bahkan kawan hidup.
  • Peluang:
    Peluang anda dalam meraih jabatan yang lebih tinggi itu cukup besar di kapal pesiar. Ada alih minat, pelatihan, dan peluang yang besar untuk naik jabatan. Apalagi belakangan ini peluang industri kapal pesiar sedang naik daun.
  • Biaya hidup:
    Semua keperluan hidup ditunjang saat bekerja di Kapal pesiar, pangan, rumah, listrik air dan kesehatan. Anda bisa menabung banyak uang atau mengirimnya ke keluarga.

  • Liburan:
    Setelah menyelesaikan kontrak, anda biasa akan dapat 6-8 minggu atau bahkan lebih untuk berlibur. Memang tidak dibayar, tapi anda bisa pakai uang tabungan anda untuk berlibur dan mengisi waktu luang.
  • Ketahanan ketenagakerjaan. Sangat sulit untuk dipecat dari pekerjaan Kapal pesiar, kecuali anda melakukan hal bodoh seperti mencuri atau melakukan pelecehan. Orang biasanya bekerja di kapal seumur hidup. Saya kenal bartender dan pesuruh kamar yang  telah bekerja di kapal selama 30 tahun lebih.

Kerugian Bekerja di kapal pesiar

kerugian bekerja di kapal pesiar


  • Jam kerja:
    Tergantung posisi, biasanya sehari bekerja 10-14 jam. Bertolak belakang dengan komentar dan pendapat penulis, Royal Caribbean kena denda akibat isu ketenagakerjaan, namun sebenarnya lebih ke isu Visa untuk bekerja di pelabuhan di Eropa dari pada ketenagakerjaan. Ada hukum yang mengatur ini yang disebut Maritime Labour Convention. Peraturan ini bersisi batasan waktu kerja kru kapal per hari, per minggu, dan per bulan, dan menyediakan waktu istirahat, tapi tetap ini merupakan kerja yang sulit. Saat sedang melayar, anda bekerja 7 hari seminggu. Namun karena kru lainnya juga bekerja, pekerjaan tidak terasa melelahkan, dan biasanya banyak sekali waktu luang untuk berpesta jadi kita masih bisa menikmati hidup.
  • Jarak:
    Jika anda punya keluarga dan sanak saudara di kampung halaman. Anda bakal meninggalkan mereka untuk waktu yang cukup lama. Ini bisa jadi tantangan yang besar bagi banyak orang
  • Kesulitan Memanajemen:
    Kru kapal psiar datang dari negara dan budaya yang beragai. Karena ini jugalah persyaratan kerja di kapal pesiar sangat ketat. Cara memimpin setiap kru mungkin tidak cocok dengan anda atau kolega anda. Hal yang untuk diingat adalah, mereka dikontrak untuk jangka waktu yang pendek, jadi apabila anda punya manager yang buruk, ingat saja, mereka tidak akan lama.
  • Tidak ada uang Pensiun:
    Jika anda ingin meniti karir, anda harus menabung sendiri untuk uang pensiun. Beberapa perusahaan menawarkan 10 sampai 20 ribu dollar (sekitar 13jt-36jt-an) sekali bayar untuk pegawai yang bekerja selama 15 tahun atau lebih. Tapi itu tentu tidak cukup untuk uang pensiun.

    makanan di kapal pesiar

  • Kualitas makanan:
    Kapal pesiar biasanya tidak menyediakan makanan yang baik untuk kru. Walaupun masih layak konsumsi. Biasanya makanan nya itu dan itu lagi. Mereka masih tetap menyediakan makanan untuk kru bernegara asia seperti Filipina, India, Indonesia, dll. Jadi apabila anda tidak suka nasi, anda tidak bisa menemukan makanan lain di kapal pesiar.
  • "Mafia" :
    Ini tergantung dari kapal, tapi sering ada sekelompok kru yang datang dari suatu negara, jadi mereka saling menjaga saat bekerja, yang pasti berujung pada diskriminasi kerja.Tapi apabila anda berteman atau punya hubungan dengan kru lain, malah anda yang akan terbantu oleh Mafia tersebut.

Jadi, saya merekomendasikan kerja di kapal pesiar bagi orang yang suka jalan-jalan dan bersedia meninggalkan keluarga untuk waktu yang lama. walaupun memang ada kerugian berkerja dikapal pesiar, percayalah, tahun-tahun saya bekerja di kapal pesiar adalah pengalaman yang indah. Bagi anda yang mau bekerja diindustri kapal pesiar, saya harap artikel ini mendorong anda untuk bekerja di kapal pesiar dan memberikan anda gambaran tentang apa yang terjadi di kapal pesiar.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang