Apakah keuntungan dan kerugian sepeda listrik dibandingkan sepeda biasa?

Dilihat 30,7 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kita hidup di masa yang sudah dimudahkan dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah dengan munculnya inovasi sepeda listrik. 


Sepeda listrik adalah rangkaian sepeda yang dikombinasikan dengan sebuah motor yang digerakkan dengan sebuah baterai, sehingga mudah digunakan oleh siapapun bahkan para manula. Penggunaan alat transportasi dengan menggunakan baterai yang dapat di-recharge ini mulai berkembang di Indonesia


Meskipun kesadaran masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai salah satu alat transportasi makin meningkat, sepeda belum bisa dijadikan alat transportasi utama seperti di negara maju pada umumnya. Hal ini wajar saja, mengingat kondisi jalan-jalan di Indonesia, khususnya kota-kota besar yang dipenuhi kendaraan bermotor. 


Namun tidak ada salahnya jika Anda mulai mempertimbangkan penggunaan sepeda listrik sebagai alternatif kendaraan. Jika enggan membeli yang baru, sah-sah saja kok melirik sepeda listrik bekas. Terutama untuk pemula, ada banyak sepeda listrik hanya satu juta Rupiah yang bisa digunakan untuk membiasakan diri


Nah, sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu nih kelebihan dan kekurangan jenis sepeda yang satu ini. Penasaran kan? Yuk, simak terus ulasannya di bawah ini. Dibaca sampai habis ya..



Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Listrik


Ada banyak manfaat atau kelebihan sepeda listrik, di antaranya adalah:


  • Terdapat dua pilihan tenaga, yaitu menggunakan listrik atau bisa dikayuh. Jika pemakainya manula atau sudah lelah, dapat menggunakan tenaga listrik untuk menjalankan sepeda. 
  • Sangat efektif digunakan untuk kegiatan rutin dengan jarak dekat, bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari dan tentunya ketika melewati tanjakan atau jalan yang naik turun tidak membuat penggunanya merasa lelah. 
  • Relatif lebih aman bagi lingkungan, karena sepeda listrik tidak menghasilkan asap dan tidak mengeluarkan banyak polusi.
  • Dalam satu kali recharge, sepeda dapat menempuh jarak sekitar 40-50 Km. Itu berarti dapat digunakan selama dua hari secara terus menerus. 
  • Biaya pemeliharaan sepeda listrik tidak sebesar biaya pemeliharaan motor. 
  • Tidak dikenakan pajak maupun kewajiban kepemilikan surat izin karena kecepatan yang dapat dijalankan hanya 30-40 km/jam.  





Tidak ada sesuatu yang sempurna, selain memiliki kelebihan pastinya ada beberapa kelemahan yang juga perlu kita pahami. Kelemahan tersebut di antaranya adalah:


  • Usia pakai aki dipengaruhi oleh kualitas. Biasanya semakin mahal dan terkenal merk aki, kualitas yang dimiliki juga jauh lebih baik. Umumnya usia aki adalah 2 tahun. Setelah usia pemakaian aki habis dan tidak dapat di charge kembali, kita harus bersiap membeli aki baru dengan harga kisaran 750 ribu sampai 2 juta rupiah, tergantung kualitasnya. 
  • Ketika listrik sudah habis, kendaraan ini akan kehilangan sisi praktis dan kemudahannya.
  • Berbeda dengan sepeda motor, waktu yang dibutuhkan untuk charge aki sampai penuh relatif lama sekitar 8 jam. Hal ini sebaiknya menjadi perhatian khusus bagi para produsen aki sepeda listrik. Agar Anda tidak terjebak di tengah-tengah jalan sementara kondisi aki sudah kosong, maka Anda dapat siasati dengan mengisi daya sepeda di malam hari ketika tidur. 
  • Kecepatan maksimalnya hanya 30-40 km/jam, akselerasi perpindahan kecepatan tidak spontan seperti sepeda motor.  
  • Meskipun sepeda listrik bisa dikayuh ketika baterainya habis, namun akan terasa sulit dan berat jika digunakan untuk mendaki secara manual. 
  • Jaringan bengkel resmi untuk service atau perbaikan masih sangat sedikit dan umumnya hanya ada di kota-kota besar. Walaupun sepeda ini tidak seperti motor yang memerlukan perawatan berkala, namun tetaplah diperlukan perawatan. 
  • Beban maksimal yang dianjurkan adalah 125 kg. Jadi sangat disarankan untuk tidak membawa terlalu banyak barang saat menggunakan sepeda ini. 
  • Satu hal yang perlu dicatat adalah, tidak semua daerah memperbolehkan /mengizinkan penggunaan sepeda listrik sebagai alat transportasi sehari-hari. Setiap negara, provinsi atau kota memiliki kebijakan hukum dan aturan yang berbeda-beda tergantung daerah masing-masing.



Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan sepeda listrik, tentunya sekarang Anda merasa lebih yakin sebelum melakukan pembelian. Sebagai alternatif pilihan, jika Anda mencari sepeda listrik dengan harga murah, Anda bisa membeli sepeda listrik bekas. Anda dapat mencari informasi tentang sepeda tersebut dari berbagai sumber, entah dari situs online, koran, majalah atau datang ke toko langsung. 


Memang benar Anda akan diuntungkan dari segi harga, namun sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, sebaiknya Anda mengenal dengan baik pihak penjual, sehingga bila ada kerusakan, pihak penjual memiliki kemampuan untuk memperbaiki. Saya akan mencoba mengulasnya sedikit.



Sepeda Listrik Murah






Ingat, jika keputusan Anda mantap untuk membeli sepeda listrik bekas, saya sarankan agar anda menggali informasi sebanyak mungkin terlebih dahulu. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari, hanya karena Anda tergiur dengan harga yang murah, ternyata kenyataan yang Anda dapatkan jauh berbeda dari ekspektasi sebelumnya.


Sebagai contoh, sepeda listrik murah dapat dengan cepat Anda temukan dengan browsing melalui internet, ada banyak sekali informasi maupun situs jual beli online yang melayani jual beli sepeda listrik murah dengan harga yang miring. Akan tetapi sebaiknya Anda jangan terburu-buru dan mudah tergiur dengan harga yang ditawarkan, ada baiknya Anda memperbarui informasi mengenai harga sepeda listrik yang sebenarnya dan ketahui juga informasi mengenai kualitas sepeda listrik yang paling bagus, sehingga Anda bisa bandingkan satu dengan yang lain.


Lalu berapakah kisaran harga untuk sepeda listrik baru? Harga sepeda listrik sangatlah tergantung model, kualitas dan spesifikasinya. Setiap sepeda listrik memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Model sepeda lipat biasa bisa Anda peroleh dengan harga 4,5 – 5 juta. Model sepeda gunung standar harganya juga bervariariasi,tergantung spesifikasi yang diinginkan, namun kisaran harga dimulai dari 6 juta ke atas. Ada juga sepeda listrik yang dijual pada kisaran harga 7 hingga 9 juta.


Nah, setelah mendapatkan informasi mengenai harga sepeda listrik yang baru, berarti apabila Anda menginginkan sepeda listrik murah di bawah harga-harga tersebut, maka Anda harus mengetahui kondisi sepeda dan spesifikasi yang akan Anda peroleh dengan harga tersebut.



Selain dari beberapa hal yang telah disebutkan di atas, ada beberapa tips tambahan yang akan sangat berguna bagi Anda jika hendak membeli sepeda listrik, antara lain:


  • Pilih produsen lokal yang memiliki kualitas dan layanan pasca jual yang baik. Karena ada beberapa merk sepeda listrik yang produsennya sudah tutup, sehingga agak kesulitan jika terjadi sesuatu dengan sepeda listrik yang baru saja Anda beli. 
  • Tanyakan dahulu kepada penjual berapa usia pemakaian aki, karena hal tersebut sangat penting. 
  • Sebaiknya membeli sepeda listrik yang memiliki fungsi ganda, pakai listrik dan bisa dikayuh. Jika ada gangguan listrik, anda masih bisa mengayuhnya. 
  • Pastikan tidak terjadi penipuan dalam transaksi jual beli yang Anda lakukan.
  • Pastikan tentang jaminan garansi komponen. 
  • Pelajari dan tambahlah wawasan Anda mengenai sepeda listrik, misalnya mengetahui apa merk sepeda listrik yang bagus, bagaimana kecepatan sepeda listrik, bagaimana merawat aki, dan sebagainya.
  • Sebaiknya Anda meminta saran dan masukan dari penjual bagaimana cara untuk merawat sepeda yang baru saja Anda beli (baik bekas atau baru), agar komponen sepeda tetap terjaga dan awet.
  • Agar umur baterai lama, baterai harus diisi saat indikator bar kurang dari 20%, jangan sampai membiarkan baterai mencapai 0%. 
  • Anda dapat bergabung dengan grup komunitas sepeda listrik 



Setelah membaca informasi singkat diatas, saya harap semoga dapat menjadi bahan referensi untuk Anda yang ingin membeli sepeda listrik, baik sepeda listrik bekas ataupun baru.


Jika ada yang menawarkan sepeda listrik murah hanya 1 juta rupiah memang cukup menggiurkan ya, namun menurut saya, membeli suatu barang bukan hanya mengenai masalah harga, cakupannya harus lebih luas dari itu, pelajari dahulu kondisi barang, spesifikasi, bahkan kalau perlu Anda bisa pelajari dahulu teknologi sepeda listrik saat ini. Lalu kemudian bandingkan! Selamat berburu sepeda! 


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang