Apa keuntungan dan kerugian tinggal di Singapura?

Dilihat 6,02 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Singapura memang salah satu negara yang menjadi magnet bagi para perantau. Di tahun 2015 saja, berdasarkan data departemen tenaga kerja, hampir 30% pekerja di Singapura adalah warga negara asing


Tentunya sebelum mempertimbangkan untuk bekerja di Singapura, kamu perlu mengetahui berbagai hal tentang Singapura termasuk keuntungan dan kerugian dari tinggal di negara tersebut. Sebagai seseorang yang sudah merasakan tinggal di Singapura, saya ingin berbagi pengalaman denganmu tentang negara tetangga yang satu ini yang juga saya kombinasikan dengan cerita saudara saya yang sudah terlebih dahulu tinggal di sana.



Sekilas Tentang Singapura


Saya sendiri baru tinggal di Singapura selama 6 bulan sedangkan saudara saya sudah tinggal lebih dari 5 tahun disini. Dia menjelaskan kepada saya tentang hal-hal baik dan buruk tentang Singapura. Dia menceritakan bahwa perumahan di Singapura sebagian besar memiliki gedung yang sangat tinggi atau berbentuk apartemen, sehingga ini akan menjadi pengalaman baru bagi orang yang tidak pernah tinggal di perumahan yang memiliki gedung bertingkat. 


tinggal di Singapura


Bagi orang yang tinggal diperumahan biasa mereka akan jarang memiliki halaman kosong dibelakang rumahnya, tetapi mereka akan menemui taman dengan pepohonan hijau di sekitar pulau yang sengaja dibuat. Singapura memiliki banyak aturan dan tegas dalam menegakkan aturan-aturan tersebut sehingga segala sesuatu berjalan dengan teratur. 


Salah satu hal tentang Singapura yang menarik banyak orang untuk bekerja di negara ini adalah tingginya tawaran gaji yang diberikan. Meski demikian biaya hidup di Singapura juga lebih tinggai dari negara-negara di Asia Tenggara.



Keuntungan Tinggal di Singapura


Singapura menyediakan banyak pilihan bagi pendatang baru, apakah ingin menyewa rumah HBD (milik pemerintah) atau tinggal dirumah milik pribadi. Di Singapura perumahan horizontal seperti di US dapat ditemukan di pinggiran kota.


Keuntungan yang lain jika menetap di Singapura adalah transportasi umum yang sangat bagus. Kamu bisa mengelilingi Singapura menaiki bus dan kereta MRT (Mass Rapid Transit) itu sangat mudah dan murah. Dalam dekade ini jalur kereta terus dikembangkan hingga daerah terjauh pun di Singapura bisa dijangkau dengan mudah. Selain itu taksi juga sangat murah disana. 


Salah satu hal yang paling menarik tentang Singapura adalah Singapura jauh lebih teratur dibandingkan Indonesia. Salah satu contohnya saja kondisi jalanan. Para pegemudi di Singapura jauh lebih tertib dibandingkan dengan Indonesia, sekalipun tidak ada polisi di pinggir jalan. Hal tersebut dikarenakan seluruh sisi jalan dipantau menggunakan CCTV dan sistem lalu lintas pun dijalankan dengan ketat. Kalau kamu melanggar lalu lintas di Singapura, siap-siap saja menerima surat tilang yang akan dikirimkan ke rumah. 


Tergantung pelanggaran yang dilakukan, kamu dapat menerima hukuman mulai dari membayar sejumlah denda sampai dengan pencabutan SIM. Kalau SIM-mu sampai dicabut, bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai kamu bisa punya SIM lagi.


keuntungan tinggal di Singapura


Singapura juga merupakan negara yang sangat aman untuk ditinggali dan hidup terjamin meskipun kamu tidak melihat mobil polisi berkeliaran. Selain itu tingkat kejahatan sangat rendah dan tidak ada ampun bagi seseorang yang datang membawa narkoba. Pengedar narkoba akan dihukum mati. Berjalan di malam hari di sini bukan hal yang sangat berbahaya untuk dilakukan. 



Kekurangan Tinggal di Singapura


Kekurangan dari menetap di Singapura adalah harga sewa tempat tinggal yang sangat mahal apalagi perumahan yang dekat pusat kota seperti Orchard Road, Holland Village, dan lain lain. Perumahan horisontal biasanya sangat mahal. 


Jika seorang pendatang baru ingin pindah lebih jauh dari pusat kota harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Pemerintah Singapura membuat peraturan bagi pendatang baru bahwa mereka akan sulit mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Hal ini bertujuan agar pendatang baru yang tidak memiliki kemampuan untuk hidup di sana dengan harga sewa rumah mahal, mereka akan meninggalkan Singapura. 


Meskipun Singapura adalah negara kecil tetapi memiliki jaringan jalan dan sistem transportasi yang sangat luas. kamu bisa menaiki taxi, naik kereta atau bus di sana sangat mudah dilakukan. 


kerugian tinggal di Singapura

Hal lain yang juga perlu kamu ketahui mengenai Singapura adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk memiliki Mobil. Saudara saya mengatakan dengan serius "Jika kamu menjumpai seseorang dengan mengendarai mobil di sini, mereka adalah orang kaya" :D


Itu tidak sama dengan di sini dimana seseorang dengan gaji rata-rata bisa membeli mobil. Salah satu hal yang menyebabkan mobil menjadi barang yang super mewah di Singapura adalah tingginya pajak mobil impor yang dikenakan. Di seluruh negara Asia, mobil impor memang dikenakan pajak yang cukup tinggi, tapi di Singapura, pajak yang dikenakan luar biasa tinggi. 


Di Singapura pemilik mobil harus membayar surat hak milik, serta bea cukai, pajak dan biaya asuransi. Sebuah mobil di Singapura sama seperti enam-tujuh kali lipat untuk membeli mobil di Indonesia (dua atau tiga kali lipat dengan Amerika Serikat). Selain itu, tol dikenal sebagai ERP (Electronic Road Pricing) dan harga tol ini akan naik di jam sibuk. Pengendara harus membayar parkir dimanapun dia parkir, termasuk di mall dan tempat umum lainnya.


Selain mobil, secara keseluruhan biaya hidup di Singapura memang sangat tinggi dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya termasuk Indonesia. Bahkan Singapura tercatat sebagai kota paling mahal sejagat di tahun 2015, berdasarkan data dari  Economist Intelligence Unit. 


Di akhir tahun 2015 saja, harga tanah paling murah di Singapura adalah 100 juta/meter, sedangkan untuk memiliki apartemen di Singapura seseorang harus mengeluarkan uang setidaknya 143 juta untuk setiap meter persegi. Biaya makan di Singapura pun relatif lebih tinggi dibandingkan negara-negara lainnya di Asia. 


biaya hidup d Singapura


Hal yang perlu diperhatikan disini adalah pejalan kaki tidak memiliki hak jalan, jadi gunakan garis penyebrangan sebaik mungkin. Kadang-kadang pengendara motor juga menggunakan trotoar yang sempit dan ini membahayakan pejalan kaki. 


Pengendara sepeda tidak memilki jalur khusus di Singapura dan kebanyakan mobil dan truk tidak memperhatikan pengendara sepeda. Pengendara sepeda harus menggunakan helm sebagai pengaman. Gunakan Jalan penghubung taman untuk menghindari jalan-jalan berbahaya. Sosialisasi dengan orang di Singapura tidak membutuhkan waktu yang sangat lama, pendatang baru bisa cepat mendapatkan teman dan bertemu dengan orang-orang baru yang menyenangkan melalui forum online seperti Facebook.


Kalau saya rangkum semuanya, secara keseluruhan Singapura merupakan negara yang sangat nyaman. Fasilitas umum tersedia di berbagai tempat dan mudah untuk diakses. Keamananpun terjaga dengan baik, jadi kita tidak perlu merasa khawatir mengenai hal ini. 


Satu-satunya hal mengenai Singapura yang menjadi poin minus bagi pendatang adalah tingginya biaya hidup. Jadi sebelum kamu menerima tawaran bekerja di Singapura, ada baiknya kamu menghitung perkiraan pengeluaran bulanan yang harus kamu keluarkan saat menetap di Singapura dan pastikan bahwa gaji yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhanmu.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang