Apa keuntungan dari melakukan latihan fisik dan meditasi secara rutin serta mengatur pola makan?

Dilihat 1,12 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

manfaat olahraga


Di zaman modern yang super sibuk ini, tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas kesehatan kita berkurang apabila dibandingkan dengan kesehatan kakek nenek zaman dulu. Tidak aneh, mengingat kita selalu sibuk di kantor, duduk di depan meja kerja selama hampir 8 jam sehari dengan mata terus menatap layar komputer.

Ketika hari libur, yang ada di pikiran kita biasanya adalah tidur dan bersantai karena tubuh sudah sangat lelah, pinggang sudah pegal, dan punggung juga terasa sakit.  


Jarang kita memulai hari kerja dengan tubuh bugar. Padahal, kita bisa melakukan sesuatu untuk mengubah pola hidup kita agar menjadi lebih baik dan sehat. Apa yang harus kita lakukan? Misalnya, olahraga dan meditasi.


Salah satu manfaat olahraga adalah meningkatkan stamina, sementara manfaat meditasi adalah membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kedua manfaat ini saja tentu sudah berguna bagi kita sebagai pekerja kantoran, bukan?


Selain olahraga dan meditasi, kita juga sebaiknya menjaga pola makan. Saat makan siang di luar, kita jarang sekali memikirkan aspek selain rasa bukan?


Nah, sekarang sudah saatnya kita mengubah pola hidup kita dan ketahui apa saja manfaat apabila kita berolahraga dan menjaga pola makan kita sehari-hari.


manfaat olahraga



Manfaat Melakukan Latihan Fisik



Ada banyak manfaat melakukan olahraga, beberapa di antaranya adalah:


  • Meningkatkan stamina. Kombinasi yang tepat dari latihan fisik serta gizi yang seimbang menciptakan lingkungan hormal yang kondusif untuk  penurunan berat badan, meningkatkan kekuatan otot dan stamina. Ketika tubuhmu bekerja dengan sangat efisien, staminamu akan meroket. Setiap harinya segala sesuatu akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri. Kemampuan untuk mengendalikan bentuk tubuh dan berat badan dengan melakukan latihan fisik merupakan suatu cara yang luar biasa untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kamu akan terlihat lebih menarik dan merasa lebih percaya diri yang akan membantumu dalam melakukan berbagai hal dalam kehidupan. Kamu akan menyadari betapa pentingnya melakukan disiplin diri dan belajar mengenai hal itu melalui latihan fisik dan dapat menerapkannya dalam berbagai sisi kehidupanmu sehingga kamu bisa membuat perubahan yang dibutuhkan dan kamu harapkan.
  • Meningkatkan fokus. Apa kamu tahu bahwa penelitian terbaru menunjukkan bahwa salah satu manfaat olahraga adalah membantu meningkatkan kemampuan otak? Segala hal yang membutuhkan ketajaman mental (fokus dan konsentrasi) akan mengalami peningkatan. Kamu juga dapat meminimalisasi penyakit Alzheimer dan kepikunan.
  • Mengurangi resiko serangan jantung. Dengan melakukan latihan fisik secara rutin dan melakukan perubahan yang positif pada pola makanmu, kamu menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah yang akan berdampak pada berkurangnya resiko seranga jantung.
  • Mengurangi resiko pengeroposan tulang. Manfaat olahraga secara teratur, terutama latihan angkat beban, dapat mengurangi resiko pengeroposan tulang dan bahkan dapat meningkatkan kekuatan tulang.


manfaat meditasi



Manfaat Melakukan Meditasi



Tujuan utama dari bermeditasi adalah untuk melepaskan berbagai macam pikiran yang kamu hadapi sehari-hari seperti rasa takut, harapan-harapan, kecemasan-kecemasan dan merasakan keheningan sehingga kamu dapat merasakan ketenangan jiwa. 


Ketika kamu sudah melakukan meditasi secara rutin, kamu akan merasakan lebih mudah untuk berada dalam keheningan dan kamu akan belajar untuk mengintegrasikan ketenangan jiwamu ke dalam kehidupan sehari - hari. 


Situati-situasi yang biasanya akan membuat kamu stress tidak lagi akan mengganggumu dan kamu akan berhasil mengatasi kondisi tersebut dengan cara yang tenang. Untuk mendapatkan manfat meditasi yang maksimal, lakukanlah meditasi dua kali sehari selama 10 menit (lalu secara perlahan tingkatkan menjadi 15, 20, lalu 30 menit).


Bermeditasilah di pagi hari dan kamu akan merasakan bahwa lebih mudah untuk tetap bermeditasi dan hal ini akan membantumu mengawali harimu dengan tenang dan fokus. Lalu ketika kamu pulang dari kantor, lakukanlah meditasi yang kedua kalinya. Cobalah untuk melakukan meditasi pada waktu yang sama setiap hari dengan jangka waktu yang sama pula. Setelah kamu melakukannya selama sebulan, tingkatkan waktunya menjadi 15 menit dan tingkatkan 5 menit untuk setiap bulan berikutnya.

Meditasi merupakan olahraga untuk pikiran dan sama seperti ketika kamu melakukan latihan fisik, pada awalnya kamu mungkin akan merasa agak sulit untuk terus melakukannya terutama saat kamu tidak merasakan hasil apapun. 


Tapi setelah 4-6 minggu setelah kamu berolahraga secara rutin dan suatu kamu kamu bercermin, kamu akan melihat otot-otomu bertambah besar dan tubuhmu terlihat semakin menarik dan ketika hal tiu terjadi, kamu akan semakin bersemangat untuk terus berolahraga. Hal yang sama juga berlaku untuk meditasi, ketika kamu merasakan ketenangan dalam jiwa, kamu akan ketagihan. Sebagai tambahan, meditasi juga bermanfaat menyembuhkan gangguan kecemasan.

manfaat olahraga


Manfaat Menjaga Pola Makan Sehat


  • Mengurasi kerutan pada kulit. Makanan yang banyak mengandung air, seperti buah dan sayuran, melembabkan kulit dan menjaga kulitmu tetap segar. Makanan-makan tersebut juga mengandung antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan dan manjaga kulit agar tetap terlihat muda. 
  • Asam lemak omega-3 yang dapat ditemukan dalam ikan seperti ikan salmon memelihara kesehatan kulit dan membantu mengurangi munculnya kerutan pada kulit. Asam lemak omega-3 juga melindungi dari peningkatan hormal stress seperti kortisol. Vitamin C sudah terbukti mengurangi hormon tersebut dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Magnesium yang dapat ditemukan dalam kacang can bayam membantu mengontrol stress pada tingkat yang masih dapat dikendalikan. Teh hitam terbukti dapat mengurasi tingkat hormon kortisol dalam tubuh setelah adanya kejadian yang menimbulkan stress sehingga membantumu memulihkan kondisimu.
  • Menjaga kesehatan perut. Sodium, karbonasi, konstipasi dan kelebihan udara (karena makan terlalu cepat) dapat menyebabkan perut kembung. Makan yang tinggi akan serat (seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum) dapat mengurangi konstipasi. Mengunyah dengan lebih pelan tidak hanya membuatmu lebih besar akan apa yang kamu masukkan ke dalam mulutnya, tapi juga mengurangi banyaknya udara yang tertelan yang mengakibatkan rasa kembung.
  • Meningkatkan suasana hati. Makanan yang kaya akan karbohidrat seringkali dihubungkan dengan peningkatan serotonin, zat kimia dalam otak yang dapat meningkatkan suasana hati. Karbohidrat kompleks seperti gandum merupakan pilihan yang lebih sehat karena akan membantu menstabilkan tingkat gula darah. Makan sehat yang mengandung tryptophan (seperti kalkun, yogurt, dan ikan) sering dihubungkan dengan peningkatan suasana hati karena tubuh mengubah tryptophan menjadi serotonin.

-


Itulah beberapa manfaat olahraga dan meditasi serta menjaga pola makan. Hal-hal di atas tentu sangat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, dengan pikiran yang tenang, kita akan mampu menghadapi tumpukan pekerjaan dengan perasaaan yang ringan tanpa beban. Lalu dengan perut yang nyaman, tubuh juga akan terasa lebih bertenaga dan lebih mudah untuk bergerak ke sana ke mari.


Tentu saja kesehatan kita juga lebih terjaga dan terhindar dari banyak penyakit. Dengan tubuh yang sehat, kita juga akan lebih produktif dan tidak perlu buang-buang uang untuk pergi ke dokter, kan?

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang