Apa keuntungan dari memelihara ikan hias?

Dilihat 705 • Ditanyakan 10 bulan lalu
1 Jawaban 1

Memiliki hewan peliharaan seringkali menjadi hobi yang menyenangkan bagi beberapa kalangan. Salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari ialan ikan, terutama ikan hias. Ikan hias dipelihara oleh berbagai kalangan. Jenis ikan hias terbagi dua, yakni ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Biasanya yang dipelihara adalah jenis air tawar, namun bukan berarti bahwa tak ada yang menjadikan ikan hias air laut sebagai hewan peliharaan, hanya saja jenis air laut lebih susah untuk dipelihara. Untuk anda yang bingung mencari  hewan peliharaan yang perawatannya tidak merepotkan, tidak menyita waktu, tidak berisik, tetapi menyenangkan saat dilihat, saya sarankan untuk mencoba memelihara ikan hias.




Menurut banyak orang, memelihara ikan hias dipercaya dapat menghilangkan stres dan dapat menenangkan pikiran. Ada juga yang digunakan sebagai terapi untuk beberapa penyakit tertentu. Salah satunya yakni mampu menurunkan tekanan darah. Tak heran pula jika ada yang menjadikannya sebagai ajang perlombaan dan pameran. Ada banyak jenis ikan hias, kecantikan yang ditunjukkan pun beragam. Kisaran harga dari ikan hias sendiri pun ada berbagai macam, anda bisa dengan mudah menjumpai ikan hias dengan harga murah. Jenis ikan hias termahal adalah ikan arwana, harga yang dibandrol mulai jutaan hingga miliaran rupiah. Harga yang sangat fantastis, bukan?


Mengapa ikan hias dapat menghilangkan stres?

Berdasarkan penelitian pada tahun 1950, akuarium banyak dibeli dan dimiliki oleh orang-orang di benua Eropa dan Amerika. Akuarium juga dianggap mampu menghilangkan stres namun hanya bersifat sementara saja. Penghilang stres yang sebenarnya dipegang oleh ikan hias, hal itu dikarenakan ikan hias memiliki warna yang beragam dan berenang indah di antara birunya air dalam akuarium.

Menurut saya pribadi, ikan hias menyenangkan untuk dilihat dan menenangkan untuk dipelihara. Itulah sebabnya, saya senang melihat ikan tapi belum pernah memelihara satu pun sejak saya kecil. Melihat ikan hias berenang adalah hal yang menenangkan. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam dengan hanya melihat ikan saya berenang kesana dan kemari. Ada sesuatu yang membuat ikan-ikan tersebut menarik perhatian saya.
Tak hanya anda yang bisa menikmati keindahan ikan hias anda. Hewan peliharaan anda yang lain juga bisa menikmati keuntungan ikan hias yang anda miliki. Kucing saya juga suka duduk di samping akuarium saya dan melirik kiri dan kanan melihat indahnya ikan hias. Entah apa yang ada di benaknya, mungkin rasa lapar tapi entahlah. Selain itu, banyak juga yang menjadikan hobi ini sebagai bisnis, yaitu dengan cara membudidayakannya.



Namun, terkadang bisa juga menimbulkan stress ketika kita menemukan ikan hias yang mati dan harus mengeluarkannya dari akuarium. Suatu pagi bisa menjadi pagi yang sangat merisihkan apabila ada satu atau lebih ikan yang anda sukai itu tergeletak di tanah atau mengapung tak bernyawa. Saya mungkin sudah telat ke kantor, tapi saya tetap akan meluangkan waktu saya untuk mengangkat ikan tersebut dan mungkin merenungi kematiannya. Meskipun seringkali kita tak mengetahui penyebab ikan hias yang mati mendadak, kita harus menyadari bahwa seluruh makhluk hidup termasuk ikan hias juga memiliki batas umur.


  • Tips memelihara ikan hias air tawar

Segala sesuatu ada konsekuensinya. Jika anda menyiapkan akuarium anda dengan baik, ada tidak perlu membersihkannya terlalu sering, tapi juga tidak bisa diisi dengan terlalu banyak ikan hias. Anda mungkin tidak bisa memasukkan ikan hias sebanyak yang anda mau ke dalam akuarium.

Secara umum, aturannya adalah ikan dengan panjang 3-4 cm untuk setiap galon air. 5 ekor ikan hias sepanjang 7 cm bisa dipeliharakan dalam akuarium ukuran 20 galon. Akuarium yang besar sulit untuk dipindahkan dan kadang lebih sulit untuk dijaga tetap bersih, tapi lebih menyenangkan untuk dipandangi ketika anda duduk dan beristirahat bersama keluarga.


Meskipun ada berbagai keuntungna dari memelihara ikan air tawar, namun pada akhirnya semua tergantung dari selera anda. Apabila anda tipe yang hanya senang memandangi keindahan dan ketenangan, makan hewan akuatik yang cantik ini baik untuk anda. Namun bagi orang yang lebih senang menyentuh dan bermain dengan peliharaannya, maka ikan hias cenderung membosankan. Apapun itu, memelihara hewan di rumah turut membantu untuk mengurangi stres dan berperan penting terhadap kesehatan anda.

Terjawab 10 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang