Apa konsekuensi dari transusi darah yang tidak cocok?

Dilihat 3,49 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kalau kamu mengacu pada ketidakcocokan sistem ABO. Kamu bisa memberikan sel darah O ke setiap orang (kecuali instansi yang langka seperti Bombay yang hanya bisa menerima darah Bombay. Sangat langka sampai kita tidak akan pernah melihatnya). Di kasus non O mendapat sel O mereka akan baik-baik saja meskipun saat/jika mereka di cek sebelum 120 hari aka nada dua jenis sel yang berbeda. Jika A diberikan B atau B diberikan A antibodi di darah resipien akan menyerang darah donor dan mengakibatkan reaksi transfuse yang hebat dan mungkin meninggal dengan cara yang sakit. Kita biasanya mencuci darahnya untuk memastikan plasma tidak ada jika harus memberikan tipe darah yang berbeda. AB bisa menerima sel O,A,dan B yang DICUCI dimana supaya tidak ada antibody yang anti dengan plasma darah tersebut. O hanya bisa menerima sesama O karena tidak ada antigen di sel tapi memiliki antibody terhadap A dan B di plasma. A bisa menerima sel A dan O tapi hanya plasma A atau AB karena antibody B mengambang di plasma. B bisa menerima sel B dan O karena antibody A di plasma dan plasma B dan AB. AB bisa menerima O dan AB dan hanya plasma AB karena antigen di sel tidak ada antibody di plasma.


Jika ada reaksi transfusi yang akut seperti ketidakcocokan ABO reaksi bisa termasuk demam, meriang, nyeri di daerah lumbar dari punggung, nyeri di dada, jantung kencang, DIC yang memakai faktor pembekuan darah membuatmu berdarah karena tidak ada yang membuatnya berhenti…ini juga membuat pembekuan kecil di aliran darah, hemolisis pada darah resipien menyebabkan bilirubin di darah dan hemoglobinuria yang mana ada haemoglobin di urin. 


Ada banyak jenis reaksi transfuse tetapi disebabkan hal yang beda. Sistem ABO sangatlah langka. Yang paling sering adalah reaksi alergi dimana pasien gatal-gatal. Mereka mendapatkan waktu pramedis dengan Benadryl. Ada juga reaksi yang dijeda, TRALI dan reaksi febril.


Sekarang setelah ini kamu butuh tahu kalau transfuse dan persediaan darah dengan menyeluruh di tes dana man semenjak tahun 90an.

Kami mencoba yang terbaik dan memiliki pengecekan yang berbeda dan keseimbangan di seluruh rumah sakit untuk mencegah ini terjadi. Mayoritas dari kami di bidangnya masing-masing untuk membantu orang-orang.


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang