Apa kutipan bahasa jawa favorit kamu ??

Dilihat 1 • Ditanyakan 2 menit lalu

Dalam menjalani kehidupan, kita memerlukan kata-kata bijak yang bisa menjadi pegangan bagi diri kita dalam berpikir maupun bertindak. Sebagai contoh kata-kata bijak bahasa Jawa yang penuh dengan petuah dan nasihat bisa kita dijadikan referensi. Hal itu dirasa penting, mengingat kita hidup dalam jaman modern, dimana banyak sekali kita temukan budaya asing yang bisa saja merubah diri kita menjadi pribadi yang hedonis, materialistis dan mementingkan kepentingan diri sendiri dibandingkan dengan kepentingan bersama.


Adapun kata bijak Jawa halus sering digunakan terutama di dalam dunia pendidikan moral dan etika. Dahulu di bangku sekolah dasar di daerah Jawa Tengah, DIY dan sekitarnya terdapat mata pelajaran bahasa Jawa yang mengajarkan murid-murid tentang seni dan budaya Jawa. Hal ini sangatlah penting bagi generasi muda terutama dalam pembentukan mental dan karakter. Kita jadi mengenal tradisi leluhur kita, mengerti adat istiadat yang dimiliki bangsa kita serta yang paling utama, kita tidak melupakan jati diri kita sebagai orang Jawa.  


Seringkali kata mutiara Jawa juga mempunyai bahasa yang lucu dan kadang diluar nalar kita. Seperti "cebol nggayuh lintang, koyo kethek ketulup" dan masih banyak yang lainnya. Kata-kata yang seperti ini justru akan mudah dimengerti dan diingat dibandingkan dengan kata bijak berbahasa Jawa halus lainnya.

Jadilah yang pertama untuk menjawab!
Tulis jawaban sekarang