Apa saja jenis-jenis dan manfaat batu permata?

Dilihat 4,89 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

jenis batu permata


Anda penggemar batu permata? Batu mahal ini memang tidak ada matinya, warnanya yang cantik dan indah membuat peminatnya semakin banyak meskipun harganya tidak pernah turun.


Biasanya permata terkenal sebagai perhiasan, namun tidak jarang juga orang menjadikan batu mulia ini sebagai investasi yang menjanjikan untuk masa depan karena harganya yang fantastis. Misalnya batu intan, batu yang disebut sebagai batu paling keras di dunia ini saja harganya mencapai miliaran per karatnya.


Banyak orang yang berpikir bahwa batu permata sebagai batu akik, anggapan ini tentu tidak tepat. Batu permata adalah batu mulia, salah satu yang termasuk ke dalam golongan batu mulia ini adalah batu emerald. Sementara itu, batu akik dan batu kecubung termasuk ke dalam golongan batu semi mulia (semi-precious).


Selain itu, batu mulia juga didapatkan dengan cara ditambang dari dalam perut bumi dan diolah dengan proses yang rumit sebelum dijual. Di sisi lain, batu semi mulia seperti akik didapatkan dari dalam batu-batuan yang ada di sekitar sungai.


Nah, itu baru menjawab sebagian kecil pertanyaan Anda mengenai jenis batu permata. Sebenarnya ada sangat banyak jenis-jenis batu permata di dunia ini dengan manfaat yang berbeda-beda juga satu sama lainnya.


Di bawah ini, mari kita ulas beberapa jenis dan manfaat batu permata yang sangat unik dan menarik (selain sebagai investasi tentunya).



Jenis-Jenis Batu Permata



Tidak mudah menggolongkan suatu batuan sebagai batu mulia. Ada beberapa syarat agar memenuhi kualifikasi sebagai batu mulia. Beberapa jenis batu di bawah ini telah memenuhi semua syarat tersebut dan telah banyak dilepas di pasaran dengan harga yang sangat tinggi.


Contoh jenis-jenis batu permata adalah sebagai berikut:


jenis batu permata


  • Batu Black Opal

Batu Black Opal Kalimaya Indonesia sangat terkenal dengan warna kilap hitamnya yang dihiasi dengan 'jarong' atau semburat warna pelangi. Batu ini termasuk semi-mulia, dan harganya mencapai 50-100 juta rupiah. Konon untuk mendapatkan batu ini tidak mudah, diperlukan beberapa ritual mistis untuk menentukan lokasi penggalian, dan ritual pencarian ini tidak selalu berhasil.


Karena keindahannya yang sangat unik, ratu Inggris menyematkan batu Black opal Indonesia ini di mahkotanya. Sayangnya, masih banyak oknum yang menjual batu Black Opal palsu dan menipu banyak kolektor batu akik pemula.


jenis batu permata


  • Batu Red Beryl

Jenis batu permata yang berwarna merah menyala ini sudah lama menjadi rebutan kolektor di luar negeri, namun masih belum banyak diketahui di Indonesia. 


Red Beryl dikenal juga dengan nama zamrud merah atau bixbite, dan sejauh ini hanya ditemukan di Utah Barat (Pegunungan Thomas), Utah Selatan (Pegunungan Wah Wah), dan Black Range New Mexico. Karena itulah, tidak salah apabila Red Beryl termasuk ke dalam kategori batu mulia paling langka di dunia dengan harga lebih dari 100 juta rupiah per karatnya. 


jenis batu permata


  • Batu Blue Garnet

Banyak yang menyebut batu biru ini sebagai salah satu batu cincin termahal di dunia karena harganya yang memang mencapai lebih dari 1,5 milyar per karatnya. Batu jenis Garnet ini banyak ditemukan di Amerika dan Turki, namun untuk kualitas yang terbaik bisa Anda dapatkan di batu Garnet Madagaskar.


Batu Garnet memilik variasi warna, mulai dari kuning, merah, hijau, hingga coklat. Namun tampaknya batu yang berwarna biru lebih digemari oleh para kolektor. Konon, batu-batuan garnet ini dapat berubah warna dengan sendirinya.


jenis batu permata


  • Batu Berlian Hope

Batu Berlian Hope adalah nama sebongkah besar berlian berwarna biru tua yang kini berada di Smithsonian Institution, dan ditaksir harganya mencapai sekitar 3,5 triliun rupiah. Batu ini dinilai penuh misteri, karena belum diketahui apakah ada bongkahan yang lebih besar (atau bongkahan induk) dari berlian tersebut.


Selain itu, berlian ini juga bersinar karena teknik potongnya yang sangat rumit. Disebutkan bahwa para ilmuwan masih mempelajari bagaimana berlian ini bisa begitu berkilau serta berubah warna menjadi merah di bawah sinar ultraviolet.


jenis batu permata


  • Batu Amethyst atau Kecubung Ungu

Amethyst termasuk batu semi-mulia dan dikenal di Indonesia dengan nama kecubung ungu karena memiliki warna ungu cerah. Harganya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung kualitasnya.


Berdasarkan sejarah, batu ini mendapatkan namanya dari bahasa Yunani "Amethystos" yang secara kasar berarti "Tidak Mabuk". Pada masa itu, banyak yang menggunakan batu ini sebagai jimat penangkal keracunan atau agar tidak mabuk. Di Indonesia sendiri, batu ini dikenal memiliki banyak kemampuan mistis.


jenis batu permata


  • Batu Andalusite

Batu ini mendapatkan namanya dari tempat pertama ia ditemukan, Andalusia di Spanyol. Batu cantik ini tidak terlalu beruntung, tidak banyak kolektor yang mengetahui bahwa batu ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi.


Batu permata Andalusite memang tidak terlalu langka, penambangan batu ini bisa ditemukan di Madagaskar, California dan Colorado, Brazil, Srilanka, hingga Rusia. Meskipun batu ini cocok untuk dijadikan perhiasan karena cukup keras, hingga saat ini para kolektor cenderung menyimpannya dalam bentuk bongkahan batu.


jenis batu permata


  • Batu Grandidierite

Jenis batu permata berwarna biru segar ini memang sangat cantik, membuat mata tidak bosan untuk terus memandangnya. Grandedierite ditemukan pertama kali di Madagaskar, dan sejauh ini belum ditemukan di tempat lain. Sama seperti Red Beryl, sedikitnya tempat penambangan membuat batu ini juga masuk ke dalam jajaran batu mulia termahal dan terlangka di dunia.


Sama seperti yang lainnya, harga batu ini juga ditentukan dari kualitas dan kejernihan warnanya. Harga Grandedierite paling murah adalah sekitar 270 juta rupiah, dan harga tertingginya mencapai 1,33 miliar rupiah.


manfaat batu permata


  • Batu Jadeite dan Nephrite

Kedua jenis batu permata ini termasuk ke dalam variasi batu jade, atau lebih dikenal dengan giok oleh orang Indonesia.

Batu Jadeite memilik harga lebih mahal dan lebih langka dibandingkan dengan Nephrite. Kualitas tertinggi dari batu ini adalah ketika ia mencapai warna hijau terang dan mencolok, dan Jadeite yang seperti ini akan disebut sebagai "Imperial Jadeite".


Nephrite lebih mudah ditemukan dan memiliki struktur lebih lunak daripada Jadeite. Giok tradisional Tiongkok lebih banyak menggunakan Nephrite karena mereka tidak memiliki tambang Jadeite.



Manfaat Batu Permata Bagi Kehidupan Manusia



Kepercayaan tentang manfaat batu permata sebagai media penyembuhan sudah ada sejak lama, seperti yang dibuktikan oleh ritual yang dilakukan pada ahli pengobatan di jaman purba. 

Saat ini, dipercaya bahwa setiap batu permata memiliki manfaat bagi kesehatan dari bagian tubuh tertentu. Dengan meletakkan batu permata pada bagian tubuh tertentu, energi dari batu permata akan diserap oleh tubuh dan menghasilkan energi yang dapat menyembuhkan. 


Misalnya:


  • Kecubung Ungu dipercaya membantu memperlancar peredaran darah apabila dikenakan di tubuh.
  • Rubi Afrika konon dapat menyembuhkan demam, mendetoksifikasi darah dalam tubuh, juga memperlancar aliran darah.
  • Giok atau Jade dipercaya oleh orang Tiongkok dapat mengendurkan otot-otot dan syaraf yang tegang, memberikan ketenangan, menyembuhkan gangguan ginjal, serta menghangatkan tubuh.

manfaat batu permata


Selain untuk kesehatan seperti beberapa contoh di atas, ada juga beberapa mitos mengenai khasiat khusus yang dibawa oleh tiap jenis batu permata, seperti:


  • Untuk kesehatan mental: Amber, Fluorite, Lapis Lazuli, Moonstone, Topas Perak, Quartz. 
  • Untuk produktivitas: Agate, Garnet, Opal, Rhodolite.  
  • Untuk membangun kepercayaan diri: Aventurine, Carnelian, Diamond, Emerald, Garnet, Spinel.  
  • Untuk kebahagiaan: Agate, Amethyst, Calcite, Berlian, Giok, Tsavorite.  
  • Untuk ketenangan dan keseimbangan: Amethyst , Ametrine, Aquamarine, Citrine, Coral, Diamond, Jade, Malachite, Pink Tourmaline, Tanzanite, Zircon. 
  • Untuk kekuatan dan kepercayaan diri: Agate, Amber, Aquamarine, Carnelian, Diamond, Garnet, Iolite, Malachite, Onyx, Opal, Ruby, Safir, Topas (biru). 
  • Untuk kebijaksanaan: Batu karang, Giok, Mutiara, Sodalite. 
  • Untuk keberuntungan: Alexandrite, Amber, Aventurine, Opal, Mutiara, Turquoise. 
  • Untuk cinta dan persahabatan: Alexandrite, Amber, Amethyst, Zamrud, Moonstone, Pink Tourmaline, Safir, Topas. 
  • Untuk kekayaan: Alexandrite, Calcite, Zamrud, Giok, Opal, Mutiara, Peridot, Ruby, Safir, Topas, Tourmaline.  

--



Setelah melihat beberapa contoh jenis dan manfaat batu permata di atas, bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda ingin mulai berinvestasi batuan mulia atau ingin membeli satu untuk coba-coba?


Yang manapun, berhati-hatilah terhadap pedagang nakal yang kerap menipu pelanggan dengan berjualan batu-batu palsu. Pastikan bahwa Anda membelinya dari orang yang terpercaya dan memang paham betul mengenai dunia batu mulia.


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang