Apa makanan diet yang bagus untuk batu ginjal?

Dilihat 4,83 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1



Batu ginjal adalah penyakit yang terjadi pada bagian ginjal yang didalamya terdapat batu seperti bentuk kristal kecil. Pada umumnya penyakit ginjal disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, faktor keturunan, kurangnya konsumsi air putih, jarang buang air kecil atau sering ditahan, banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia atau bahan pengawet.

Batu ginjal memiliki berbagai macam jenis yang dibedakan berdasarkan material pembentuknya. Batu ginjal memiliki komponen penyusun batu ginjal yang terdiri dari 80% batu kalsium, kalsium oksalat, dan kalsium fosfat. Beberapa jenis batu ginjal yang umum ditemukan yaitu: Batu Ginjal Kalsium, Batu Ginjal Asam Urat, Batu Ginjal Struvite, dan Batu Ginjal Sistin. 

Dari empat jenis batu ginjal diatas, yang paling sering ditemukan adalah batu ginjal Kalsium, karena batu ginjal jenis ini dihasilkan dari makanan/minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari, seperti susu, bayam, coklat, keripik kentang. Pertanyaan yang kerap muncul adalah “bukankah susu atau bayam baik bagi tubuh? Bukankah susu merupakan sumber kalsium? Lalu mengapa justru dapat menjadi pemicu timbulnya batu ginjal?”. Nah, anda penasaran bukan?

Jadi sebenarnya makanan apa saja sih yang dapat menjadi sumber penyebab penyakit ini? Lalu bagaimana cara pengobatan batu ginjal yang tepat untuk menghindari timbulnya batu ginjal? Uraian singkat dibawah ini akan mengupas sedikit tentang hal tersebut, baik pengobatan secara umum maupun pengobatan batu ginjal secara tradisional, yuk simak terus ulasannya sampai habis..


Mencegah Batu Ginjal



Seperti yang telah dijelaskan diatas, produk susu dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya batu ginjal. Meskipun susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang bermanfaat bagi tubuh, namun konsumsi susu secara berlebihan dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal kalsium. Bukan hanya kalsium, namun juga oksalat dan fosfat yang jika bergabung dengan kalsium di dalam tubuh dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal kalsium. Berikut cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal :

  • Batasi konsumsi makanan yang mengandung tingkat oksalat tinggi, seperti bayam, rhubarb, bit (akar dan daun), buah belimbing, kacang-kacangan, almond, teh hitam, kedelai, tahu, dan daging yang dibuat dengan kedelai. Coklat, makanan yang terbuat dari gandum, kacang mede, hazelnut dan kacang juga mengandung oksalat (meskipun tidak banyak). Jangan mengkonsumsi jenis makanan ini secara berlebihan.
  • Konsumsi kalsium dengan batas yang dianjurkan setiap hari, yaitu untuk orang dewasa berumur 19-50 tahun adalah 1000mg; perempuan berumur 51-70 tahun itu 1200mg; pria berumur 51-70 tahun itu 1000mg; dan dewasa >70 tahun membutuhkan 1200mg. 
  • Konsumsi makanan bervitamin C jika memiliki gejala batu ginjal kalsium. Sumber makanan yang mengandung vitamin C yang bagus adalah buah jeruk, mangga, pepaya, melon, berry, merica, sayuran berwarna gelap, kentang dan tomat. Sebenarnya Anda bisa saja mengkonsumsi vitamin C dari suplemen multivitamin, tetapi disarankan jangan terlalu berlebihan (lebih dari 1000mg per hari).
  • Batasi konsumsi kafein – sampai 300mg per hari (1.250mL atau 8 ons cangkir kopi mengandung 60-150mg kafein dan 1 cangkir teh mengandung 40-80mg kafein)
  • Batasi konsumsi teh hitam, karena teh hitam mengandung oksalat yang tinggi.
  • Perbanyak minum air mineral, langkah terpenting yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal adalah dengan memperbanyak minum air mineral, yaitu paling tidak 2½ - 3 L (10-12 gelas) setiap harinya. Hindari minuman tidak sehat, seperti soda, alkohol dan sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan.
  • Menjaga berat badan agar tidak berlebihan, salah satu pemicu batu ginjal adalah obesitas, untuk itu diet yang sehat untuk menurunkan berat badan sangatlah dianjurkan. Makanlah dengan seimbang. Mengkonsumsi protein hewani dalam jumlah besar dapat meningkatkan resiko batu ginjal, namun demikian diet dengan mengurangi konsumsi protein tinggi juga sebaiknya tidak dilakukan. Sebagai gambaran dapat dijelaskan seperti ini:
  1. Satu hidangan daging merah, ikan, atau daging unggas matang adalah 75gr atau 2½ ons. Batasi asupan Anda sampai maksimum 150-225gr (5-7.5 ons) per hari.
  2. Daging merah, ikan dan daging unggas adalah makanan sampingan bukan makanan utama.
  3. Pada beberapa menu, Anda dapat mengganti daging dengan alternatif lain, seperti kacang-kacangan, miju-miju, kacang polong kering dan kacang lainnya. 
  1. Belilah daging merah, daging unggas, dan ikan yang segar atau yang beku bukan membeli yang sudah dimasak, dibumbui, atau diproses.
  2. Gantilah garam yang digunakan dan bumbu untuk memasak dengan produk rendah sodium.
  3. Batasi konsumsi makanan cepat saji dan makanan di toko "serba ada" (seperti pasta yang dibumbui atau campuran nasi), serta makanan kaleng (seperti semur dan sayuran).

Pengobatan Batu Ginjal



Ukuran batu ginjal yang semakin membesar dapat menyebabkan semakin sulitnya fungsi ginjal untuk membuang urin, oleh karenanya pengobatan batu ginjal harus segera dilakukan untuk mengeluarkan batu ginjal tersebut. Langkah pengobatan batu ginjal yang sering kita dengar adalah melalui operasi batu ginjal. Langkah ini diambil jika penyakit batu ginjal yang diderita sudah parah. Operasi akan ditempuh setelah melalui serangkaian tes yang dilakukan oleh dokter. Adapun operasi batu ginjal harus dilakukan terutama oleh mereka yang beresiko terkena komplikasi penyakit lain, karena batu ginjal dapat menjadi penyebab dari gagal ginjal. 

Selain melalui operasi, pengobatan batu ginjal dapat dilakukan dengan cara tradisional. Adapun beberapa cara pengobatan batu ginjal secara tradisional yang bisa digunakan untuk mengeluarkan batu ginjal adalah :

  • Kumis kucing, daun kumis kucing direbus dan diminum air rebusannya secara teratur
  • Semangka
  • Daun Tempuyang, daun ini dapat dikonsumsi untuk mengeluarkan batu ginjal
  • Jeruk Lemon, air perasan lemon dicampurkan dengan minyak zaitun, lalu diminum
  • Daun Alpukat, daun alpukat direbus dan diminum air rebusannya
  • Daun Keji Beling, daunnya direbus dan diminum airnya.

Itulah uraian mengenai penyakit batu ginjal serta cara pengobatan batu ginjal secara tradisional yang dapat kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga setelah Anda membaca uraian diatas, Anda dapat lebih berhati-hati untuk memilih asupan makanan yang akan Anda konsumsi. Karena pemilihan menu makan yang sehat merupakan cara yang paling sederhana namun sangat efektif serta membawa dampak yang besar bagi kesehatan Anda dan juga jangan lupa banyak minum air putih ya…(Baca: Bisakah melarutkan batu ginjal?)


Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang