Apa manfaatnya minum secangkir teh hijau setiap hari?

Dilihat 2,17 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Teh adalah minuman yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Kita bisa dengan mudah menjumpainya di kedai-kedai ataupun restoran yang menghidangkan teh sebagai minumannya, baik manis maupun tawar.


Tapi apakah anda pernah meminum teh hijau?


Tidak banyak, bahkan hampir tidak ada restoran yang menyajikan teh satu ini sebagai pendamping makanan, karena memang teh ini lebih berperan seperti jamu bagi tubuh kita.


Rasanya yang pahit dan lebih kental dari teh biasa membuat banyak orang menolak untuk meminumnya, padahal ada sangat banyak manfaat teh hijau yang baik bagi tubuh kita, misalnya menurunkan berat badan.


Selain itu, apalagi khasiat teh hijau yang berguna bagi tubuh kita? Simak jawabannya di bawah ini!


aroma teh hijau

Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh


Teh yang berwarna hijau dan beraroma unik ini adalah salah satu jenis teh yang sedang menjadi trend kesehatan saat ini, karena dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Rasanya yang agak pahit memang menjadi ciri khas dari jenis teh ini. 

Untuk lebih lengkapnya, manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh dan kecantikan adalah:


1. Menurunkan Kolesterol


Kolesterol jahat atau dikenal dengan LDL (low-density lipoprotein) bisa kita dapatkan dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa penyakit serius pada tubuh seperti stroke, jantung, dan darah tinggi. 


Salah satu khasiat teh hijau adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Teh hijau mengandung tanin yang berkhasiat menurunkan kadar kolsterol jahat. Selain itu katekin dalam teh hijau dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus.


khasiat teh hijau

2. Mengurangi Reaksi Alergi


Jika anda memiliki alergi terhadap sesuatu, minumlah teh hijau secara rutin untuk dapat mengurangi dampak yang diakibatkan oleh alergen penyebab alergi. 


Senyawa epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hilau dapat mengontrol histamin dan imunoglobulin yang berfungsi untuk merespon reaksi terhadap elergen tertentu dalam tubuh. Untuk itu teh hijau memiliki khasiat sebagai obat anti alergi alami.



3. Menurunkan Berat Badan


Manfaat teh hijau yang sangat terkenal adalah dapat menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung enam jenis katekin salah satunya adalah senyawa epigallocatechin gallate (EGCG). Senyawa ini berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mengidentifikasi tingkat okasidasi lemak dan mengubahnya menjadi energi. 


Memang telah terbukti secara ilmiah bahwa teh hijau berkhasiat membakar lemak dengan mengubah lemak menjadi energi. Selain itu, teh hijau bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh dan menekan nafsu makan, bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet karena perut akan terasa kenyang lebih lama.


  teh hijau untuk obat asma

4. Meringankan Gejala Asma


Tidak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi teh hijau setiap hari mampu membantu masalah pernapasan seperti asma. Kandungan teofilin dalam teh hijau dapat mengendurkan otot-otot saluran bronkial sehingga bisa menekan timbulnya gejala asma yang parah. 


Selain itu, teh hijau bermanfaat mengurangi reaksi asma akibat alergi.


5. Mengontrol Penyakit Diabetes


Manfaat teh hijau yang tidak kalah hebat adalah mampu mengontrol dan memanajemen penyakit diabetes, terutama penyakit diabetes tipe II. Teh hijau mengandung antioksidan alami yang mampu menghambat sekresi enzim yang dikenal dengan alpha-glucosidase. 


Hal ini akan memperlambat penyerapan glukosa dalam darah sehingga penyakit diabetes tidak akan bertambah parah, kebutuhan insulin dalam darah juga menjadi semakin berkurang. Maka dari itu, teh hijau bisa dibilang berguna sebagai obat alami bagi penderita diabetes.


teh hijau untu rambut

6. Memberi Nutrisi pada Rambut


Teh hijau juga bisa memiliki khasiat untuk kecantika, terutama untuk kesehatan rambut kita. 


Manfaat teh hijau untuk kesehatan rambut salah satunya adalah bisa menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone) yang dikenal menghambat pertumbuhan rambut, selain itu teh hijau juga bisa mencegah kerontokkan rambut. Permasalahan rambut seperti ketombe dan psoriasis bisa diatasi oleh teh hijau yang bisa berfungsi sebagai antiseptik alami. 


Cara untuk mendapatkan manfaat teh hijau untuk kesehatan rambut adalah dengan menyiapkan 3-4 kantong teh hijau yang telah diseduh oleh setengah liter air. Gunakan air teh hijau tersebut sebagai bilasan terakhir saat anda keramas menggunakan shampo dan conditioner.


-


Itulah beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan tubuh kita. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan lainnya. Anda bisa secara rutin meminum teh hijau untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya. 


Teh hijau juga bisa menjadi obat dan juga antiseptik alami sebagai pengganti obat keras berbahan kimia. Selain itu bagi anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, tidak ada salahnya memasukkan teh hijau sebagai minuman harian anda. 


Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang