Apa manfaat meminum bir bagi kesehatan?

Dilihat 498 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menurut Forbes: banyak studi yang menunjukkan konsumsi alkohol dalam jumlah moderat, termasuk bir, bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Minum dalam jumlah tidak terlalu banyak bisa membantu mencegah pembentukan gumpalan darah yang bisa menghambat pembuluh darah di jantung, leher dan otak. Penyumbatan itu merupakan penyebab dari stroke pada umumnya, stroke iskemik. Para peneliti menemukan hubungan antara pria hipertensi yang minum alkohol dalam jumlah moderat dengan risiko yang lebih rendah terkena serangan jantung fatal maupun non-fatal.

Studi telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki diabetes yang minum dalam jumlah moderat bisa mengurangi risiko mereka terkena penyakit jantung koroner, pembunuh terbesar mereka. Riset juga mengindikasikan bahwa kebiasaan minum dalam jumlah yang sedikit bisa melindungi pria dan wanita terkena diabetes tipe 2. Orang dewasa berusia lebih dari 65 tahun yang mengkonsumsi satu hingga enam minuman beralkohol setiap minggu memiliki risiko lebih rendah terkena dementia ketimbang mereka yang bukan peminum dan peminum kelas berat.

Minum dalam jumlah moderat bisa dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik pada wanita. Studi telah menunjukkan bahwa bir berperan dalam mencegah tulang keropos dan memperbaiki massa tulang pada pria serta wanita muda--erat kaitannya dengan kandungan silikon yang tinggi pada minumannya. Orang-orang yang meminum bir, spirit, atau wine cenderung lebih jarang melaporkan adanya gangguan pada kesehatannya dibanding mereka yang tidak meminumnya.

Sebuah review dari 50 penelitian telah menunjukkan ada hubungan berkebalikan antara minum dalam jumlah moderat dengan total mortalitas pada kelompok usia menengah dan usia yang lebih tua. Risiko kematian terendah terjadi saat orang-orang mengkonsumsi satu hingga dua kali minum per hari, sepertinya memiliki efek protektif terhadap penyakit jantung koroner dan stroke. Semua ini dibuktikan dalam meminum bir dengan jumlah moderat, sekitar satu hingga dua kali per hari. Minum dengan jumlah yang berlebihan bisa memiliki efek kebalikannya.

http://www.forbes.com/2008/03/14/beer-drink-health-forbeslife-cx_avd_0317health_slide_2.html?thisSpeed=undefined

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang