Apa mungkin Indonesia bisa mendapatkan kemerdekaannya kalau Amerika Serikat tidak menekan Belanda, atau Amerika Serikat kalah perang dengan Jepang?

Dilihat 288 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Kebanyakan orang mungkin akan bilang tidak, tapi saya akan bilang ya. Tapi bukan di tahun 1945. Dengan asumsi bahwa segala hal di luar Indonesia berjalan seperti yang sudah terjadi, cepat atau lambat Indonesia dapat meraih kemerdekaannya. Rasa persatuan dan nasionalisme bangsa Indonesia sudah semakin bertambah kuat sejak tahun 1908. Dan kedua hal tersebut semakin matang ketika Indonesia menyatakan kemerdekaannya di tahun 1945, sehingga deklarasi kemerdekaan diterima dengan suka cita di seluruh nusantara. 


Jika dibandingkan dengan negara - negara Asia Tenggara lainnya pada waktu itu, Indonesia berada pada posisi yang lebih baik untuk membentuk negaranya sendiri (meskipun mungkin tanpa Papua Barat). Tapi coba kita anggap bahwa Amerika tidak peduli dengan Indonesia dan Belanda tetap menjajah Indonesia setelah perang dunia ke 2, situasinya pasti akan berbeda. Lalu, apa yang akan terjadi?


Perjuangan yang terjadi di Asia Tenggara akan tetap berlanjut. Vietnam meraih kemerdekaannya di bulan September 1945, yang setahun kemudian diikuti oleh Filipina di bulan Juni 1946. Myanmar merdeka dari jajahan Inggris di tahun 1948, Kamboja merdeka di bulan September 1953 bersama dengan laos yang merdeka sebulan kemudian. Malaysia (bersama dengan Singapur dan Brunei) meraih kemerdekaan dari Inggris di tahun 1957. Bahkan negara - negara kecil jajahan Belanda seperti Suriname, Curacao, Aruba, dsb meraih kemerdekaan mereka setelah itu. 

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang