Apa nama bayi untuk anak perempuan India?

Dilihat 8,42 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1




Jika Anda termasuk penggemar setia film Bollywood atau serial India, tentunya Anda tidak akan asing lagi dengan pesona kecantikan bintang-bintang di dalamnya. Hal inilah yang sekarang ini menjadi semacam trend baru atau dapat dikatakan memberi inspirasi bagi para orang tua untuk memberikan nama kepada anaknya -terutama anak perempuan- menggunakan nama yang ‘berbau’ India.


Ketika mencari ide untuk memberikan nama pada bayi Anda, tentunya banyak hal yang harus dipertimbangankan. Sah-sah saja jika Anda ingin memberikan nama bayi perempuan India pada calon putri Anda, namun alangkah baiknya dan sangatlah penting jika sebelum nama tersebut disematkan pada bayi Anda, terlebih dahulu Anda harus mengetahui artinya. Karena sebagai orang tua tentunya akan menanamkan harapan dan doa pada nama yang akan diberikan untuk buah hati tercinta. 


Dari sekian banyak nama, pastinya orang tua merasa bingung ketika harus menentukan nama yang tepat. Namun jangan khawatir, sekarang ini banyak sekali buku-buku atau situs di Internet yang bisa memberikan Anda informasi lengkap mengenai nama bayi perempuan dan artinya.


Di India sendiri, umumnya memiliki kepercayaan pada perhitungan Numerology dalam memberikan nama pada anak. Karena diyakini sebuah nama bisa menentukan nasib anak mereka kelak di kemudian hari, bahkan dipercaya seseorang dapat menjadi terkenal/populer dalam semalam jika memiliki nama yang sesuai. Seringkali, pemberian nama didasarkan pada tradisi dan ritual adat. 


Jika di Indonesia ada perayaan atau tradisi budaya yang diadakan sebagai wujud rasa suka cita orang tua atas kelahiran buah hati mereka, bagaimana dengan tradisi dan ritual di India? 


Nah, untuk memperkaya wawasan kita, ada baiknya sebelum dibahas lebih lanjut beberapa contoh nama bayi perempuan India, kita lihat dulu tradisi penyambutan yang dilakukan oleh masyararakat disana ketika proses pemberian nama dilakukan. Simak sampai tuntas ya..




Tradisi Pemberian Nama Bayi di India






Tradisi memberi nama bayi menurut agama Hindu India dikenal dengan upacara Namakarana. Proses pemberian nama ini melibatkan keluarga besar, dan umumnya diberikan kepada paman dari si bayi. 


Proses ini memiliki banyak variasi di beberapa tempat di India, salah satunya di daerah bernama Maharastra. Namakarana dilakukan dengan menghias ayunan atau tempat tidur bayi dengan bunga dan beberapa hiasan. Tamu undangan akan bernyanyi, berdoa, sambil menggoyangkan tempat tidur si bayi. 


Keluarga besar dan tamu undangan yang hadir dalam upacara tersebut mengucapkan doa secara silih berganti untuk keselamatan sang bayi. Bayi akan diberkati dengan nasi dan dot berwarna merah delima diatas kepalanya. Setelah itu sang ibu akan membisikkan nama Tuhan ke telinga bayi dan barulah nama bayi diumumkan kepada para tamu yang hadir. Upacara ini umumnya dilakukan 12 hari setelah bayi lahir.


Pemberian nama tidak boleh mengandung unsur nama hewan, nama jenis burung, nama-nama kota dan sejenisnya. Sebaiknya pemberian nama bayi juga tidak mengandung makna yang berkaitan dengan nakshatra (konstelasi bintang), pohon, sungai, gunung, burung atau ular. Hal tersebut disebabkan karena nama-nama tersebut tidak bisa memberikan suatu arti atau manfaat bagi sang anak, sehingga perlu dihindari.


Tradisi di India sangat menganjurkan para orang tua dalam memberikan nama pada anak dikaitkan dengan dewa-dewa kepercayaan mereka. Setiap hari ada dewa-dewa khusus, jumlah dewa yang dipercaya disana amatlah banyak, diantaranya adalah Brahma, Visnuu, Kumara, Siva, Dharma, Rudra, Kama, Ananta, dan Visvedeva, oleh karenanya pemberian nama sebaiknya berkaitan dengan dewa-dewa kepercayaan itu.






Contoh Nama Bayi Perempuan India



Setelah mengetahui beberapa aturan pemberian nama bayi di India dan upacara yang dilakukan untuk menyambut sang buah hati, maka langsung saja simak beberapa contoh nama bayi perempuan India beserta artinya, yang mungkin bisa menjadi sumber referensi bagi orang tua yang ingin memberikan nama bagi calon buah hati tercinta.


  • Aanya - Aanya adalah nama yang simpel dan pendek. Artinya adalah keanggunan.
  • Ananya - Ananya merupakan nama yang popular yang banyak digunakan oleh para orang tua sekarang ini. Arti Ananya adalah tidak tertandingi.
  • Basheera - artinya pembawa kabar baik
  • Chandler - artinya bulan
  • Deeba - artinya sutra
  • Fadheela - artinya kebaikan
  • Geeta - artinya kitab suci
  • Harshada - artinya pemberi sukacita
  • Isazia - artinya Batu putih
  • Jeevika - artinya air
  • Kanaka, Kanchana - artinya emas
  • Lakshaki - artinya nama lain dewi Sita
  • Mehrunissa - artinya penuh kebaikan / kebajikan
  • Navya - Navya bisa menjadi pilihan terbaik bagi orang tua, mengingat nama ini begitu cantik dan mudah diingat.
  • Ojasvi - artinya cerdas
  • Pernita - artinya doa yang dijawab
  • Quarrtulain - artinya rahmat Tuhan
  • Rashmika - artinya sinar terang
  • Saanvi - Saanvi merupakan nama yang bijaksana. Nama ini merupakan nama lain dari Dewi Lakshmi dan mengandung banyak mitologis penting.
  • Valia - artinya Prajurit yang perkasa



Itulah beberapa contoh nama bayi perempuan dan artinya yang dapat Anda gunakan untuk memberi nama bayi Anda. Kita semua pasti tahu bahwa nama bukan hanya sekedar nama, namun memiliki arti yang lebih bermakna, karena nama mewakili harapan dan doa dari orang tua. 


Oleh karenanya Anda perlu selektif dalam memilih nama bagi buah hati, jangan hanya mengikuti trend, namun lihatlah lebih dalam arti dan makna nama tersebut. Semoga bermanfaat!



Baca juga tautan berikut : Apa nama India yang bagus untuk bayi laki-laki dan perempuan?

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang