Apa nasehat anda bagi orang yang mempertimbangkan operasi plastik?

Dilihat 472 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

operasi plastik


Berpenampilan menarik dan menawan merupakan dambaan setiap orang khususnya kaum hawa. Standar kecantikan bagi setiap orang pun berbeda-beda. Sehingga tak jarang sebagian wanita Indonesia rela merogoh kocek yang sangat banyak untuk mendapatkan tampilan sempurna dengan melakukan operasi plastik.


Menurut data Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat menunjukkan bedah plastik rhinoplasty (operasi hidung) merupakan tindakan yang paling banyak dilakukan. Kemudian disusul dengan blepharoplasty (operasi kelopak mata), breast augmentation (pembesaran payudara) dan liposuction (sedot lemak).


Siapapun orang yang melakukan suatu hal pasti bukan tanpa alasan. Semua tindakan yang dilakukan manusia pasti didasarkan pada sebuah alasan, termasuk saat seseorang hendak melakukan operasi bedah plastik. Operasi ini merupakan kategori operasi yang cukup ekstrem karena bertujuan untuk mengubah bentuk salah satu atau beberapa organ atau bagian tubuh, khususnya tubuh bagian luar atau bagian yang tampak terlihat. Baik wanita maupun pria, pada dasarnya memiliki alasan yang sama dalam hal melakukan operasi plastik. 

Adapun alasan atau latar belakang seseorang untuk menjalani operasi bedah plastik diantaranya sebagai berikut :


  • Dilatarbelakangi sebuah kecacatan 

Ada banyak orang yang melakukannya bukan sekadar ingin cantik atau tampan, tetapi memang karena sebuah hal yang dianggap oleh seseorang adalah sebuah keharusan. Banyak orang yang menganggap kecacatan yang dialami semenjak kecil atau semenjak lahir adalah cacat yang perlu diperbaiki agar sama dengan keadaan orang lain yang lebih beruntung memiliki kondisi tubuh yang sempurna. Salah satu jalan untuk memperbaikinya adalah dengan cara operasi bedah plastik. Langkah operasi ini dengan dilatarbelakangi oleh kecacatan memang tidak terlalu banyak juga karena banyak orang yang mendapati dirinya cacat dari lahir tetapi tetap bersyukur dan menerima keadaannya serta berpikir tidak perlu menempuh jalur operasi. 


  • Dilatarbelakangi sebuah kecelakaan 

Sebuah kecelakaan merupakan hal yang tidak terduga dan tentu saja tidak diharapkan oleh siapapun. Saat seseorang mengalami kecelakaan, terutama kecelakaan yang parah, tentu akan memberikan bekas luka. Bekas luka tersebutlah yang menjadikan alasan beberapa orang untuk melakukan sebuah operasi bedah plastik untuk mengembalikan keadaannya seperti sebelum mengalami kecelakaan. 


  • Dilatarbelakangi sebuah kebutuhan 

Kebutuhan manusia memang beragam, baik wanita maupun pria. Salah satu kebutuhannya adalah tampil menarik, terutama dari segi bentuk tubuh dan bentuk bagian-bagian wajah. Dengan kata lain kebutuhan untuk tampil cantik bagi wanita dan tampil tampa bagi pria. Baik wanita maupun pria, ada beberapa dari mereka memutuskan untuk mendapatkan bentuk tubuh dan wajah yang sempurna menurut diri sendiri adalah dengan cara operasi bedah plastik. Maka, hal yang melatarbelakangi mereka untuk melakukan operasi adalah karena kebutuhan ingin cantik dan tampan. 


Memilih untuk menjalani operasi adalah keputusan penting dan tidak bisa dianggap enteng. Anda harus memilih dokter yang telah memiliki reputasi baik dan siap menjelaskan semua informasi yang dibutuhkan pasien, misalnya prosedur bedah plastik, pemeriksaan kesehatan, serta risiko yang bisa terjadi. Karena itu, pasien harus cermat dan teliti memilih dokter. Dokter bedah plastik yang baik selalu memberikan waktu untuk berkomunikasi dengan pasiennya. Harus ada konsultasi mendalam dan pemahaman akan prosedur bedah plastik yang akan dilalui pasien. Hal ini dilakukan agar hasil operasi plastik tidak mengecewakan atau membahayakan pasien. 



DAMPAK NEGATIF OPERASI BEDAH PLASTIK


Saat ini, kebanyakan orang melakukan bedah plastik untuk memperindah penampilan yang dianggap salah satu cara instan untuk menunjang kecantikan. Akan tetapi tak jarang ada operasi bedah plastik yang berujung pada kegagalan. Sehingga hal ini membuat wajah semakin aneh dan tidak karuan. Sebelum memutuskan untuk melakukan operasi, berikut adalah efek samping operasi plastik bagi kesehatan tubuh :


  • Pendarahan 

Beberapa saat setelah operasi selesai, biasanya pasien akan mengalami pendarahan. Jika pendarahan ini tidak segera berhenti tentunya hal ini akan menyebabkan komplikasi dan pembekuaan darah. Pembekuan darah yang terjadi akan membuat warna kulit menjadi ungu atau biru kehitaman. Dalam istilah medis, hal tersebut disebut dengan hematoma. Hematoma yang berkelanjutan dapat menyebabkan masalah lain seperti infeksi.


  • Reaksi Anestesi 

Efek samping operasi plastik selanjutnya adalah reaksi anestesi. Seperti yang anda ketahui saat prosedur operasi berlangsung tentunya sangat diperlukan anestesi atau yang paling disebut dengan suatu tindakan untuk menghilangkan rasa sakit saat menjalani pembedahan atau operasi. Seseorang yang memiliki riwayat medis tertentu mungkin memerlukan waktu yang lebih lama untuk sadar. Tak hanya itu saja, seseorang tersebut juga dapat mengalami reaksi yang lebih serius pada organ vital seperti jantung. Reaksi umum yang sering dialami seseorang setelah operasi adalah mual, muntah dan hilang kesadaran terlalu lama.


  • Kerusakan Syaraf 

Selain pendarahan dan reaksi negatif anestesi, efek samping operasi plastik juga dapat mengalami kerusakan syaraf. Jika hal ini terjadi, maka tubuh yang setelah dioperasi akan mengalami mati rasa atau kerusakan syaraf.


  • Penggumpalan Darah 

Penggumpalan darah biasanya terjadi setelah prosedur operasi dilakukan. Akibatnya ini akan membuat seseorang yang menjalani operasi tidak boleh bergerak selama proses pemulihan berlangsung. Selain itu, jika penggumpalan darah terjadi di organ vital seperti jantung ataupun otak, ini akan memerlukan perawatan medis yang sangat serius dan dapat berbahaya bagi pasien.


  • Rasa Sakit dan Bekas Luka 

Seseorang yang pernah menjalani proses operasi tentunya sudah mengetahui bahwa salah satu efek samping yang sering didapatkan adalah rasa sakit dan bekas luka pada area sayatan. Rasa sakit dapat diringankan dengan mengonsumsi obat, namun bekas luka tidak dapat dihilangkan secara instan, untuk menghilangkannya diperlukan perawatan dengan biaya yang cukup mahal.


konsultasi ke dokter

konsultasi ke dokter yang berpengalaman


Dengan adanya efek samping yang di dapat melalui operasi bedah plastik sehingga jika anda berniat untuk melakukannya harus dilakukan oleh ahlinya. Seperti dalam pemilihan klinik bedah plastik, pilihlah klinik yang sudah terpercaya dan juga dokter bedah plastik yang berkualitas. Selain itu ada juga beberapa hal lain yang harus anda pertimbangkan sebelum melakukan operasi, berikut diantaranya:


  • Persyaratan 

Jika anda ingin melakukan operasi bedah plastik, tentu anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan pertama adalah usia anda harus di atas 17 tahun, jika di bawah 17 tahun harus memiliki ijin dari orang tua serta harus didampingi oleh orang tuanya. Selain itu anda juga bukan perokok baik aktif maupun pasif, karena dua minggu sebelum dan sesudah operasi anda harus menjauhi asap rokok. Bagi penderita obesitas, diabetes dan juga penyakit paru-paru sebaiknya anda tidak melakukan bedah plastik atau anda bisa berkonsultasi secara lebih mendalam dengan dokternya.

 
  • Biaya 

Tentu biaya untuk melakukan operasi tidaklah sedikit, anda harus mempunyai dana yang lumayan besar. Karena jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tentu operasi tidak hanya dilakukan sekali saja. Selain itu, biaya perawatan pasca operasi juga harus dipertimbangkan, belum lagi kalau terjadi sesuatu di luar dugaan pasti anda harus mengeluarkan dana tambahan yang cukup menguras uang anda.

 
  • Resiko 

Semua jenis operasi tentu memiliki resiko, tak terkecuali operasi bedah plastik. Banyak sekali resiko yang timbul seperti infeksi, pendarahan, komplikasi dan lain-lain. Maka dari itu, untuk memperkecil resiko yang terjadi operasi harus dilakukan oleh dokter bedah plastik yang sudah terpercaya walaupun kemungkinan resiko dapat saja terjadi.



DAMPAK POSITIF OPERASI BEDAH PLASTIK


Ditinjau dari segi fisik, dampak positif operasi bedah plastik yaitu memperbaiki penampilan sehingga bentuk tubuh yang kurang sempurna dapat diperbaiki secara permanen namun tetap tampak alami. Operasi ini merupakan hal yang bersifat sangat perlu pada mereka yang memiliki bentuk tubuh kurang sempurna yang berasal dari bawaan lahir seperti bibir sumbing atau kelainan telinga. Hal ini juga dapat terjadi karena cedera traumatis seperti kecelakaan lalu lintas, luka bakar parah, gaya hidup, faktor lingkungan, serta penyakit seperti tumor atau kanker yang menyebabkan perubahan bentuk tubuh pasca dilakukan tindakan pengangkatan. Namun, banyak pula yang melakukan operasi dikarenakan tidak puas dengan bentuk tubuh yang dimiliki, seperti pipi kurang tirus, hidung kurang mancung, pinggul kebesaran atau kekecilan dan sebagainya. Meskipun hal ini tidak dapat dikatakan urgent, namun melakukan operasi karena alasan ini bukan merupakan hal yang dilarang.


Tidak hanya dari segi fisik, dampak juga dapat dirasakan dari segi psikologis. Sebagian besar orang dengan bentuk tubuh tidak sempurna baik karena bawaan lahir atau karena kecelakaan, penyakit, cedera, dan faktor luar lainnya tentu sering merasa minder dan tidak percaya diri. Hadirnya teknologi ini akan memulihkan kepercayaan diri pada mereka. Tak hanya soal kepercayaan diri, mereka juga merasa lebih nyaman dalam membawa diri. Hal-hal tersebut akan membuat mereka semakin energik dan produktif dalam menjalani kehidupan. Ada banyak jiwa-jiwa yang mengalami krisis percaya diri karena gunjingan dan cemoohan dari lingkungannya kemudian terselamatkan berkat adanya inovasi ini. Mereka yang mengalami penuaan atau kegemukan sehingga tidak percaya diri tampil di depan umum juga dapat memanfaatkan bedah plastik sebagai solusi untuk mempercantik penampilannya kembali.


percaya diri

penampilan yang percaya diri


Terlepas dari adanya alasan urgent ataupun tidak dalam keputusan seseorang melakukan operasi bedah plastik, namun jika merasa perlu melakukannya maka lakukanlah dengan mantap. Manfaatkanlah inovasi dan teknologi ini untuk memperindah penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri agar dapat menikmati pembaharuan yang penting dalam hidup anda. Jangan memaksakan diri jika anda ingin mengubah bagian tertentu pada wajah Anda padahal kondisi Anda tidak mendukung. Ingat bahwa hasil operasi pada tiap orang tidak sama. Sebaiknya konsultasikan segala hal dari a sampai z kepada dokter yang sudah berpengalaman. Semoga artikel ini bermanfaat.

Terjawab 11 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang