Apa obat terbaik untuk mencegah masalah lambung? Bagaimana seseorang bisa mengatasi maag di perut?

Dilihat 454 • Ditanyakan 11 bulan lalu
1 Jawaban 1

Pertanyaannya ditulis dengan sederhana, namun jawabannya jauh dari kata sederhana. Sebagai contoh, tukak bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, atau bahkan kanker. Mencoba untuk mengobatinya dengan Ayurveda akan menjadi sebuah kesalahan. Saya rasa penting untuk menentukan jenis dan penyebab dari sebuah tukak dengan tes-tes yang sesuai. Saya sarankan pergilah ke dokter. Menjelaskan gejala anda padanya bisa membuat sang dokter menduga bahwa anda memiliki tukak lambung, tapi sepertinya tidak membantu untuk mengetahui jenisnya, karena gejala tukak lambung dan duodenum begitu mirip.


Untuk membuat diagnosa yang spesifik, dokter anda mungkin akan menyuruh anda melakukan beberapa tes. Salah satu tesnya adalah pemeriksaan sinar-x barium swallow atau upper GI yang bisa membantu dokter anda mengidentifikasi dan menentukan letak tukaknya serta jenis dan tingkat keparahannya. Tes itu mengharuskan anda untuk minum "susu kocok barium" yang memiliki cairan yang akan tampak pada sinar-x. Mungkin anda akan diminta agar hanya makan makanan yang tawar dan mudah dicerna selama 2 hingga 3 hari sebelum tes. Setelah meminum cairan yang rasanya seperti kapur itu, anda berbaring pada meja pemeriksaan miring, yang membuat distribusi barium merata di sekitar saluran pencernaan bagian atas sehingga sinar-x dapat mengambil gambar-gambar pada sudut-sudut yang berbeda.


Jika anda tidak tertarik perawatan atau jika anda mengalami gejala-gejala baru, dokter anda bisa melakukan gastrokopi, atau pemeriksaan endoskopi, dimana sebuah selang fiber optik yang fleksibel dimasukkan ke tenggorokan anda supaya memberikan penglihatan langsung kepada dokter tentang isi dari esofagus anda, perut, dan duodenum anda. Hal ini membuat dokter mampu menentukan keberadaan dan penyebab pendarahan dan melakukan tes untuk infeksi bakteri. Selama pemeriksaan ini, dokter anda juga mungkin melakukan biopsi untuk mengecek adanya kanker.


Obat-obatan biasanya digunakan untuk mengobati tukak ringan hingga moderat. Bagi yang kambuhan, kasus-kasus parah yang belum pernah diobati, mungkin diperlukan pembedahan. Meskipun terapi-terapi alternatif telah menunjukkan mampu meredakan gejalanya, mereka harus dilakukan hanya sebagai pelengkap dari perawatan konvensional. Anda tak boleh mengobati sendiri tukak itu tanpa pergi ke dokter terlebih dahulu. Antasida dan acid blocker di toko-toko obat mungkin bisa meredakan sedikit atau seluruh rasa sakitnya, tapi selalu hanya dalam jangka pendek. Dengan bantuan seorang dokter, anda bisa terbebas dari rasa sakit tukak, begitu juga kesembuhan dari penyakitnya.


Obat-obatan pompa-proton inhibitor seperti Prilosec adalah opsi pengobatan yang paling efektif-harga untuk tukak lambung. Tujuan utama dari pengobatan itu adalah mengurangi jumlah asam di dalam perut, menguatkan lapisan pelindung yang berhubungan langsung dengan asam lambung, dan -- jika tukak anda disebabkan oleh infeksi bakteri - mengobati infeksi H. pylori dengan obat tersebut. Dokter anda kemungkinan akan meresepkan kombinasi antibiotik, seperti amoxicillin atau tetrasilin dengan metronidazole, disertai dengan Pepto-Bismol, inhibitor proton-pump, dan/atau histamin H2 blocker, semuanya diminum selama 10-14 hari.


Metode Ayurvedic: Tips sehari-hari yang harus diikuti

  • Makanlah hanya separuh kenyang dan minum seperempat sisanya dengan air tiga kali sehari, konsumsi makanan dalam jumlah kecil sesering mungkin.
  • Minum air hangat setelah makan.
  • Jangan berbaring sesaat setelah makan.
  • Kurangi konsumsi kopi atau teh panas.
  • Juga jangan mengkonsumsi minuman berkarbonasi.
  • Hindari makanan pedas.
  • Konsumsi makanan yang kaya serat dan sitrus.
  • Serat memudahkan pencernaan, sedangkan sitrus melindungi lapisan perut.
  • Minum air sebanyak mungkin saat siang hari.


Obat-obatan Herbal untuk Tukak Lambung

Dandelion

Dandelion dengan nama botani Taraxacum officinale adalah remedi yang luar biasa untuk tukak lambung. Keistimewaan obat ini adalah setiap bagian dari tanaman dandelion bisa digunakan sebagai obat. Idealnya, air perasan yang diperoleh dari akarnya sangat membantu menyembuhkan tukak lambung. Anda juga bisa mengkonsumsi dandelion dalam bentuk salad atau memasak daunnya atau membuat kopi dari akarnya. Obat herbal ini bisa dikonsumsi selama 2 hingga 4 minggu dan frekuensinya kemudian bisa dikurangi dan setelah itu berhenti.


Jus Aloe Vera

Aloe Vera adalah obat yang bagus yang dapat membantu menyembuhkan tukak di perut. Anda bisa mengkonsumsi gel Aloe Vera langsung dari tanamannya (tanpa lateks) atau dengan mengolah jus dari Aloe Vera.


Jahe

Jahe adalah remedi hebat untuk tukak lambung. Anda bisa mencampurkan sari jaher dengan madu dan mengkonsumsinya. Ini juga meredakan permasalahan lambung yang terjadi.


Elm licin (Ulmus rubra)

Elm licin adalah remedi yang bagus untuk mengobati tukak lambung. Lebih baik dikonsumsi sekitar satu sendok makan elm licin bertepung tiga kali sehari untuk penyembuhan tukak.


Daun Fenugreek

Daun Fenugreek bermanfaat sebagai obat rumahan yang luar biasa untuk tukak lambung.


Ekstrak daun apel kayu

Ambil beberapa daun apel kayu dan rendam dalam air. Biarkan semalaman dan minum di pagi hari Ini adalah remedi rumahan yang bagus untuk tukak.


Minuman herbal

Minuman herbal bisa dibuat dengan merebus air dengan herbalnya dan biarkan airnya hingga dingin. Anda bisa meminumnya sedikit-sedikit dan akan terasa mereda sakitnya. Herbal berikut ini bisa digunakan untuk membuat minuman herbal: biji jinten, biji adas, biji ketumbar, biji adas manis, biji dill, biji jintan. Tanaman-tanaman herbal ini juga disebut sebagai 'karminatif'.


Yogurt

Yogurt memberikan efek melancarkan pada perut dan mengobati rasa sakit akibat gas.


Tanaman herbal sebagai tambahan yang bermanfaat sebagai obat

  • Rumex crispus disebut juga dok kuning
  • Gentiana lutea juga dikenal sebagai Gentian Golden Seal Root
  • Anggur Oregon
  • Barberis vulgaris juga dikenal sebagai barberry
  • Artemisia vulgaris disebut juga sebagai cronewort atau mugwort

Makanan alami yang bermanfaat sebagai obat tukak lambung

Pisang

Pisang yang belum masak bagus untuk mengobati tukak lambung. Karena sulit dimakan, lebih baik konsumsi tepung dari pisang mentah yang dikeringkan. Jemur pisang mentah di matahari. Giling hingga membentuk serbuk. Ambil satu sendok teh serbuknya, campurkan dengan madu dan konsumsi bersamaan. Lebih baik mengkonsumsi keduanya setengah jam sebelum sarapan, makan siang dan malam. Bagi mereka yang tak punya akses untuk pisang mentah, konsumsilah setidaknya tiga buah pisang setiap hari. Pisang memiliki kemampuan mencegah pertumbuhan bakteri H. pylori. Pisang membantu mempertebal dinding lapisan usus dan menstimulasi produksi asam pencernaan lebih besar.


Madu

Konsumsi sekitar 2 sendok teh madu setiap hari. Madu adalah obat alami yang bagus untuk tukak yang terkait dengan perut.


Bawang putih

Bawang putih adalah obat herbal yang bagus yang bisa menyembuhkan tukak secara alami. Lebih baik menyertakan banyak bawang putih dalam masakan. Sulit untuk memakan bawang putih mentah. Karenanya lebih baik menggunakan bawang putih dalam bentuk masakan. Jika anda nyaman mengkonsumsi bawang putih mentah, konsumsilah sekitar 2 siung bawang putih setiap hari


Lada

Lada adalah berkah yang diberikan alam untuk mengobati tukak di perut. Lada memiliki kandungan untuk melindungi jaringan dalam perut dan mengurangi produksi asam. Karenanya bersifat seperti antasida dan mencegah perkembangan tukak.


Kubis

Kubis adalah sayuran alami yang merupakan obat yang baik untuk mengatasi tukak. Sari yang diekstrak dari kubis bisa dikonsumsi setiap hari untuk meredakan tukak. Kubis juga mengandung banyak Vitamin C yang memiliki efek menyembuhkan tukak perut. Bagus untuk mengkonsumsi obat ini sebelum makan dan sebelum tidur selama sekitar 2 hingga 3 minggu.


Jus Lemon

Lemon mengandung asam sitrat dan mineral yang dibutuhkan untuk mengobati tukak.


Makanan kaya Vitamin K

Vitamin K sangat bermanfaat untuk mengobati tukak. Defisiensi Vitamin K juga bisa menyebabkan tukak. Makanlah makanan yang kaya Vitamin K seperti kuning telur, sayuran hijau, keju, tomat, dll.


Sebagai tambahan, Buah-buahan yang bermanfaat sebagai obat

  • Plum
  • Air Barley
  • Jeruk
  • Semangka
  • Peach

Anda bisa mengkonsumsi buahnya atau jusnya.


Sebagai catatan, tukak di perut bukanlah masalah serius dan bisa diobati dalam 6 hingga 8 minggu jika dirawat dengan benar.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang