Apa pendapat anda sebagai warga Indonesia terhadap negara anda sendiri?

Dilihat 483 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Negara Indonesia memiliki letak astronomis 6LU - 11LS dan 95o BT - 141o BT. Posisi tersebut tepat berada di bawah garis khatulistiwa yang membuat penyebaran matahari di negara ini cukup rata. Hal itulah yang menjadi jawaban atas pertanyaan mengapa Indonesia termasuk negara beriklim tropis. Sedangkan letak geografis Indonesia cukup unik, diapit oleh dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Hindia dan Pasifik). Dengan posisi tersebut, Indonesia sangat diuntungkan karena menghasilkan sumber daya alam yang luar biasa. Jadi, tak heran jika orang asing berbondong-bondong ke Indonesia untuk berbisnis.


peta Indonesia


Indonesia di Mata Warga


Sesuai dengan pertanyaan anda, saya akan memberikan pendapat mengenai Indonesia dari berbagai segi yang saya pahami dan juga sedikit perkembangan yang terjadi pada segi tersebut.


POLITIK


Menurut saya Indonesia itu sudah terlalu lama mempunyai kebiasan yang parokial dan tidak mau berdiri dari kejatuhannya. Rana poilitik yang paling baik sedang terjadi sekarang, karena diangkatnya Jokowi sebagai presiden di Indonesia. Bisa dibilang dia adalah presiden yang sangat diinginkan warga dan politikus lainnya. Dia sedang membawa Indonesia dari keterpurukan yang terjadi dari Orde Baru.


Jokowi juga berhasil membawa budaya Indonesia kembali, yaitu musyawarah, Ini sudah membuat Indonesia kembali melawan Korupsi Kolusi dan Nepotisme. Jadi semakin baik pula Politik di Indonesia. Sekarang ini, Jokowi sedang memfokuskan pembangungannya untuk orang berkelas bawah sampai menengah. Misalnya Jokowi sekarang dengan para asistennya menerima lebih dari 500 e-mail dan sms perhari dari warga-warga yang meminta perubahan atau pembangunan.


politik Indonesia

Jokowi juga menjadi titik tumpu kepemimpinan yang bersih untuk membawa Indonesia yang lebih baik. Saat ini Jokowi membebaskan Pers untuk memberitakan apapun yang terjadi di rana politik, sehingga transpari antar hukum jadi lebih bisa dirasakan masyarakat. Ini adalah langkah yang  baik karena Politikus harus diberikan sebuah cara untuk mencegah dirinya melakukan KKN dalam politik


Walaupun Jokowi tidak mendapat pendanaan yang lebih dari rivalnya, Partai Gerindra, ia tetap menang karena dia disukai oleh banyak masyarakat dan juga pendukung dari luar negeri .



INFRASTRUKTUR


Indonesia sekarang sudah menjadi negara yang baik karena menggunakan sistem ekonomi campuran jadi pihak swasta bisa membuat investasi untuk Infrastruktur Indonesia. Tak hanya itu, Bank Indonesia juga belakangan ini mengalami kenaikan atau peningkatan kualitas perbankan.


Dari dunia penerbangan juga semakin membaik. Semakin sedikit pesawat atau penerbangan yang ditunda serta semakin banyak peminat yang menggunakan jasa penerbangan. Karena fasilitas yang disediakan oleh penerbangan ini semakin lama semakin membaik. Misalnya lion air sekarang sudah menempuh omset 20 Juta dollar per tahun.


Walaupun sudah seperti itu, Indonesia masih memiliki kendala ekonomi . Kebanyakan ini terjadi karena masih kurangnya infrastruktur yang tersedia di Indonesia. Orang yang tinggal di Indonesia pasti sudah kenal dengan namanya macet. Tidak seperti negara negara maju, Indonesia masih kurang memiliki metode transportasi yang memadai. Ini menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang relatif lambat di Indonesia. Hal ini juga membuat pekerja dari daerah lain dan negara lain kesulitan bekerja di Indonesia.


PENDIDIKAN


Walupun Indonesia sudah membuat angka buta huruf menurun secara signifikan sepanjang tahun, Indonesia masih memiliki banyak kekurangan di bidang pendidikan, misalnya banyak orang yang melakukan kecurangan saat ujian nasional yang diselenggarakan setiap tahun. Masih dibutuhkan perubahan mental dalam hal ini.


pendidikan Indonesia

Tapi belakangan ini, dinas pendidikan di Indonesia sudah melarang murid SD belajar bahasa Inggris di sekolah negeri. Hal ini dinilai buruk, karena melihat dunia ini yang dibentuk oleh bahasa inggris, dan negara Indonesia tidak memiliki akses yang baik ke media yang sangat membawa peluang kerja ini . Tapi mungkin kebijakan ini punya tujuan lain.


EKONOMI


Bidang yang terkenal di Indonesia adalah bidang turisme, banyak kota-kota indah yang patut dikunjungi. Ini adalah sumber pendapatan Indonesia yang cukup besar. Tapi masalah lain datang dari ekspor Indonesia yang sangat mengecewakan. Jika dipikir, Indonesia memiliki sumber daya yang sangat baik, misalnya pertanian..


Tapi Indonesia sampai sekarang hanya mampu mengekspor barang yang mentah dan tidak bisa membuat barang yang berkulaitas tinggi. Dan harus mengimpor barang yang dibutuhkan masyarakat Indonesia yang beragam


ekonomi Indonesia

Fakta tersebut jelas membuat ekonomi di Indonesia kurang berkembang seperti negara lain. Ekonomi di Indonesia itu cukup bergantung pada negara lain. Karena Indonesia yang mengimpor sangat banyak sekali produk dari luar negri.

Keadaan ini diperparah dengan adanya dan masih maraknya korupsi yang di lakukan oleh pemerintah. Ini membuat pajak pajak yang dibayarkan oleh masyarakat tidak masuk kedalam omset atau budget pembangunan yang akhirnya membuat lingkaran setan yang membuat Indonesia masih terpuruk dalam kondisi ekonomi


lambang negara Indonesia


Saya akan menambahkan sedikit mengenai Indonesia dari segi hukum. Di UUD 1945 tertulis dengan jelas bahwa negara Indonesia adalah negara hukum. Mengapa Indonesia disebut negara hukum?  Itu dikarenakan hukum ditempatkan sebagai satu-satunya aturan main dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Indonesia cukup ketat mengenai hukum, meskipun masih banyak kekuarangan-kekurangan yang ditunjukkan.

Semoga jawaban yang saya berikan ini sesuai dengan apa yang anda tanyakan :)

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang