Apa pendapat orang Indonesia tentang Belanda?

Dilihat 3,2 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tentunya Indonesia akan selalu ingat dengan masa kelam dari sejarah Indonesia tentang penjajahan. Sebelum terbentuknya negara yang terdiri dari beberapa pulau ini, Indonesia menghadapi begitu banyak perjuangan untuk melawan para penjajah yang datang. 


Kelemahan Indonesia saat itu adalah rakyatnya yang sarat dengan kebodohan, sehingga mudah dijajah oleh bangsa lain. Sebut saja Negara Portugis, Belanda, dan juga Jepang yang melakukan penjajahan dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari negara kita. 


Periode penjajahan yang paling lama dalam sejarah adalah ketika Indonesia dijajah Belanda, yaitu selama 350 tahun atau 3,5 abad. Bisa anda bayangkan begitu lama orang Indonesia menderita di bawah penjajah Belanda yang terkenal kejam dan jahat. 


Hal itulah yang membangun paradigma buruk tentang kolonialisme di Indonesia yang pernah dilakukan oleh penjajah Belanda. 


penjajahan Belanda di Indonesia



Pendapat Orang Indonesia terhadap Belanda


Sewaktu saya masih kecil, saya selalu berpikir bahwa Belanda adalah penjahat yang sangat kejam. Ada banyak film nasionalis zaman dulu yang memperlihatkan bahwa Belanda itu buruk, jahat, dan kejam. 


Banyak orang Indonesia yang menyalahkan koloni Belanda sebagai penyebab korupsi dan kemiskinan di Indonesia. Hal ini dikarenakan oleh propaganda bapak pendiri bangsa dulunya terhadap kolonialisme di Indonesia


Banyak orang Indonesia yang tidak sadar tentang kenyataannya bahwa tanpa penjajahan Belanda tersebut tidak akan ada yang namanya negara Indonesia karena pulau Indonesia terdiri dari banyak kerajaan dulunya. Selama saya tumbuh dan belajar, saya mengerti kalau Belanda itu tidak seburuk yang diperlihatkan di buku sejarah atau film sejarah. 


Saya belajar tentang perencanaan kota yang diciptakan kolonial Belanda dan menemukan banyak perencanaan kota yang jauh lebih superior daripada perencanaan yang ada sekarang.


Sejarah Indonesia

Setelah tahun 1949, Belanda juga membantu dalam pengembangan dan pembangunan di Negara Indonesia. Selain itu Belanda juga mengakui kedaulatan atas kemerdekaan Indonesia setelah sebelumnya terjadi konflik pada tahun 1945-1950. 


Terdapat juga kata-kata dalam bahasa Indonesia yang dipinjam dari bahasa Belanda, tapi kebanyakan orang Indonesia tidak sadar akan hal ini. Saat itu beberapa orang Indonesia mampu menguasai bahasa Belanda namun bahasa Belanda tidak digunakan lagi di Indonesia


Pada zaman sekarang bahasa Indonesia lebih bergeser ke arah peminjaman kata dalam bahasa Inggris. Para pendiri bangsa Indonesia dahulu juga telah mendapatkan pengetahuan tentang tata pemerintahan dari Belanda dan sampai sekarang Indonesia banyak mengadopsi hukum yang berlaku pada masa pemerintahan Belanda. 


Bahkan, hukum orang Indonesia (terutama KUHP) masih merupakan turunan dari hukum kolonial lama. 


Sedangkan dalam hal pengaruh dunia populer, Indonesia lebih condong pada Negara Amerika Serikat daripada Negara Belanda.


dampak penjajahan Belanda



Keuntungan dan Kerugian Indonesia Dijajah Belanda


Sebenarnya dalam segala jenis kolonialisme yang dilakukan oleh beberapa negara pada negara lain terdapat keuntungan dan juga kerugiannya walau tentu yang lebih dirasakan adalah dampak buruknya. 


Termasuk saat Indonesia dijajah Belanda dalam waktu yang sangat lama juga meninggalkan beberapa keuntungan dan kerugian yang masih bisa kita rasakan sampai saat ini. Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian dari sejarah penjajahan Belanda di Indonesia.


Keuntungan dari penjajahan Belanda di Indonesia adalah:


  1. Adanya teknologi yang dibawa oleh Belanda ke Indonesia
  2. Pembangunan infrastruktur secara besar-besaran seperti akses jalan, transportasi, bangunan, dan sekolah.
  3. Adanya pendidikan di Indonesia (hanya berlaku untuk kaum Bangsawan).
  4. Menambah pengetahuan masyarakat Indonesia tentang bercocok tanam.
  5. Menambah pengetahuan baru tentang bahasa Belanda.
  6. Mengetahui tanaman yang dibutuhkan pasar Eropa.
  7. Terbentuknya beberapa organisasi di Indonesia.

    keuntungan penjajahan Belanda di Indonesia

Kerugian dari penjajahan Belanda di Indonesia:


  1. Rakyat semakin menderita karena praktek monopoli yang dilakukan Belanda.
  2. Adanya sistem tanam paksa yang diberlakukan Belanda.
  3. Terjadi kesenjangan sosial.
  4. Hasil pertanian yang dibeli dengan sangat murah.
  5. Tidak mendapat pendidikan bagi rakyat biasa.
  6. Banyaknya kasus kelaparan dan kematian.
  7. Banyaknya pemberontakan yang membuat banyak pahlawan Indonesia gugur.

Itulah beberapa keuntungan dan juga kerugian saat Indonesia dijajah Belanda. Begitu banyak penderitaan yang terjadi akibat penjajahan Belanda namun tidak membuat buruk hubungan antara kedua negara saat ini. 


Pendapat kami tentang Belanda sama seperti halnya pendapat kami terhadap negara lain yang tidak pernah menjajah negara kami, kami menganggap Belanda bukanlah Belanda yang dulunya kejam pada rakyat kami. Itu merupakan penggalan sejarah kelam antara kedua negara, kami harap pendapat orang Belanda kepada Indonesia juga demikian. 


Tentunya saat ini semua orang mengutuk segala jenis kolonialisme dan imperialisme di dunia yang sekarang sudah tidak berlaku lagi. Itulah sejarah kelam yang pernah terjadi di Indonesia yang juga berperan dalam mempersatukan kita dalam sebuah negara bernama Indonesia yang kini merdeka seutuhnya.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang