Apakah menyelam dan berenang berpengaruh terhadap kesehatan dan stamina unuk fitness?

Dilihat 929 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Menyelam merupakan kegiatan yang menyenangkan dan juga menyehatkan bagi tubuh. Lalu sebenarnya seperti apa dampak menyelam bagi kesehatan tubuh kita? 


Dari ilmu fisika kita tahu bahwa tekanan menjadi semakin besar saat kita menyelam semakin dalam. Tekanan turgor inilah yang membantu mengencangkan kembali sel-sel dan jaringan otot serta kulit. Tidak heran, jika orang yang sering berenang nampak lebih awet muda dan kulitnya lebih kenyal. Yang jelas, berenang ataupun menyelam memberikan kita sebuah latihan pernafasan yang efektif.


Menyelam memberi efek yang luar biasa terutama bagi paru-paru. Namun terlebih dulu kita perlu tahu teknik menyelam yang benar karena bagi pemula ada beberapa hal yang jika tidak dipelajari dengan benar bisa menimbulkan risiko. Udara yang terhirup secara konstan memungkinkan otot paru-paru dan organ paru terlatih dengan sempurna. 


Di samping itu kekuatan dan kelenturan otot tubuh juga mendapat manfaat yang luar biasa. Berbeda dari olah raga non air, baik menyelam maupun berenang tidak membuat orang berkeringat. Ini tentu sangat menguntungkan bagi kesehatan saluran kemih dan juga revitalisasi jaringan epitel secara umum.


Pengaruh lain yang tak kalah pentingnya yaitu menyelam maupun berenang melatih bagian otak yang berperan dalam menjaga keseimbangan dan konsentrasi. Agar bisa mengambang di dalam air tentu koordinasi antara gerakan tangan, kaki dan badan harus selaras sehingga banyak ahli menyarankan berenang dan menyelam sebagai olah raga untuk meningkatkan kecerdasan otak. 


Di sinilah kita akan menyadari pentingnya latihan pernafasan yang benar dan efektif


Untuk fitness atau kebugaran, kegiatan di bawah ar ini sangat berperan besar dalam memperlancar produksi hormon-hormon tubuh yang membuat seseorang merasa lebih bugar, fresh dan bebas dari stres. Jadi, sangat direkomendasikan untuk dicoba.



Kapasitas Paru-paru Sebagai Indikator Kesehatan


Paru-paru merupakan organ penting bagi tubuh manusia di mana jumlah oksigen yang diserap membantu banyak proses vital di dalam organ tubuh. Logikanya, semakin banyak oksigen yang kita hirup semakin besar bahan bakar untuk membakar zat-zat makanan menjadi energi dan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan.


Para pakar kesehatan dan kebugaran fisik menggunakan kapasitas paru-paru sebagai indikator kesehatan baik untuk orang awam maupun para atlit. Daya tampung paru-paru tiap orang berbeda-beda. Ada yang sejak dari kecil sudah memiliki kapasitas paru-paru yang super namun ada pula yang standar dan bahkan lemah.


Latihan pernafasan banyak diberikan oleh para instruktur olah raga tak terkecuali instruktur Scuba ataupun renang. Beraktivitas dalam kondisi oksigen terbatas di bawah air sangat mengandalkan kekuatan dan kapasitas otot paru-paru kita. Sebaliknya, aktivitas ini juga membuat paru-paru kita menjadi terlatih untuk kerja di atas ambang kapasitas bernafas kita. Oleh karena itu, menyelam dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas paru-paru.


menyelam 3


Apa saja kelebihan dari berenang dan menyelam?


Berenang dan menyelam merupakan olah raga favorit banyak orang. Syaratnya tentu harus bisa berenang dulu. Dibandingkan olah raga lain seperti jogging, bersepeda, berenang dan menyelam membakar lebih banyak kalori meski tidak membuat tubuh berkeringat. Ada beberapa hal yang menarik di dalam teknik menyelam yang dilakukan oleh para penyelam profesional untuk kita ketahui.


Banyak penelitian menunjukkan bagaimana mengenai kelebihan berenang dan menyelam, misalnya, orang yang memiliki hobi berenang ataupun menyelam menunjukkan kebugaran fisik yang lebih prima. Berenang dua kali atau lebih dalam seminggu terbukti meningkatkan metabolisme tubuh secara lebih efektif dibandingkan dengan olahraga lain.


Secara psikologis, para penggemar aktivitas di dalam air ini memiliki skill emosional yang menguntungkan bagi aktivitas penting dalam kehidupannya seperti dalam pekerjaan, rumah tangga ataupun bersosialisasi. Mereka merasa lebih mampu mengatasi kondisi-kondisi yang secara umum menyebabkan stress dan depresi.


menyelam 5


Scuba merupakan kegiatan yang efektif membakar kalori. Selain faktor gerakan otot-otot tubuh, tekanan eksternal dari air pada kedalaman tertentu membantu tubuh lebih efektif menghancurkan lemak menjadi energi di samping memperlancar aliran darah. Dengan lancarnya aliran darah ini, fungsi jantung dan arteri dikembalikan ke posisi idealnya. Meskipun begitu, teknik diving atau menyelam yang baik harus tetap diperhatikan supaya memberikan hasil yang diinginkan. 


Jadi, bagi Anda yang memiliki risiko darah tinggi, penyakit jantung, pengeroposan tulang dan gangguan organ dalam tubuh, berenang dan menyelam bisa menjadi alternatif yang menyehatkan sekaligus menyenangkan. 


Namun tentunya dasar-dasar skill berenang harus dikuasai dulu. Selanjutnya, untuk bermain Scuba seorang instruktur diperlukan sebelum Anda benar-benar mahir karena ada peralatan seperti tabung oksigen yang akan Anda bawa menyelam. Namun jangan lupa, Anda perlu menguasai teknik menyelam dengan belajar pada instruktur yang sudah berpengalaman.


Kekuatan dan ketahanan fisik di saat menyelam benar-benar diuji dan tentunya seseorang akan mampu menyeimbangkan gerakan motorisnya dengan konsentrasi dan kesetimbangan mentalnya. Untuk kita yang tinggal di negara tropis dengan banyak sungai dan laut tentu bukan hal yang sulit menemukan area berenang yang nyaman.


menyelam 4


Mengapa orang-orang sering mengabaikan rutinitas olahraga yang baik untuk kesehatan?


Olah raga menyehatkan dan penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh semua orang pasti sepakat. Tapi dalam prakteknya, sedikit sekali orang yang mau berolahraga secara rutin. Ada banyak alasan yang menjadi penyebab orang malas berolahraga, mulai dari yang masuk akal sampai yang sangat tidak masuk akal. 


Jika diselidiki, ternyata paling banyak di antara kita enggan berolahraga secara rutin adalah karena faktor malas. Setuju?


Kesibukan dan rutinitas sehari-hari di era modern ini memaksa orang menanggung aktivitas yang tidak baik bagi tubuh. Contohnya, para pekerja kantoran harus duduk hampir sepanjang hari guna menyelesaikan pekerjaannya di depan komputer. Belum lagi jika disertai ngemil atau makanan ringan yang tinggi kadar garam dan gula. Tidak heran perut mereka mudah buncit dan obesitas menjadi gejala yang umum. 


Jadi, latihan pernafasan selama berolahraga terutama olahraga air sangat membantu mengembalikan mood dan motivasi kita untuk terus berolahraga.


Ternyata, pola hidup tidak sehat ini sangat berhubungan dengan mengapa orang-orang malas berolahraga secara rutin. Pada mulanya olah raga itu berat tetapi apabila dilakukan secara konsisten dan disiplin kita pasti akan ketagihan untuk terus melakukannya dan bahkan menambah porsi olahraga kita. Dan salah satu jenis olahraga yang sangat bagus adalah berenang dan menyelam.

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang