Bagaimana cara mengatasi dan mencerahkan bibir gelap?

Dilihat 1,15 rb • Ditanyakan hampir 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Banyak orang mencari cara memerahkan bibir secara alami. Bibir merah memberi kesan bibir yang sehat dan secara estetis terlihat lebih indah. 


Berbagai produk kecantikan telah hadir untuk membantu setiap orang mendapatkan bibir yang berpenampilan sehat dan merah merekah. Karena wajah, termasuk bibir, adalah bagian tubuh yang pertama kali dilihat oleh orang lain. 


Selain bibir yang sehat, wajah yang tampak mulus bebas jerawat yang menjadi daya tarik khusus dari seorang wanita. Terkait Perawatan alami untuk jerawat akan dibahas secara tersendiri, tidak dalam bahasan yang ini.


Sebenarnya, tidak sedikit pula bahan alam di sekitar kita bisa dimanfaatkan. Kira-kira bahan alami apa saja ya yang paling cocok untuk memerahkan bibir?



Cara Memerahkan Bibir yang Gelap


Pertama


Cara memerahkan bibir secara alami yang pertama adalah dengan mencampur beberapa tetes minyak zaitun dengan satu sendok teh gula pasir. 


Pakailah campuran ini untuk mengelupas lapisan luar bibir yang biasanya merupakan akumulasi dari sel-sel kulit yang sudah mati atau menua. Lalu bilas dengan krim pelindung bibir atau pelembab bibir. 


Selain karena kulit sel yang mati, bibir gelap atau hitam bisa juga dikarenakan oleh kondisi pikiran yang tegang atau depresi. Dalam hal pembahasan tentang Pengobatan paling efektif untuk depresi dan cemas saya akan mengulasnya lain kali, dengan topik yang sesuai.


cara mengatasi bibir gelap

Kedua


Cara praktis dan mudah yang sering dilakukan orang adalah memerahkan bibir menggunakan odol. Cara memerahkan bibir dengan odol hanya perlu mengoleskan odol pada bagian bibir. 


Hasilnya memang bagus tapi ada juga kontra terhadap cara ini karena jika berlebihan akan membuat bibir malah pecah-pecah dan sariawan.


Ketiga


Selain cara memerahkan bibir dengan odol, cara selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Lemon juga digunakan untuk merawat bercak kulit gelap dan bintik-bintik seperti sifat pemutihan yang akan memungkinkan kulit Anda secara alami mengurangi bibir gelap. 


Peras lemon dan pakaikan air lemon pada bibir Anda sebelum tidur. Ikuti treatment sederhana ini setiap hari selama beberapa bulan. Atau jika ingin yang lebih praktis, irislah sebagian lemon secara tipis lalu taburi sedikit gula di atasnya untuk kemudian digosokkan pada bibir. 


Jika dilakukan secara teratur, bibir merah merekah bisa didapatkan dalam waktu cepat.

 cara memerahkan bibir secara alami

Keempat


Ubi Bit juga bisa dijadikan bahan untuk memerahkan bibir yang nampak gelap. Caranya yaitu gunakan ubi bit segar pada permukaan bibir sebelum tidur lalu bersihkan di pagi harinya. 


Warna merah alami jus bit akan membuat bibir gelap juga menjadi kemerah-merahan. Lakukan secara rutin sebelum tidur. Ada pula cara lain yaitu mencampur jus bit dan jus wortel. Setelah itu oleskan campuran ini pada bibir dan pijat dengan lembut selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. 


Lakukan ini sekali sehari selama satu atau dua minggu agar anda berhasil mendapatkan bibir merah yang khas dan lebih menarik.

 menghilangkan bibir hitam

Selain lipstik, ada banyak bahan alami lain yang bisa dipakai untuk memerahkan bibir. Sedangkan untuk pemakaian lisptik guna mempercantik penampilan bibir Anda, bisa dibaca di Lipstik untuk Mempercantik Bibir.



Penyebab Bibir Tampak Gelap


Setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin memerahkan bibir, yaitu:


  • Bahwa penyebab bibir gelap itu macam-macam, mulai dari efek merokok yang cukup lama, sel-sel kulit mati, ditambah lagi dengan kebersihan yang kurang. Lemak bercampur dengan debu dan sel-sel kulit mati bisa menjadi penyebab bibir Nampak lebih gelap. Untuk mengatasi hal ini diperlukan bahan dengan kandungan alami vitamin C atau asam sitrat agar kotoran-kotoran tersebut luntur. Jadi, sekalipun warna bibir memang agak gelap, kondisi yang bebas dari kotoran dan sel kulit mati memberi kecerahan yang beda pada bibir.  
  • Bahwa seperti kulit, bibir pun perlu dinutrisi. Gunakan pelembab bibir dengan kandungan Vitamin E untuk membantu proses peremajaan kulit. Bibir yang mendapat nutrisi cukup tentu akan tampil sehat dan lebih cantik. Ada banyak nutrisi yang bisa digunakan untuk peremajaan kulit. Salah satunya dapat diambil dari susu. Namun bagi yang peka terhadap laktosa yang terkandung dalam susu, silakan membaca Terapi untuk intoleransi laktosa, sehingga masih bisa memperoleh nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, wajah, serta bibir Anda.

cara alami menghilangkan bibir hitam


Nah, kalau dilihat dari beberapa cara memerahkan bibir secara alami di atas, kira-kira mana yang paling mujarab? 


Kalau saya sih pilih cara memerahkan bibir dengan odol. Meski tidak seratus persen alami, odol bekerja lebih cepat memerahkan bibir. Saya sendiri pernah membuktikannya. Namun jangan terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan sariawan dan bibir pecah-pecah. 


Untuk sejumlah tips merawat bibir agar tetap sehat dan tampak seksi selalu bisa diikuti di Tips Perawatan Bibir.


Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang