Apa pentingnya kebersihan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran?

Dilihat 437 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kebersihan merupakan pangkal kesehatan, yang artinya bahwa kebersihan itu merupakan sumber bagi kesehatan, bila kita selalu menjaga kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungan maka tubuh kita akan menjadi sehat dan membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Masyarakat sebaiknya mengenal sanitasi agar selalu tercipta hidup sehat. 

Pengertian sanitasi itu sendiri adalah suatu usaha atau perilaku untuk membiasakan hidup bersih dengan menghindari bersentuhan dengan kotoran dan limbah yang berbahaya agar senantiasa tercipta lingkungan bersih dan sehat. Pengertian kebersihan lingkungan bisa dikatakan sebagai bagian dari kesehatan. Kesehatan merupakan hal yang penting bagi manusia, karena dengan tubuh yang sehat dan bugar kita bisa melaksanakan aktivatas kita sehari-hari dengan maksimal. 


Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan karena lingkungan yang kotor, seperti demam berdarah, penyakit kulit, diare, dan penyakit yang menyerang pernafasan. Manusia hidup secara berkelompok dalam suatu masyarakat, oleh karena itu untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat harus adanya kerjasama dalam masyarakat tersebut. Masyarakat diharapkan bukan hanya tahu arti dari pengertian sanitasi dan pengertian kebersihan lingkungan, tetapi harus bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena sangat penting demi terciptanya lingkungan yang sehat. 


Namun, bagaimanakah penjelasan lebih lanjut mengenai hubungan kebersihan masyarakat dengan kesehatan? Mari simak penjelasan di bawah ini!


kesehatan dan kebugaran


Menciptakan Sanitasi Lingkungan


Kita akan merasa nyaman bila lingkungan di sekitar kita, baik itu di lingkungan rumah maupun tempat kerja dalam keadaan bersih, tertata rapi, tidak bau, dan juga asri. Peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat sangat diperlukan, masyarakat juga harus peduli terhadap sanitasi lingkungan sekitarnya. Menciptakan sanitasi yang baik adalah tanggung jawab bersama, dengan sanitasi yang baik maka akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakatnya. Sanitasi biasanya dikaitkan dengan sanitasi lingkungan dan untuk memperoleh lingkungan yang sehat dan bersih harus muncul dari kesadaran sendiri, tidak boleh merasa dipaksakan.


Dari pengertian sanitasi yang telah disebutkan sebelumnya, kita bisa mengetahui bahwa sanitasi itu berhubungan dengan menjaga kesehatan tubuh kita dan juga lingkungan sekitar kita. Permasalahan yang umum dihadapi dalam sanitasi lingkungan misalnya adalah pembuangan sampah, pembuangan limbah (manusia, hewan, dan industri), kebutuhan air bersih, dan udara yang bersih. 

Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menangani masalah sanitasi, seperti:

  • Pengadaan air bersih 
  • Bantuan jamban umum 
  • Pengelolaan limbah, limbah dari manusia, hewan dan industri 
  • Adanya pengelolaan pembuangan sampah yang tepat dan teratur 
  • Pengaturan saluran pembuangan air hujan 
  • Melakukan penghijauan di lingkungan  
  • Bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar 

kesehatan dan kebugaran


Sanitasi lingkungan Itu sangat penting sekali. Kebersihan masyarakat bisa disebut sebagai penanganan preventif untuk sebagian besar penyakit. Sekitar 97% penyakit berasal dari kondisi air yang tidak higienis. Penyakit mematikan seperti kanker adalah akibat limbah lingkungan seperti plastik, makanan siap-saji, sintetis, dll. Mereka bisa dicegah oleh kesadaran masyarakat dan kebersihan lingkungan sekitar kita.



Kebersihan Lingkungan dan Manfaatnya


Lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman dan sehat. Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat adalah kewajiban dan tanggung jawab kita semua termasuk juga pemerintah, bila semua pihak saling bekerjasama maka akan lebih mudah dan cepat menciptakan lingkungan bersih yang kita idamkan. Lingkungan membawa berbagai dampak bagi kehidupan manusia, baik itu lingkungan yang kotor maupun lingkungan yang bersih. 

Bila lingkungan kita kotor maka dampaknya seperti:

  • Mudah terserang berbagai macam penyakit seperti DBD, diare, cacingan, kolera, penyakit kulit dan pencernaan lainnya. 
  • Terjadinya banjir dari kebiasaan membuang sampah sembarangan sehingga menyumbat jalannya, banyaknya genangan air akan mengakibatkan nyamuk mudah berkembang biak. Hal inilah yang kemudian memicu DBD dan malaria.  
  • Sampah yang menumpuk menyebabkan bau yang tidak sedap dan bisa menjadi sarang penyakit.
  • Terjadinya pencemaran air, menjadikan air tidak sehat untuk dikonsumsi 
  • Pencemaran udara, menyebabkan polusi udara yang akan mengganggu kesehatan tubuh terutama menghambat saluran pernapasan, terjadinya ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas), penyakit yang menyerang paru-paru misalnya asma, TBC, dan lain sebagainya.

kesehatan dan kebersihan


Dengan pengertian sanitasi maka kita semua mengetahui betapa pentingnya kebersihan lingkungan bagi manusia, untuk itu kita harus peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Agar kita terhindar dari hal-hal tersebut, dibutuhkan kesadaran kita untuk secara bersama-sama bisa menjaga kebersihan lingkungan. 


Pengertian kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan kita menjadi bersih, indah, asri, dan sehat. Untuk itu kita semua yang harus bertanggung jawab menjaga dan melestarikannya. 

Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, misalnya:

  • Biasakan membuang sampah pada tempatnya jangan membuang sampah sembarangan karena lingkungan akan jadi kotor, banjir , bau, dan bisa mengundang lalat dan serangga datang. Selain itu, tumpukan sampah juga menjadi sumber kuman dan bakteri sehingga bisa menyebabkan penyakit pada manusia. Dan tempat sampah hendaknya dipisah antara sampah organik dan anorganik, agar memudahkan pemilihan jenis sampah untuk pengolahannnya, mana sampah yang bisa didaur ulang dan mana sampah yang bisa dibuat kompos.   

kesehatan dan kebugaran


  • Membersihkan lingkungan sekitar seperti, selokan yang penuh dengan sampah agar aliran airnya menjadi lancar. 
  • Melakukan penghijauan dengan melakukan penghijauan bisa memberikan udara yang sejuk dan sehat bagi pernapasan kita karena mengurangi polusi udara. Menanam pohon juga bisa membantu penyerapan air di bawah tanah, sehingga airnya menjadi bersih dan aman untuk dikonsumsi, selain itu bisa mencegah terjadinya longsor.  
  • Penyaringan limbah, adanya penangan terhadap limbah dengan cara disaring. Limbah yang berbahaya dapat menimbulkan pencemaran air, mengganggu kesehatan manusia dan juga merusak ekosistem di dalam air. 
  • Menggunakan bahan-bahan kimia sesuai dengan aturannya, seperti menggunakan detergen, sabun, pembersih lantai, pemutih, termasuk obat-obat pertanian, dan lainya. 
  • Menerapkan 4R, Reduce yaitu mengurangi pemakaian benda-benda yang menjadi sampah, Reuse yaitu menggunakan kembali benda-benda yang masih bisa dipakai, Recycle yaitu mendaur ulang sampah atau benda yang tidakterpakai menjadibenda yang bermanfaat dan Replace yaitu mengganti barang-barang yang kita gunakan dengan yang lebih ramah lingkungan. 

kesehatan dan kebugaran


Dengan melakukan kebiasaan di atas maka lingkungan masyarakat akan selalu bersih dan berdampak pada kehidupan kita semua akan sehat dan tentunya juga badan kita juga selalu bugar karena udara yang kita hirup bersih dan tidak gampang sakit. Menjaga kesehatan dan kebugaran tidak hanya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga tapi menghirup udara bersih juga dapat menjaga kesehatan dan kebugaran badan.

Intinya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tidak cukup hanya dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi saja, kita juga harus menjaga agar lingkungan di sekitar kita tetap sehat dan bersih. Lingkungan yang bersih merupakan keadaan ketika lingkungan tersebut terbebas dari berbagai macam pencemaran, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.


Kesimpulannya, kita semua harus menjaga kesehatan dan kebugaran baik kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan sekitar dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan adanya kebersihan lingkungan, kita dapat menciptakan kesehatan dan kebugaran karena udara bersih yang segar dan air yang kita minum juga bersih, jauh dari pencemaran sehingga jantung dan paru-paru menjadi sehat

Pasti kita semua setuju bahwa kebersihan adalah pangkal kesehatan, kalau badan kita sehat jiwa kita juga tentunya akan sehat!


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang