Apa yang menyebabkan perokok selalu batuk-batuk?

Dilihat 616 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Pertanyaan ini terlihat remeh tetapi kita semua tahu bahwa merokok merupakan penyebab utama seseorang menjadi batuk. Jangankan merokok, menghirup asap dari orang merokok di sekitar kita saja bisa menjadi penyebab batuk. Sama seperti asap dari knalpot, pembakaran kayu, plastik atau apapun, tersumbatnya saluran pernapasan oleh pengotor udara dalam kadar tertentu bisa menyebabkan seseorang batuk dan tersedak. 


Tepatnya bagaimana?


Dalam kasus perokok, bahan kimia seperti tar dan nikotin yang terkandung dalam tembakau bisa menyebabkan sel-sel dan jaringan pada sistem respirasi kita terganggu dan menganggapnya sebagai sebuah ancaman. Akibat merokok, jaringan dan sel-sel ini bereaksi untuk melawannya dan inilah sumber ketidaknyamanan saat kita batuk. Batuk secara refleks menolak ancaman dan berusaha mengeluarkannya dari dalam tenggorokan dan paru-paru. Namun apabila sepanjang saluran menuju paru-paru kita sudah resisten atau kebal batuk terkadang tidak lagi timbul. Di sinilah kita perlu super waspada.

rokok dan perokok

Tidak adanya respon yang spontan atau refleks menjadi indikasi bahwa racun yang terkandung dalam rokok kemungkinan besar terbawa masuk ke dalam paru-paru. Sebuah penelitian tentang bahaya merokok bagi kesehatan, telah menunjukkan sifat silio toksik dari racun rokok. Artinya sebatang rokok berkemampuan membuat mati sebatang silia di dalam saluran nafas. Ketika rambut getar ini sebagian besarnya sudah mati maka akan timbul gejala antara lain batuk berdahak yang berkembang menjadi kronis.


Gejala yang lebih parah lagi dari batuk adalah terjadinya sesak napas. Sesak napas akibat rokok ini bisa menimpa bahkan mereka yang tidak memiliki riwayat asma. Jika Anda perokok dan mulai merasakan sesak napas yang membandel segeralah periksakan diri ke dokter. Bisa saja gejala ini disebabkan atau diperburuk oleh faktor lain seperti jaringan paru yang rusak ataupun bengkak. Paru-paru yang membengkak membuat oksigen kesulitan mencapai bagian terpenting dan tentu ini akan membahayakan organ-organ tubuh lain. Perlu diingat betapa vitalnya peran oksigen bagi seluruh sistem tubuh kita.


rokok 2

Apakah batuk kronis pada perokok merupakan tanda yang berbahaya?



Batuk kronis pada perokok bisa dikarenakan oleh berbagai hal dan hal ini memang menjadi tanda penyakit yang berbahaya. Apabila Anda perokok berat, pastikan Anda mencurigai gejala ini dan cepat-cepat periksakan diri ke dokter. Riwayat penyakit atau gangguan kesehatan baik berupa faktor genetik ataupun gaya hidup yang tidak sehat bisa saja memperburuk kondisi batuk. Misalnya orang yang bekerja di lingkungan penuh debu atau asbestos rentan mengalami batuk kronis, apalagi jika diperparah dengan kebiasaan merokok berat. 


Penyakit berbahaya seperti pneumonia dan kanker atau tumor pada paru-paru bisa berawal dari gejala-gejala batuk kronis seperti ini.


Gejala batuk kronis berikutnya yang patut dicurgai adalah nyeri dada. Kanker paru-paru awalnya ditandai dengan nyeri dada yang hebat setelah penderita mengalami fase batuk kronis yang sifatnya menahun. Nyeri ini timbul karena penyempitan pada rongga dada jadi seterlambat apapun Anda menyadarinya segera datangi dokter dan pastikan Anda mendapat informasi yang lebih akurat tentang kondisi Anda. Dokter memiliki penilaian yang membantu terkait penyebab batuk yang kita alami.


Penyakit berbahaya memang bisa dipicu oleh banyak faktor tetapi merokok jelas memberi peluang yang lebih besar bagi faktor-faktor tersebut untuk membuat kesehatan paru-paru Anda terancam. Asap rokok meninggalkan noda di sepanjang saluran pernapasan dan terutama pada paru-paru. 


Jika dibiarkan dan merokok terus dilakukan selama bertahun-tahun, maka fleks pada paru-paru ini berpotensi menjadi penyebab timbulnya sel-sel kanker. Akibat merokok mampu menstimuli gejala-gejala penyakit lain termasuk kulit kering dan gangguan pada fungsi jantung.


rokok 3


Bagaimana cara pengobatan batuk kering yang sederhana untuk perokok berat?


Batuk kering pada perokok bisa diredakan dengan pengobatan yang sederhana, salah satunya adalah dengan banyak minum air putih. Asupan cairan ke dalam tubuh membantu sel-sel pada saluran pernapasan untuk lepas dari dehidrasi sehingga mendukung lepasnya residu-residu yang menempel. Batuk kering tidak bisa hilang begitu saja, meski dalam beberapa kasus ada yang cepat sembuh. Coba juga untuk menggunakan bahan-bahan tradisional seperti perasan air jeruk nipis untuk membuat tenggorokan Anda lebih nyaman.


Perokok berat memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami batuk kering. Jadi, jika Anda masuk kelompok risiko tinggi ini segeralah menghentikan kebiasaan merokok Anda. Memang ada banyak penyebab batuk kering, tetapi kebiasaan merokok tetap harus diwaspadai. Ketidaknyamanan akibat berhenti dari merokok jauh lebih mudah dibandingkan dengan kondisi ketika Anda sudah mengalami batuk kronis. Berhenti merokok tidak semudah mengucapkannya tetapi beberapa hal bisa Anda coba terutama dengan memperbaiki asupan gizi pada tubuh.

perokok

Elemen yang sering terkikis saat kita merokok adalah kalsium dan vitamin C. Itulah mengapa resiko osteoporosis sangat tinggi di kalangan perokok jika dibandingkan dengan non perokok. Jika Anda masih sulit menghentikan kebiasaan merokok Anda setidaknya mengurangi dan mengimbanginya dengan banyak makan sayuran hijau dan buah-buahan. Makanan kaya serat memperbaiki fungsi sel dan jaringan pada saluran pernapasan sehingga memberi mereka amunisi untuk melawan efek buruk merokok.


Kabar baiknya adalah berhenti merokok efeknya sudah bisa dirasakan bahkan sejak 24 jam pertama. Jika Anda mampu bertahan tidak merokok selama satu minggu, menurut beberapa penelitian, sirkulasi darah akan kembali normal seperti ketika Anda tidak merokok. Jika terus dipertahankan selama beberapa bulan bahkan sampai setahun efek candu merokok bisa hilang dan Anda akan merasa terganggu oleh asap rokok baik yang coba Anda hisap maupun saat Anda berdekatan dengan orang lain. Akibat merokok seperti kulit kering dan bibir kehitaman juga bisa hilang seiring waktu.

paru-paru sehat

Apa penyebab batuk kering terus menerus pada perokok?


Penyebab batuk kering pada perokok bisa beragam, namun tentu saja batuk kering timbul karena mekanisme pertahanan sel kita menghendaki demikian. Mula-mula racun yang terbawa oleh asap rokok ikut keluar bersama batuk spontan dan nafas yang kita hembuskan keluar. Tetapi paparan yang lebih lama dan intens atas asap rokok membuat saluran pernapasan kita terganggu terutama akibat efek penyempitan. Jadilah batuk kering yang mengganggu kita siang malam.

Akibat merokok sudah jelas merugikan baik secara finansial, lebih-lebih dari sudut pandang kesehatan. Jadi sebelum terlambat segera hentikan kebiasaan merokok Anda. Memang sekali lagi tidak mudah, tetapi banyak bergaul dengan non perokok dan membaca tips-tips bisa sangat membantu.

Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang