Apa penyebab diabetes

Dilihat 909 • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Diabetes apa maksudmu sebenarnya? "Diabetes" aslinya berasal dari Yunani kuno dan artinya "Mengeluarkan urin secara berlebihan". Ada banyak penyakit yang dapat menyebabkan hal ini, dan dari yang kuingat, aku dapat menjelaskan tentang diabetes mellitus tipe 1, diabetes mellitus tipe 2 dan diabetes insipidus. Aku tahu endokrinologis dapat memberitahumu diabetes yang lain, tetapi yang kusebutkan tadi itu yang paling umum. Masing-masing merupakan gangguan yang berbeda dengan penyebab dasar yang berbeda pula.

Diabetes Mellitus Tipe 1 dideskripsikan sebagai sebuah gejala dimana seseorang kehilangan insulin yang memproduksi sel dalam pankreas. Hal ini dapat terjadi ketika tubuh menyerang selnya sendiri, dimana penyebabnya itu dideskripsikan sebagai auto-imun, atau hal ini dapat terjadi dengan alasan yang belum dipastikan, dimana kasus seperti ini dikatakan sebagai idiopatik. 

Orang yang mengalami penyakit ini tidak dapat bertahan hidup tanpa sumber insulin dari luar, yang kebanyakan diberikan dengan injeksi (suntikan). Diabetes seperti ini sepenuhnya tidak berhubungan dengan gaya hidup, dan biasanya terjadi pada anak-anak (dulunya disebut sebagai "diabetes remaja"). Dikatakan, penyakit ini cenderung dikarenakan adanya gen tertentu, tetapi penyakit ini hanya menjadi nyata setelah ada pemicu dari lingkungan seperti infeksi virus.

Diabetes Mellitus Tipe 2 mungkin adalah penyakit yang kebanyakan orang maksudkan sebagai diabetes. Disini, pasien masih memproduksi insulin, tetapi tidak cukup, atau sel mereka yang lainnya itu kebal terhadap aksi insulin, jadi banyak gejala dari diabetes tipe ini yang mirip dengan orang yang tidak mempunyai insulin. Disini, tidak ada penyebabnya, tetapi lebih ke angka setiap faktor yang meningkatkan resiko terkena penyakit ini. 

Gen memang memainkan perannya disini. Kelebihan lemak dalam tebuh itu kebanyakan berhubungan dengan kasus ini. 7% dari kasus dikatakan dapat disebabkan karena kurang olahraga. Asupan makanan juga salah satu faktornya, terutama lemak jenuh, minuman manis (bergula), dan nasi putih. 

Diabetes Insipidus tidak ada hubungannya dengan gula atau insulin. Diabetes ini disebabkan oleh tidak cukupnya sekresi hormon antidiuretik (hormon ADH) dalam kelenjar dibawah otak, atau sensitivitas yang buruk pada hormon didalam ginjal. Diabetes ini memiliki penyebab dasar yang jangkauannya luas, termasuk penyakit auto-imun, masalah vaskular, infeksi, luka dikepala, tumor, atau gestational. Banyak kasus dideskripsikan sebagai idiopatik, yang artinya tidak ada penyebab dasar yang dapat ditemukan.

Terjawab hampir 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang