Apa penyebab rambut rontoh dan bagaimana cara mencegahnya?

Dilihat 657 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Kebotakan atau rambut rontok biasanya adalah suatu hal yang hanya orang dewasa khawatirkan. Tapi, terkadang anak-anak remaja juga rontok rambutnya, dan bisa saja itu tanda kalau ada sesuatu yang sedang terjadi. Memang benar kalau pria rentan mengalami rambut rontok daripada pria, kebanakan karena pola kebotakan pria. Tapi penipisan rambut dan rambut rontok juga umum pada wanita, dan tidak sedikit yang demoralisasi. Alasannya bisa dari kekuarangan vitamin yang simpel dan sementara sampai yang lebih rumit, seperti kondisi kesehatan dasar. Rambut rontok pada masa remaja bisa berarti seseorang mungkin sakit atau hanya tidak makan dengan benar. Beberapa obat atau pengobatan medis (seperti kemoterapi) juga bisa menyebabkan rambut rontok. Bahkan seseorang bisa rontok rambutnya kalau mereka memakai gaya rambut (seperti kepang) yang menarik rambut dalam waktu yang lama.

Kerontokan rambut bisa bikin stress. Sering kali, rambut rontok saat remaja itu sementara. Dengan kerontokan rambut yang sementara, rambutnya biasanya akan tumbuh kembali setelah masalah yang menyebabkannya dibenarkan. Rambut itu dibuat dari semacam protein yang disebut sebagai keratin. satu helai rambut memiliki batang rambut (bagian yang terlihat), akar dibawah kulit, dan folikel. Folikel ini adalah dimana warna pigmen rambut, atau melanin, dihasilkan. Kebanyakan orang rambutnya rontok sekitar 50 sampai 100 kepala rambut per hari. Rambut-rambut ini diganti dengan rambut yang tumbuh kembali dari folikl yang sama dikepalamu. Jumlah kerontokan rambut itu benar-benar normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Kalau rambutmu rontok lebih dari itu, berarti, mungkin memang ada hal yang salah. Kalau kamu mengalami rambut rontok dan tidak tahu apa penyebabnya, bicarakan dengan doktermu. Seorang dokter dapat memastikan kenapa rambutmu itu terjatuh dan menyarankan pengobatan yang tepat, kalau perlu. Ini beberapa penyebab rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok

  • Obat-obatan Medis
    Terkadang resep obat dokter memiliki eek samping yang menyebabkan rambut rontok. Hal ini termasuk obat-obatan anti-tiroid, terapi hormon (seperti pil KB), anti-convulsant (untuk epilepsi), anti-koagulasi, beta-blocker, dan banyak lagi. Obat-obatan ini cenderung menyebabkan telogen effluvium, perontokan rambut secara bertahap yang terjadi ketida banyak rambut yang tiba-tiba bergeser dari fase bertumbuh (dikenal sebagai anagen) ke fase istirahat (dikenal sebagai telogen), dan kemudian rontok ketika rambut baru mulai tumbuh.

  • Penyakit atau Kondisi Medis
    Kondisi endokrin (hormonal), seperti diabetes yang tidak terkontrol atau penyakit tiroid, bisa mengganggu produksi rambut an menyebabkan rambut rontok. Orang dengan lupus juga bisa mengalami rambut rontok. Ketidakseimbangan hormon yang terjadi dalam gejala ovarium polikistik bisa menyebabkan rambut rontok pada remaja wanita dan juga wanita dewasa.

  • Alopecia areata
    Penyakit kulit ini menyebabkan rambut rontok pada kulit kepala dan terkadang ditempat lain dibagian tubuh. Sekitar 1 dari 50 orang mendapatkan tipe alopecia ini pada titik tertentu dalam hidup. Peneliti berpikir kalau alopecia areata adalah gangguan automun dan folikel rambut itu dirusak oleh sistem imun orang itu sendiri. Alopecia areata biasanya mulai sebagai satu atau lebih petak bulat di kulit kepala. Ini bisa membesar. Dalam sedikit kasus, orang akan kehilangan seluruh rambutnya. Baik pria maupun wanita bisa mengalami ini, dan sering kali dimulai dalam balita. Rambutnya biasanya tumbuh kembali dalam waktu setahun, tapi tidak selalu. Terkadang orang dengan alopecia areata kehilangan rambut mereka lagi.

  • Perawatan dan Mengatur Gaya Rambut
    Perawatan yang menggunakan bahan kimia, seperti warna rambut, pemutih, meluruskan, atau perm bisa menyebabkan kerusakan rambut yang membuat rambut patah atau rontok sementara. Hal yang sama bisa terjadi ketika menggunakan terlalu banyak panas pada rambutmu (seperti menggunakan setrika panas atau pengering rambut panas). Tipe kebotakan lain yang datang dari pengaturan gaya rambut bisa permanen: Menggayakan rambutmu yang menarik rambut terlalu ketat bisa menyebabkan ssuatu yang disebut sebagai alopecia traksi. Alopecia traksi bisa memberikan kerusakan permanen pada folikel rambut kalau kamu menggunakan gaya rambut yang menarik rambutmu dalam waktu yang lama. Kalau kamu membuat gaya rambut dan terasa sakit, minta stylist nya mengulanginya supaya tidak sakit. Rasa sakit itu tanda terlalu banyak tarikan pada rambut.

  • Nutrisi Buruk
    Tidak makan makanan sehat yang cukup bisa membuat rambut rontok, Inilah mengapa beberapa orang dengan gangguan makan seperti anorexia dan bulimia kehilangan rambut mereka: Tubuh tidak mendapatkan protein, vitamin, dan mineral yang cukup untuk mendukung pertumbuhan rambut. Beberapa orang yang vegetarian juga bisa mengalami rontok kalau mereka tidak mendapat cukup protein dari sumber non-daging. Dan beberapa atlit memiliki resiko lebih tinggi mengalami rambut rontok karena mereka cenderung membentuk ketidakseimbangan zat besi, anemia.

  • Gangguan Siklus Pertumbuhan Rambut
    Beberapa kejadian utama bisa mengganggu siklum pertumbuhan rambut sementara. Contohnya, melahirkan bayi, melakukan operasi, mengalami kejadian traumatis, atau memiliki penyakit serius atau demam tinggi bisa menyebabkan kerontokan rambut yang besar sementara. Karena rambut yang kita lihat diatas kepala kita sebenarnya membutuhkan waktu sebulan untuk tumbuh, seseorang mungkin tidak sadar gangguan apapun pada siklus pertumbuhan rambut mereka sampai sebulan setelah kejadian yang menyebabkannya. Tipe rambut rontok ini bisa sembuh sendiri.

  • Trichotillomania
    Trichotillomania adalah gangguan psikologis dimana seseorang berulang-ulang mencabut rambut mereka sendiri, sering meninggalkan petak botak. Itu bisa meninggalkan area kebotakan dan merusak rambut dengan cara yang berbeda. Walau masih kurang jelas apakah trichotilomania harus diklasifikasikan sebagai kebiasaan atau sebagai gangguan obsesif-kompulsif, hasil akhirnya itu sama saja. Sering kali, bagian botak akan muncul. Kalau kebiasaannya berhenti, rambut akan kembali tumbuh, tapi dengan trichotilomania yag berlebihan dan berjangka waktu lama, melukai kulit kepala bisa menghasilkan, mengarah ke kerontokan rambut permanen di lokasi yang terpengaruh! Orang dengan trichotilomania biasanya butuh bantuan dari terapis atau profesional kesehatan mental lainnya sebelum mereka bisa berhenti menarik rambut mereka itu.

  • Pola Kebotakan atau Androgenetic alopecia
    Untuk orang dewasa, penyebab paling umum rambut rontok adalah androgenetic. Hal ini terkadang disebut sebagai pola kebotakan pria atau wanita. Kondisi ini disebabkan oleh kombinasi dari beberapa hal, termasuk gen dan hormon seseorang yang disebut androgen. Kerontokan rambut seperti ini terkadang bisa mulai awal di tengah-tengah remaja. Hal ini juga bisa terjadi pada orang yang mengambil steroid seperti testosteron untuk membentuk tubuh mereka.

  • Stress
    Operasi trauma fisik apapun, kecelakaan mobil, atau penyaki psikologis stress yang parah (seperti kematian dalam keluarga), bahkan flu bisa menyebabkan rambut rontok sementara. Stress yang parah cenderung mengirim tubuh kdalam keadaan syok, membanjirinya dengan metabolisme dan hormon yang beragam. Hal ini dapat memicu tipe kerontokan rambut yang disebut sebagai telogen effluvium. Rambut punya siklus hidup yan diprogramkan: fase pertumbuhan, fase istirahat dan fase perontokan.

  • Infeksi
    Walaupun beberapa angka infeksi bisa menyebabkan rambut rontok, infeksi paling umum yang mempengaruhi kulit kepala dan rambut adalah kurap. Jangan biarkan namanya membodohimu: Kurap sebenarnya disebabkan oleh jamur. Tinea capitis, adalah nama yang ilmiahnya yang terkenal, disebabkan oleh jamur yang disebut sebagai dermatophytes yang berkembang dalam kondisi hangat, lembab dan tumbuh karena kebersihan yang buruk. Walaupun kebanyakan dialami oleh anak-anak, jamur ini bisa tumbuh pada umur berapapun.

  • Kepang yang Ketat atau Rambut yang Tertarik Kebelakang
    Penyebab ini mungkin lebih cenderung ke wanita, tapi bahkan pria harus tahu kalau menggunakan gaya rambut kepang yang ketat (seperti gimbal atau model cornrow) atau menarik rambut kebelakang (seperti ekor kuda) dapat menyebabkan rambut rontok atau yang secara medis dikenal sebagai alopecia traksi. Ini disebabkan oleh kronik menarik rambut, mengarah ke kerontokan rambut. kebanyakan di garis rambut. Walaupun kebanyakan terlihat pada wanita Afrika, hal ini juga terlihat pada pria yang memakai gaya tersebut dilokasi yang sama pada kulit kepala untuk waktu yang lama.

Tips untuk Mencegah Rambut Rontok
Pencegahan rambut rontok itu tergantung dari penyebab dasarnya. Kebersihan rambut yang baik dengan keramas rutin adalah langkah dasar, tapi mungkin cuma punya sedikit keuntungan. Nutrisi yang baik, terutama tingkat besi dan vitamin B yang cukup, itu sangat membantu. Pengobatan kondisi medis seperti penyakit tiroid, anemia, dan ketidakseimbangan hormon bisa berguna untuk mencegah rambut rontok. Makan makanan sehat dan seimbang adalah hal yang penting. Makanan sehat bisa benar-benar menguntungkan rambutmu. Kalau kamu mengalami rambut rontok, beberapa dokter menganjurkan menggunakan shampoo bayi, mencuci rambutmu tidak lebih dari sekali sehari, dan sabuni dengan lembut. Jangan menggosok rambutmu terlalu semangat dengan handuk juga. Banyak ahli rambut menyarankan menjauhkan pengering rambut dan biarkan rambutmu kering dengan udara saja. Kalau kamu tidak bisa hidup tanpa pengering rambut, gunakan pengaturan panas yang rendah. Gayakan rambutmu saat masih basah bisa membuat rambut meregang dan rusak. Jadi, gayakan rambutmu ketika kering atau lembab. Hindari godaan atau menyisir kebelakang karena bisa menyebabkan kerusakan rambut.

Akhirnya, hati-hati ketika menggunakan bahan kimia seperti pelurus rambut atau pewarna rambut. Jangan lakukan perawatan bahan kimia terlalu sering. Kalau kamu punya masalah rambut rontok dan tidak tahu apa yang menyebabkannya, bicara pada dokter. Transplantasi rambut adalah cara yang bisa menyembuhkan masalah kebotakan dan rambut rontok. Kalian bisa mendapatkan transplantasi rambut dengan harga terbaik di Kolkata dari ahli operasi yang paling berpengalaman.

Terjawab 8 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang