Apa penyebab vertigo?

Dilihat 2,32 rb • Ditanyakan lebih dari 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Vertigo adalah kondisi dimana kamu merasa ketidak seimbangan dan pusing, seperti sekitarmu bergerak, berputar, atau bergoyang. Itu bisa berakibat mual dan tak berdaya. Vertigo sangat sering terjadi pada usia lanjut, tapi bisa terjadi pada semua umur. Vertigo bisa bersifat permanen atau sementara.

Penyebab vertigo

Organ keseimbangan adalah sistem vestibular dalam telinga, tabung dan kantong kecil berisi cairan. Ada dua sistem vestibular yang identik, terletak di labirin kedua telinga. Ketika kamu bergerak, cairan dalam tabung juga bergerak, lalu tingkatnya dirasakan oleh syaraf. Informasi dikirim ke otak, lalu digunakan untuk membedakan mana bawah mana depan.

Masalah mengenai keseimbangan berasal dari sistem vestibular, jadi orang yang mengalami vertigo memiliki kelainan vestibular.Masalah keseimbangan juga dikaitkan dengan masalah pendengaran. Vertigo juga diakibatkan oleh perubahan dalam otak (otak kecil dan sistem otak) yang terlibat mengatur keseimbangan.

Akibat vertigo kebanyakan adalah

1. Vertigo posisi paroksismal jinak: ini adalah bentuk vertigo pada umumnya, yang diebabkan posisi kepala atau gerakan. Ini disebabkan karena kandungan kalsium dalam kanal telinga terlepas dan menyebabkan simptom.

2. Trauma kepala: orang yang mengalami hantaman keras dikepala bisa mengidap kerusakan telinga permanen atau sementara, menyebabkan masalah keseimbangan.

3. Labyrinthitis: infeksi bakteri pada telinga tengah yang tidak ditanggulangi akan menyebar ke telinga dalam dan merusak labirin serta menyebabkan kehilangan pendengaran.

4. Neuronitis: virus neuronitis adalah virus labirin yang menyerang syaraf sistem vestibular dan bukan cochlea organ pendengaran. Namun neuronitis bisa juga disebabkan karena gumpalan darah pada pembuluh darah kecil yang mengarah ke telinga dalam.

5. Penyakit Ménière: Sebelumnya disebut penyakit tukang jam karena sering menyerang orang yang kerjanya memerlukan ketepatan, konsentrasi dan kontrol tangan dalam waktu lama. Belum diketahui sebab penyakit ini.

Beberapa antibiotik dosis tinggi bisa menyerang sistem vestibular jika seriing di konsumsi. Acetylsalicylic acid (ASA), kafein, alkohol, nikotin, obat bius, obat penenang, dan narkoba bisa menyebabkan pusing temporer namun tidak menjadi permanen ketika berhenti di konsumsi.

Terjawab lebih dari 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang