Apa peran klorofil dalam proses fotosintesis ? Apakah semua tanaman membutuhkan klorofil dalam proses fotosintesis ?

Dilihat 6,99 rb • Ditanyakan sekitar 2 tahun lalu
1 Jawaban 1

Tidak ada tanaman yang bisa melakukan proses fotosintesis kecuali mereka mempunyai klorofil. Fotosintesis adalah proses yang dilakukan oleh tanaman untuk mengkonversi energi dari sinar matahari menjadi energi kimia, fungsi utama fotosintesis untuk memproduksi bahan bakar (zat makanan) berupa glukosa (gula).  Glukosa (gula) tersebut menjadi bahan dasar pembangunan zat lainnya.   Bahan bakar ini (yang diukur dengan kalori) menjadi sumber makanan  bagi hewan atau mahluk hidup lainnya.


 

Klorofil –  sebuah molekul (zat) yang memberikan warna hijau pada tumbuhan – mempunyai magnesium atom di pusatnya yang dikelilingi oleh cincin yang kompleks yang terbuat dari karbon dan hidrogen. Proses fotosintesis dimulai ketika foton – partikel kecil cahaya – diserap oleh molekul klorofil.  Energi foton digunakan untuk memindahkan elektron ke dalam molekul klorofil ke orbit yang lebih tinggi,   dan elektron bergerak ke molekul lain. Hasil dari elektron ini adalah energi, yang memulai seluruh  rantai reaksi fotosintesis.


Proses fotosintesis terbagi menjadi dua tahap, beberapa reaksi terjadi dalam cahaya (reaksi terang) dan reaksi lainnya terjadi dalam gelap (reaksi gelap)


  • Reaksi terang

Ketika elektron dari molekul klorofil dilepaskan  , hal itu memicu serangkaian reaksi berantai yang kompleks , yang menjadikan produksi molekul menangkap energi cahaya dan menyimpannya dalam bentuk ATP (Adenosine Tri-phosphate).  Sel-sel memanfaatkan energi yang tersimpan ini untuk menyediakan energi yang dibutuhkan oleh proses dasar kehidupan.


  • Reaksi Gelap


ATP yang tersimpan di dalam molekul ini digunakan untuk menggerakkan seri lain dari reaksi kompleks , yang membantu tumbuhan menggunakan karbondioksida dari udara dan juga menggunakan air yang diambil dari akar di dalam tanah  untuk membuat glukosa ( bentuk sederhana dari gula).  Jadi peran sebenarnya dari klorofil adalah sebagai pembawa energi, yang akhirnya menghasilkan transformasi energi cahaya menjadi energi gula


 

Terjawab sekitar 2 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang