Apa peran seorang masinis dalam mengemudikan kereta api?

Dilihat 20,5 rb • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

   

Kalau dilihat sekilas, profesi seorang masinis itu terkesan gagah. Bagaimana tidak, seorang masinis dibebani tanggung jawab untuk mengoperasikan sebuah lokomotif yang beratnya berton-ton yang juga menarik beban gerbong berisikan manusia maupun barang. Secara teknis, tidak ada yang sulit untuk seorang masinis mengoperasikan kereta api. Lantaran, sistemnya pengendaliannya hanya gas dan rem serta tinggal mengikuti jalur yang sudah ada. Sehingga tidaklah heran jika banyak yang menyepelekan tugas sang masinis. Apalagi kalau dibandingkan dengan profesi serupa, pesawat terbang yang juga menggunakan kontrol arah untuk mengendalikan pesawat.

Namun dibalik kegagahannya profesi seorang masinis sebenarnya penuh risiko. Setiap kali terjadi kecelakaan kereta api, sering kali pihak pertama yang dijadikan tertuduh (penyebab utama kecelakaan) adalah masinis. Maklum, sosok satu ini merupakan pengendali utama jalannya kereta api sehingga dianggap menjadi penanggungjawab utama. Padahal dalam kenyataanya masinis itu tidak bekerja sendiri dalam sistem operasional kereta api, masinis sangat bergantung pada banyak hal yang saling berhubungan, sehingga rasanya tidak tepat jika hanya dia yang dijadikan penyebab utama seandainya terjadi kecelakaan

Tugas masinis memang berat, di tangan masinis ribuan nyawa penumpang menjadi tanggung jawabnya. Oleh karena itu, dia tidak boleh sedikitpun lalai dalam bertugas. Jadi bagaimana sih mereka bekerja sebenarnya? Langsung saja baca terus penjelasan dibawah ini, ya!


Peran Masinis Kereta Api



Dengan perkembangan tekhnologi perkereta apian, tugas masinis memang tidak seberat seperti masa awal perkereta apian. Dengan ditemukannya tekhnologi diesel dan listrik, maka tugas masinispun hanya sebatas tanggung jawab menjaga keselamatan penumpang dan rangkaian kereta api.

Akan tetapi tugas masinis tidaklah sama dengan sopir bus umum, sesungguhnya masinis memiliki cara kerja yang relatif berbeda. Dalam perannya sebagai pengatur kecepatan, masinis memang layaknya seorang sopir. Hal yang berkaitan langsung dalam pengoperasian kereta api (layaknya seorang sopir), peran seorang masinis adalah sebagai berikut :

  • Menjalankan kereta api 
  • Menaikkan kecepatannya
  • Mengerem
  • Membunyikan klakson
  • Memberhentikan
  • Berjalan perlahan
  • Menyalakan/mematikan lampu depan , dan
  • Harus mematuhi rambu-rambu/semboyan kereta api.

Namun, dalam operasional lainnya, peran seorang masinis sangat bergantung kepada banyak hal, mulai dari pengatur sinyal, kondisi lokomotif (dan kondisi kereta api secara keseluruhan), kondisi prasarana (seperti rel), hingga hal-hal yang berada di luar teknis.

Jadi pada dasarnya perbedaan terbesar antara mengendarai segala bentuk transportasi dengan sebuah kereta api adalah bahwa pada kereta api, masinis tidak punya kontrol atas arah pergerakan kereta api

Batang rel kereta api (fish plate) dikontrol melalui stasiun terpisah dan tergantung pada arus lalu lintas (trafik) pada jalur kereta api tersebut, kereta dialihkan dari satu rel ke rel lainnya.


              

Selain menjalankan fungsi operasional tersebut diatas, seorang masinis harus selalu mengawasi tekanan yang ditunjukkan pada manometer. Hal ini sangat penting dilakukan karena berhubungan dengan rangkaian fungsi pengereman.

Pada kereta api, proses mengerem itu cukup rumit. Rem mendadak pada kecepatan tinggi bisa menyebabkan gerbong kereta terangkat/terbalik. Kereta api butuh jarak sekitar 1 km dari titik rem hingga laju kereta benar-benar berhenti. Untuk itu masinis harus memiliki pemahaman yang baik tentang kemiringan lintasan dan juga perubahan momentum setelah mengerem.

Singkatnya, pekerjaan seorang masinis terlihat seperti pekerjaan termudah di dunia, tetapi seperti yang pernah dikatakan atlet kriket legendaris dari Australia, Glenn Mcgrath - "Bagian yang paling sulit adalah menjaga hal-hal terlihat sederhana", -  dan sepertinya perkataan tersebut berlaku juga untuk hal ini.



Ruang Masinis

Itulah peran seorang masinis kereta api. Selalu ada sosok luar biasa di balik tanggung jawab yang tidak biasa. Berkaca dari kecelakaan kereta api yang pernah terjadi, apalagi ada masinis yang dijadikan tersangka, masinis kereta api sepertinya bukan pekerjaan sederhana. Ratusan nyawa penumpang bertumpu dipundaknya. Profesi yang tidak mudah, namun jangan berharap banyak kalau ditanya soal imbalan yang didapatkan seorang masinis. Padahal ditangan merekalah nasib ratusan nyawa penumpang kereta api berada agar dapat selamat sampai di tujuan Juga jangan remehkan peran seorang masinis, karena nyawa seorang masinis bisa menjadi taruhan saat harus menjamin ketepatan perjalanan kereta api tersebut. (baca: Bagaimana cara kerja kereta api listrik ?)





Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang