Apa perawatan alami terbaik untuk mengobati sakit kepala cluster (sakit pada bagian mata)/

Dilihat 473 • Ditanyakan sekitar 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Apa itu sakit kepala cluster ? Sakit kepala cluster ialah tipe rasa sakit yang muncul secara singkat dan menyerang hanya satu sisi dari otak. Sakit kepala cluster pada umunya sering terjadi berulang kali selama satu hari dalam berminggu-minggu atau berbulan-bulan, kemudia berhenti untuk beberapa minggu atau bulan berikutnya. Seperti migrain, rasa sakitnya bisa sangat intens dan tidak tertahankan. Gejala dari penyakit ini adalah rasa sakit yang membakar, menusuk dan terus-terusan, yang sering terjadi pada disekitar satu mata. Rasa sakitnya bisa meningkat secara drastis dan memuncak dalam 10 menit. Sakit ini bertahan selama 30 menit sampai 3 jam. Sakit kepala cluster pada umunya menyerang dua sampai tiga jam setelah tertidur dan cenderung terjadi pada waktu yang sama setiap malamnya. Serangan sakit kepala juga bisa disertai dengan gejala lain seperti pembengkakan di sekitar mata, air mata yang berlebihan, mata merah, hidung beringus (atau hidung tersumbat pada sisi yang sama dengan sakit kepala) dan muka kemerahan.


Obat alami untuk mengobati sakit kepala cluster

Anda bisa berbicara pada dokter mengenai penggunakan obat alami dan terapi alternatif. Hal yang bisa membantu ialah:

- Melatonin. 

Orang yang menderita sakit kepala cluster cenderung mempunyai kadar melatonin yang rendah dalam tubuh, yaitu hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun. Meskipun para ilmuwan belum memastikan efek dari suplemen melatonin bagi penderita sakit kepala cluster, sebuah riset yang dipublikasikan pada tahun 2001 membuktikan bahwa melatonin bisa membantu meringankan serangan sakit kepala.

- Capsaicin.

Mengonsumsi capsaicin (bahan aktif pada paprika) secara reguler bisa membantu untuk mencegah terjadinya sakit kepala cluster. Capsaicin bisa didapatkan dalam bentuk semprotan hidung dan diduga bisa mengurangi kadar zat P (zat kimia pada sisterm syarat yang berperan dalam transmisi rasa sakit)

- Mind-body stress relief

Stres adalah salah satu pemicu serangan sakit kepala cluster. Walaupun efek terapi seperti yoga dan meditasi belum diteliti lebih lanjut, jenis aktivitas ini bisa membantu meredam serangan dengan cara mengurangi stres. 


Sebab sakit kepala cluster

Sebab pasti dari sakit kepala cluster masih belum diketahui. Namun sakit kepala ini mungkin terkait dengan ketidaknormalan pada pembuluh darah dan syaraf yang mempengaruhi bagian otak yang mengatur serangan sakit kepala cluster. Pria dewasa berusia 20 tahun dan selebihnya, serta orang dengan riwayat keluarga yang memiliki sakit kepala cluster memiliki resiko yang lebih tinggi. Merokok, konsumsi alkohol dan stress juga meningkatkan resiko seseorang untuk mengidap sakit kepala cluster. 


Pengobatan

Jika dibiarkan, sakit kepala cluster bisa terjadi berulang kali selama bertahun-tahun berdampak pada fungsi tubuh Anda sehari-hari. Meskipun perawatan berikut tidak bisa menyembuhkan penyakit ini, namun setidaknya perawatan ini bisa membantu meringankan gejala Anda.

- Menggunakan obat pengurang rasa sakit

- Terapi oksigen

- Terapi fisik seperti terapi panas dan dingin

- Suntikan

- Operasi

Menggunakan pengobatan alami bisa juga dilakukan namun belum direkomendasikan karena minimnya penelitian pada bidang ini. Jika Anda ingin menggunakannya, konsultasikanlah dulu pada dokter untuk mengetahui resiko dan manfaatnya. Jangan lupa bahwa pengobatan alternatif tidak bisa digunakan untuk menggantikan obat-obatan standar sepenuhnya. Merawat sendiri tanpa mengkonsultasikan dengan dokter, dan menunda serta menghindari perawatan bisa mengakibatkan konsekuensi yang lebih buruk. 


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang