Apa perawatan terbaik untuk ketombe yang parah serta rambut rontok?

Dilihat 282 • Ditanyakan 9 bulan lalu
1 Jawaban 1

Kehilangan antara 20 - 100 helai rambut per hari adalah normal. Jika lebih dari itu, berarti anda harus memulai perawatan. Ketombe dan rambut rontok adalah hal yang saling berhubungan. Seperti cerita ayam dan telur. Sangat sulit mengatakan siapa yang ada pertama, ayam atau telur ? Tetapi ketika kita merawatnya, kita akan memperhatikan keduanya. 

Sebelum memulai perawatan, kita harus mengetahui sebab dari akar masalahnya. Ada beberapa faktor penyebab rambut rontok seperti :

  • pengaruh lingkungan
  • faktor usia
  • stress yang berlebihan
  • rokok
  • pengaruh gizi dan vitamin
  • gangguan / ketidak seimbangan hormon
  • faktor genetika
  • infeksi pada kulit kepala
  • penggunaan bahan kimia
  • efek samping obat 
  • kondisi medis seperti gangguan tiroid, penyakit auto imun, dan beberapa penyakit kronis lainnya. 


Beberapa orang menyatakan bahwa ketombe disebabkan oleh kebersihan yang buruk, tetapi banyak para ahli menolak pernyataan tersebut. Bagaimanapun ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan ketombe. 

  • Kulit kering - seperti yang dikatakan sebelumnya,  ketombe adalah penumpukan sel kulit mati pada kulit. Ketika kulit anda tidak mendapatkan nutrisi dan kelembaban yang cukup, maka kulit akan kering dan mengelupas. Ketombe karena kulit kering biasanya menghasilkan butir ketombe halus dan tidak begitu berminyak. Kulit kering tidak terbatas hanya kepada kulit kepala. Ketombe bisa muncul di tempat selain kepala. Ketombe bisa muncul pada anggota tubuh lainnya.
  • Iritasi pada kulit kepala berminyak (seborrheic dermatitis) - Orang-orang dengan kondisi ini adalah yang paling rentan terhadap ketombe. Kondisi seborrheic dermatitis dapat menyebabkan ketombe yang ditandai dengan kulit berminyak dan juga kulit kepala menjadi merah.
  • Kebersihan rambut - Beberapa orang menyatakan jika rambut tidak dicuci dengan shampoo secara teratur, minyak dan sel-sel kulit kepala akan menumpuk membentuk ketombe. Begitu juga jika rambut tidak sering disikat / disisir maka akan menimbulkan ketombe. Menurut beberapa orang, menyikat / menyisir rambut dapat menghilangkan kulit mati pada kulit kepala sehingga membantu meningkatkan kebersihan rambut. 
  • Jamur - Malassezia globosa adalah sejenis jamur yang hidup pada kulit kepala kebanyakan orang dewasa sehat tanpa menyebabkan masalah. Namun kadang-kadang pertumbuhannya tidak terkendali dan jamur ini makan dari minyak yang dikeluarkan folikel rambut. Hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan menyebabkan sel-sel kulit kepala tumbuh lebih banyak. Kelebihan sel kulit kepala yang mati dan bergabung dengan minyak menyebabkan ketombe.
  • Gangguan kulit - Gangguan kulit seperti eksim (eczema) dan psoriasis menyebabkan kulit kering dan berkerak sehingga menimbulkan ketombe.
  • Diet - Diet yang buruk dapat menyebabkan banyak masalah termasuk ketombe. Vitamin A, C, E dan K bagus untuk kulit. Tembaga (copper) dan seng (zinc) sangat perlu untuk kulit sehat. Diet yang buruk akan menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral tersebut, sehingga kulit menjadi tidak sehat / buruk juga.t
  • Penyebab lainnya - Penyebab lain yang terkait dengan ketombe adalah sistem imun (kekebalan), stress, dan sensitive terhadap produk perawatan rambut. 

Seseorang harus melakukan tes darah untuk mengetahui apakah penyebab ketombe karena faktor internal. Jika sudah tahu penyebabnya, harus segera ditangani.

Beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi rambut dan rontok dan ketombe yaitu

  1. Diet yang seimbang - Diet yang seimbang dapat memberikan keajaiban pada tubuh anda. Diet yang baik membuat anda sehat dan panjang umur. Begitu juga dengan rambut anda. Diet yang kaya protein, asam lemak (fatty acid), vitamin dan mineral-mineral yang penting sangat bagus untuk rambut. Gabungkanlah protein dan vitamin dalam diet anda. Seng (Zinc) dan selenium adalah vitamin yang penting untuk kesehatan rambut anda.  Susu, keju, yogurt, ayam, telur, salmon, bayam, brokoli, paprika, kubis, peterseli, jeruk, dan alpukat adalah beberapa jenis yang dapat anda coba dan dapat dimasukkan ke dalam diet anda. 
  2. Perawatan alami :
  • Lidah Buaya - Lidah buaya mengandung pektin. Pektin (gel)  lidah buaya berperan sebagai anti jamur alami dan sebagai kondisioner alami. Pektin bertindak sebagai sebuah sel semen yang membantu sel-sel untuk merangsang pertumbuhan rambut sehingga menghasilkan kulit kepala yang sehat. Sifatnya anti jamur nya membantu melawan jamur pada rambut. Hal ini mencegah ketombe datang kembali. Kondisioner alaminya memberikan keseimbangan yang tepat untuk kelembaban kulit kepala. Ini memberikan nutrisi pada kulit kepala dan membuat akar kuat sehingga mencegah rambut rontok. Gel lidah buaya dapat dioleskan langsung ke kulit kepala atau dicampur dengan bahan lain untuk digunakan sebagai masker rambut.
  • Minyak argan - Minyak argan merupakan minyak kering, dimana langsung terserap di rambut tanpa meninggalkan sisa/bekas. minyak argan tidak berminyak. Minyak ini mengandung asam karbolat (phenol) yang tinggi , vitamin E, dan asam lemak yang sangat menguntungkan untuk kulit kepala yang kering. Minyak ini melembabkan kulit kepala dan memberikan nutrisi yang pentinng untuk rambut.  Minyak - minyak esensial seperti Minyak Cedarwood, Minyak Rosemary, Minyak Lavender dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah, dengan demikian memberikan banyak nutrisi ke folikel rambut dan mencegah rambut rontok. Anda dapat mencampurkan minyak essensial dengan minyak argan dan mengoleskannya di rambut anda 2 kali seminggu. 
  • Arnica - Arnica dikenal untuk menguatkan rambut dan memanjangkan rambut. Arnica dapat membersihkan kulit kepala dari kelebihan minyak dan membantu mengurangi ketombe. Arnica mempunyai efek menenangkan dan pada kulit kepala sehingga kulit kepala terasa sejuk. Juga dapat menghilangkan gatal-gatal dan kemerahan yang disebabkan adanya ketombe. Kandungan aktif dalam Arnika adalah sesquiterpene lactones, yang dikenal untuk mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Kandungan aktif lainnya adalah thymol / thyme (suatu minyak essensial), flavonoids, inulin, carotenoids, dan tannins.  Arnica meremajakan kulit kepala anda dan merangsang folikel rambut. (dari pemakaian pertama ), serta membantu menguatkan rambut anda dan juga mencegah dari rontok sebelum waktunya. Pemakaian larutan obat arnica dapat dicampur dengan air hangat dapat dioleskan dua kali sehari . Begitu juga cara pemakaian arnica dalam bentuk salep dan krim atau dapat dipakai sebagai pembilas rambut untuk menyejukkan kulit kepala.
  • Teh hijau - Teh hijau merupakan sumber yang sangat baik dari karotenoid (Vitamin A), tokoferol (Vitamin E), asam askorbat (Vitamin C), Zinc, Selenium, Chromium dan Mangan.  Semua ini sangat penting untuk kesehatan kulit kepala. Teh hijau juga merupakan anti oksidan yang membantu menjaga kulit kepala tetap sehat. Teh hijau dapat dipakai sebagai pembilas rambut atau untuk memijat kulit kepala.
  • Shikakai - Shikakai telah lama dikenal dalam tradisi pengobatan kuno India (Ayurveda) sebagai peremajaan rambut. Ia mempunyai sifat anti jamur yang membantu melawan ketombe. Dan juga meningkatkan sirkulasi di kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut lebih awal. Bubuk shikakai digunakan untuk membuat shampo yang mana dapat dipakai untuk keramas dan  perawatan alami lainnya. 
  • Amla atau buah frambos (gooseberry) India - Amla adalah sumber yang kaya vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Itu sangat bagus untuk sistensis kolagen yang mana membuat rambut lebih kuat. Minyak atau ekstrak nya dapat dioleskan langsung pada kulit  kepala. 
Saya menyarankan anda untuk mencoba Shampo BioRoyale . Produk tersebut bebas dari bahan kimia berbahaya dan memiliki bahan-bahan yang alami. Anda dapat membaca tentang itu pada: https://naturalhaircare.quora.com/BioRoyale

 

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang