Apa perawatan yang terbaik bagi osteoartritis?

Dilihat 267 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Ada beberapa perawatan yang dapat digunakan untuk mengendalikan gejala osteoartritis. Ini akan membantu meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas sendi dan mengendalikan gejala seperti rasa sakit, bengkak dan kekakuan.


  • Aktivitas fisik: Bergeraklah, aktivitas sederhana seperti berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal atau mengikuti kelas olahraga yang mudah dapat mengurangi rasa sakit dan membantu mengendalikan (atau meraih) berat badan yang sehat. Olahraga penguat tubuh dapat membangun otot di sekitar sendi yang terkena osteoartritis, meringankan beban di sendi tersebut serta mengurangi rasa sakitnya. Olahraga range-of-motion membantu menjaga dan meningkatkan kelenturan sendi dan mengurangi kekakuan. Latihan aerobik membantu meningkatkan stamina dan tingkat energi serta mengurangi berat berlebih. Diskusikan dengan dokter sebelum memulai program olahraga.
  • Peregangan: peregangan yang halus dan perlahan dapat meningkatkan kelenturan, mengurangi kaku dan rasa sakit. Latihan seperti yoga dan tai chi adalah cara yang bagus untuk mengatur kekakuan.
  • Manajemen berat badan: menurunkan berat dapat membantu penderita osteoartritis untuk mengurangi rasa sakit dan membatasi kerusakan sendi. Aturan dasar dalam menurunkan berat badan adalah dengan memakan lebih sedikit kalori dan meningkatkan aktivitas fisik.
  • Pereda rasa sakit dan anti-radang: pengobatan bagi osteoartritis ada dalam bentuk pil, sirup, krim dan losion, atau disuntikkan langsung ke sendi. a) Analgesik. b) Obat-obatan anti radang non-steroid (NSAIDs). c) Corticosteroids. d) Hyaluronic acid.
  • Terapi fisik dan occupational: terapis semacam ini dapat menyediakan beragam pilihan perawatan bagi manajemen rasa sakit
  •  Terapi alamiah dan alternatif: banyak penderita osteoartritis memanfaatkan terapi alamiah dan alternatif untuk mengatasi gejala dan meningkatkan kesehatan mereka secara menyeluruh. Pengobatan ini termasuk suplemen nutrisi, akupuntur atau acupressure, pijat, teknik relaksasi dan hidroterapi, dll.
  • Operasi: operasi sendi dapat memperbaiki atau mengganti sendi yang rusak parah, terutama di pinggul atau lutut. Dokter akan merujuk pasien yang membutuhkan kepada ahli bedah ortopedi untuk melakukan prosedur ini
  • Bersikap positif: Banyak studi menunjukkan bahwa pandangan positif dapat mendorong sistem imun dan meningkatkan kemampuan seseorang dalam menerima rasa sakit.

Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang