Apa perbedaan antara anatomi dan morfologi?

Dilihat 638 • Ditanyakan 7 bulan lalu
1 Jawaban 1

Anatomi vs Morfologi


Membaca dengan seksama dan penuh konsentrasi akan membantumu memahami perbedaan antar anatomi dan morfologi karena kedua area tersebut berkaitan erat satu sama lain. Bahkan, anatomi merupakan bagian dari morfologi, tapi ada perbedaan lainnya dari kedua ilmu tersebut.


Anatomi dan morfologi merupakan dua hal yang paling sering didiskusikan dalam ilmu biologi, terutama bagi mereka yang memiliki ketertarikan mengenai ilmu kedokteran.


Anatomi


Istilah anatomi dalam bahasa Yunani memiliki arti memotong karena struktur tubuh bagian dalam baru dapat dipelajari setelah membedah mayat. Terkait dengan hal tersebut, anatomi merupakan bagian fundamental dalam ilmu kedokteran. Merupakan hal yang penting bagi seorang ahli biologi, mengklasifikasikan organisme ke dalam taksa yang benar setelah mempelajari anatomi pada hewan dan tanaman yang dikenal dengan Zootomy dan Phytotomy.


Anatomi mempelajari struktur biologi yang mencakup organisme dan bagian - bagiannya. Ada dua aspek utama dari anatomi yang dikenal dengan anatomi makroskopik atau anatomi besar dan anatomi mikroskopik. Biasanya anatomis makroskopik dari organisme atau bagiannya dapat dipelajari dengan mata telanjang tanpa alat bantu penglihatan apapun. Anatomi mikroskopik membutuhkan bantuan peralatan penglihatan seperti mikrioskop atau peralatan lain yang sejenis. Pengaturan jaringan dan sel - sel (histologi dan sitologi) dalam bagian tertentu dalam tubuh dari sebuah organisme dapat dipelajari melalui anatomi mikroskopik. Anatomi merupakan area yang sudah dipelajari sejak lama, dan sudah mendapatkan bantuan dari perkembangan teknologi, terutama sejak abad ke 20 dengan adanya penemuan teknik x-rays, usg, dan MRI. 


Morfologi


Morfologi secara umum berarti mempelajari tentang bentuk, dengan kata lain, bentuk dari makhluk hidup. Morfologi merupakan salah satu cabang utama dari ilmu biologi yang mempelajari struktur biologi. Karena merupakan cabang ilmu, morfologi mempelajari hubungan struktur - struktur di dalam organisme tertentu.

Ilmu taksonomi mempelajari hubungan taksonomi atau evolusioner antar organisme. Di dalam morfologi, baik struktur eksternal maupun internal dipelajari. Meski begitu, fungsi - fungsi dari setiap struktur tidak dipelajari di dalam morfologi, tidak seperti dalam fisiologi.


Morfologi mempelajari struktur - struktur mulai dari tingkat sel skala kecil (sitologi) melalui jaringan - jaringan (histologi) sampai dengan sistem organ - organ dari seluruh makhluk hidup. Tampilan luar seperti warna, bentuk, ukuran ketegasan, dan ciri - ciri fisik lainnya juga dipelajari dalam morfologi. Ciri - ciri tersebut memberikan keunikan bagi organisme dan keunikan mereka memberikan mereka identias dari masing - masing struktur dan organisme.


Apa perbedaan antara anatomi dan morfologi? 

  • Anatomi mempelajari struktur - struktur sementara morfologi mempelajari hubungan antar struktur - struktur.
  • Anatomi merupakan bagian dari morfologi, sementara morfologi merupakan cabang dari biologi.
  • Ciri - ciri eksternal seperti ukuran. bentuk, warna dan ciri - ciri fisik lainya dari struktur biologi dipelajari dalam morfologi sementara anatomi mempelajari mengenai tingkat komposisi sel - sel  dan jaringan dari struktur biologi.


Terjawab 6 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang