Apa perbedaan antara diagnosa dengan ramalan?

Dilihat 833 • Ditanyakan lebih dari 1 tahun lalu
1 Jawaban 1

Dalam Oncology (kanker), diagnosis ini cukup meyakinkan. Hal ini didasarkan pada penampilan bahan biopsi (yang telah diiris di bagian yang sangat tipis (sekitar 5 mikron)) dan diperiksa oleh ahli patologi di bawah mikroskop. Kadang-kadang kurang pasti karena beberapa kanker memiliki bagian yang "tidak dapat dibedakan". Ke titik bahwa mereka tidak melihat apa-apa seperti organ dari mana mereka muncul dan kita mungkin melihat kanker yang telah menyebar dari mana ia berasal ke beberapa situs yang jauh di tubuh

Namun demikian, fakta bahwa itu adalah kanker (yang bertentangan dengan beberapa proses jinak) hampir selalu pasti. Ketika kita tidak tahu pasti apa jenis kanker itu (dan ada ratusan), kita harus membuat  "tebakan terbaik" kita dan memperlakukannya sesuai.


Sebagian besar kanker menanggapi terapi radiasi, tetapi beberapa hanya akan menanggapi obat kemoterapi tertentu - sehingga mengetahui dengan tepat jenis kanker ini sangat penting ketika memutuskan pengobatan sistemik. Kami memiliki lebih dan lebih spesifik tes kita dapat berjalan di jaringan hari ini yang dapat lebih mencirikan kanker. Hal ini memungkinkan kita untuk menggunakan obat yang lebih dan lebih spesifik untuk mengobati setiap jenis tumor tergantung pada perbedaan halus antara mereka.


Prognosis didasarkan pada pengalaman masa lalu dengan mengobati kelompok besar pasien dengan diagnosis yang sama. Hal ini biasanya diberikan sebagai probabilitas bertahan lima tahun setelah diagnosis dibuat. Misalnya, pasien dengan meningioma (sejenis tumor otak jinak) diobati dengan operasi atau terapi radiasi (atau kadang-kadang keduanya) memiliki kesempatan lebih besar dari 90% dari hidup lima tahun tanpa kambuh. Seorang pasien dengan kanker paru-paru yang telah menyebar ke otak memiliki hampir tidak ada kesempatan hidup lima tahun. Kadang-kadang kita menyatakan prognosis dalam hal interval yang lebih pendek dengan jenis tumor. Untuk pasien ini, kita bisa mengatakan bahwa mereka memiliki hidup diperkirakan rata-rata 6 bulan sampai satu tahun. Masih ada perbedaan halus antara pasien yang bergantung pada bagaimana besar tumor primer dan berapa banyak daerah telah menyebar.


Jadi apa yang saya katakan pasien tentang prognosis adalah sesuatu seperti "Jika ada seratus pasien dengan jenis dan stadium tumor, 50 dari mereka akan hidup dalam enam bulan." - Atau sesuatu seperti itu, tergantung pada spesifikasi kasus - tapi saya juga menekankan bahwa ini adalah di mana tengah Bell Curve berada dan beberapa orang hidup lima tahun dan beberapa mati dalam satu bulan - tergantung pada bentuk kurva. Saya memberitahu mereka bahwa statistik hanya berlaku untuk kelompok besar pasien, bukan kepada individu - bahwa saya tidak memiliki bola kristal dan tidak ada yang dapat memberitahu mereka persis berapa lama mereka akan hidup. Banyak orang hanya mengingat bagian enam bulan dari pernyataan, meskipun saya mungkin memberi mereka penjelasan tentang Bell Curve beberapa kali selama pengobatan mereka - dan berulang kali memberitahu mereka bahwa statistik hanya berlaku untuk kelompok besar pasien dan tidak individu - tapi selalu, ketika mereka masih hidup dua tahun kemudian, mereka memberitahu semua orang bahwa "Para dokter hanya memberi saya enam bulan untuk hidup, tetapi berkat (doa-doa Anda, tekad saya, iman saya pada Tuhan, minyak ganja, enema kopi - atau apa pun) aku masih hidup hari ini !! "

Terjawab lebih dari 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang