Apa perbedaan antara latihan senam dan latihan anaerobik?

Dilihat 238 • Ditanyakan 8 bulan lalu
1 Jawaban 1

Senam berhubungan dengan lingkungan yang kaya akan oksigen, sedangkan anaeobik berhubungan dengan kurangnya oksigen. Ketika kita membicarakan mengenai latihan senam, yang kita bicarakan adalah mengenai aktivitas - aktivitas dimana sistem kardiovaskular ditekan yang membutuhkan lebih banyak oksigen. Sedangkan latihan anaerobik, merupakan aktivitas - aktivitas dimana sistem otot rangka ditekan dan terjadi penurunan jumlah oksigen (dari simpanan glikogen di dalam otot).


Latihan senam merupakan latihan kardio sedangkan latihan anaerobik merupakan latihan ketahanan. Kelebihan dan kekurangan? Hal yang baik mengenai latihan senam adalah tekanan kardiovaskular yang diberikan kepada tubuh memaksa tubuh untuk menghadapi oksidasi mitokondria dan hal itu menstimulasi sel - sel untuk menghadapi tekanan di masa depan. Sederhananya, latihan kardio merupakan antioksidan yang sangat baik. 


Penelitian menemukan bahwa latihan kardio sangat baik dan dapat meningkatkan harapan hidup. Jadi kalau kamu melakukan kardio untuk "membakar energi", supaya kamu bisa menurunkan berat badan, kamu mungkin harus memikirkannya lagi. Hal itu bukan merupakan manfaat yang utama dari kardio. Penelitian menemukan bahwa kardio tidak membantu dalam menurunkan lemak dibandingkan dengan diet. Saya tahu ini sulit untuk dipercaya tapi kenyataannya memang begitu. Kardio bukan untuk mengurangi lemak, kardio untuk melatih sel - sel.

Hal yang baik mengenai latihan ketahanan adalah latihan ini mengubah sistem otot rangka. Kita semua harus menghadapi sarcopenia, yang pada dasarnay berarti bahwa kita akan kehilangan otot sebesar 1% setiap tahunnya sebagai bagian yang alami dari proses penuaan mulai dari usia 25. Semakin sedikit otot berarti semakin lambat metabolisme tubuh yang berarti kenaikan berat badan.

Latihan ketahanan merupakan cara yang baik untuk mengimbangi efek dari sarcopenia. Penelian menunjukkan bahwa, bergantung pada pengandaian dan metode - metode, kita memiliki potensi untuk mengembangkan 1,5 - 5 pon otot setiap bulan dengan menggunakan latihan ketahanan. Latihan ketahanan meningkatkan otot yang kemudian mempercepat metabolisme, dan membantu dalam mengurangi lemak.


Lebih jauh lagi, penelitian juga membuktikan bahwa latihan ketahanan secara efektid mengubah berbagai macam masalah kesehatan seperti tekanan darah, menurunkan kolesterol kahat, meningkatkan kolesterol baik, dll. Jadi kalau latihan kardio melatih sel - selmu, latihan ketahanan melatih otot - ototmu, menyingkirkan lemak, dan menjaga keremajaan dan vitalitas. Keduanya saling bersinergi.


Terjawab sekitar 1 tahun lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang