Apa perbedaan antara medis internal dan medis keluarga?

Dilihat 349 • Ditanyakan 12 bulan lalu
1 Jawaban 1

Cara termudah untuk memahami perbedaan antara keragaman spesialis dalam medis adalah untuk mengidentifikasikan pertanyaan kesehatan yang akan mereka jawab dengan "Entah. Itu bukan kerjaan ku". Pengobatan internal dan Praktisi Umum itu hanyalah dua dari banyak tipe-tipe fakultas medis yang berbeda-beda. Fakultas lainnya itu adalah Operasi, Anestesi, Dermatologi, Perawatan Intensif, Psikiater, Oftalmologi, Kesehatan Umum, Pengobatan Darurat, Radiologi, Patologi, Kebidanan dan Ginekologi dan Pediatrik.

Spesialis pengobatan internal itu tergolong dalam fakultas Dokter. Dokter adalah Kardiologis (ahli jantung), Gastroenterologis, Geriatrics, Rematologis dll. Dokter fokus dalam mendiagnosa, dan pengobatan tanpa operasi, sistem tertentu pada tubuh. Bahkan mereka bisa menjadi sub-spesialis dan fokus pada organ tertentu - misalnya, beberapa Gastroenterologis itu fokus ke hati (Hepatologis). Seperti yang bisa kamu bayangkan, semakin kamu fokus ke sub-spesialis semakin dalam juga pengetahuanmu dalam area ini. Kalau kamu mendatangi Hepatologis dan menanyakan tentang hatimu, berarti kamu akan memiliki akses yang sangat kaya akan informasi daripada kamu menanyakan pertanyaan itu pada Praktisi Umum. Namun, semakin seseorang fokus ke spesialis tertentu, semakin banyak area medis yang mereka lupakan. Kalau kamu tanya Hepatologis tentang matamu, mereka akan merespon dengan "Entah, itu bukan pekerjaanku".

Masih ada beberapa Dokter "Pengobatan Umum" yang memiliki sedikit spesialitas setiap Pengobatan Internal. Namun, masih ada perbedaan besar antara dokter-dokter ini dan dokter Perawatan Primer. Dan lagi, perbedaannya itu sangat mudah di lihat dengan memfokuskan pertanyaan apa yang tidak akan mereka jawab. Dokter tidak melihat anak-anak - itu adalah pekerjaan Pediatrik. Mereka tidak melakukan operasi - itu tugas Dokter Bedah. Mereka tidak peduli terhadap kesehatan mental mu. Mereka tidak memperhatikan kehamilanmu. Mereka tidak akan membekukan atau menghilangkan kanker kulitmu. Ada banyak hal yang tidak bisa dilakuan oleh Dokter. Praktisi Umum, lebih dari spesialitas lainnya, melakukan sedikit semuanya. Mereka melihat orang dewasa dan anak-anak. Mereka melihat ruam dan patah tulang. Mereka menjawab pertanyaamu tentang hati, paru-paru, kulit, mata dan kesehatan mental mu. Mereka akan membantumu melewati masa kehamilanmu. Bahkan mereka juga melakukan "operasi" simpel kantoran.

Kalau kamu mendatangi Praktisi Umum dengan pertanyaan dasar tentang area kesehatan mu, mereka akan menjawab "Entah. Itu bukan pekerjaanku". Namun, roti pengetahuan ini ada biayanya. Praktisi Umum tidak akan memiliki pengetahuan yang sama seperti Spesialis dalam area tersebut Kalau kamu punya pertanyaan medis yang rumit atau detil, berarti menanyakannya pada Praktisi Umum itu hanya mencari jawabannya dari Spesialis tersebut. Karena itu, ketika Praktisi Umum itu ada dengan masalah yang tidak dasar, mereka akan merespon dengan "Entah. Itu bukan pekerjaanku" dan menganjurkanmu untuk bertanyakepada Spesialis yang membutuhkan pengetahuan yang lebih dalam. Ada dua cara untuk bertemu dengan Praktisi Umum. Kamu bisa lihat roti pengetahuan mereka, beersium memuji, dan berpikir "Wow! Inilah dokter yang bisa menyelesaikan SEMUA masalah medis dasar".

Alternatifnya, kamu bisa melihat keterbatasan pengetahuan mereka dan berpikir "$%*&! Aku tidak akan mengunjungi Dokter Keluar ku. Aku akan mengunjungi setiap tipe Spesialis untuk setiap masalh kesehatanku". Beberapa orang sebenarnya melakukan ini - biasanya dengan lebih banyak uang daripada kesadaran. Namun, ada beberapa masalah dengan filosifi ini.

Pertama-tama, hal ini membutuhkan biaya. Tidak hanya kamu, tapi, juga biaya kesehatan negara mu. Pemerintahan biasanya berkonstribusi lebih untuk membayar perjanjian spesialis daripada biaya kunjungan Dokter Keluarga. Kalau orang-orang memutuskan untuk mengunakan salah satu setiap tipe spesialis untuk checkup umum, berarti hal itu akan memakan banyak biaya perawatan kesehatan lebih dari kalau mereka melakukan check up yang sama dengan Praktisi Umum. Itulah alasan kenapa banyak negara memerlukan penyerahan dari Praktisi Umum sebelum kamu bisa bertemu dengan seorang Spesialis. Penyerahan ini intinya adalah perjanjian dari Praktisi Umum yang masalah tidak bisa diselesaikan oleh mereka dan, karena itu, ektra pengeluaran pada biaya Perawatan Kesehatan itu dijamin.

Kedua, hal itu tidak diperlukan. Ada istilah dalam pengobatan, "Masalah biasa itu biasa". Itu adalah mantra untuk pelajar medis untuk melindungi dari "Zebra" tapi hal itu berlaku untuk hal ini juga. Masalah kesehatanmu itu lebih ke masalah umum daripada masalah yang langka. Dokter Perawatan Primer itu sangat baik dalam menangani masalah umum - mereka melhat dan merawat mereka semua selalu. Tidak perlu terburu-buru untuk mengunjungi Spesialis karena masalah umum. Ketika kamu punya masalah kesehatan yang rumit atau sulit, berarti dokter Perawatan Primermu akan menyeahkanmu ke spesialis yang berhubungan.

Ketiga, hal ini beresiko kalau kamu mlewati perawatan menyeluruh yang penting. Kemajuan Praktisi Umum yang lebih dari Spesialis adalah kami melihat mu untuk komplain kesehatan yang berbeda-beda dan mencoba mengenalmu lebih lanjut. Hal ini diremehkan dan merupakan alat yang sangat kuat dalam pengobatan.

Kalau kamu menderita suatu masalah, dan memilih untuk mengunjungi banyak spesialis supaya dapat diinvestigasikan, berarti semua spesialis kecuali satu akan memberimu jawaban "Entah, itu bukan pekerjaanku". Contohnya, kalau kamu memiliki rasa sakit di dada dan kardiologismu akan melakukan beberapa pengujian dan mengatakan "Rasa sakitmu itu bukan dari jantungmu", Gastroenterologis mu akan menaruh kamera kedalam perutmu dan mengatakan "Sakit nya itu bukan karena maag atau surut", dokter Pernapasanmu akan melakukan pemindaian pada paru-paru mu dan menyakinkanmu "Ini bukan kanker paru--paru", Rematologis akan menjalankan pengujian baterai dan menganjurkan "Ini bukan penyakit auto-imun atau berasal dari tulang belakangmu". Namun, Dokter Keluarga biasa mu, yang sudah mengenalmu sejak lama, tidak akan membutuhkan hasil uji apapun untuk mengatakan "Rasa sakit di dada mu itu karena kamu cemas".

Praktisi Umum itu memiliki roti pengetahuan tentang masalah medis umum - salah satu yang mungkin kamu derita. Lebih pentingnya lagi, mereka ada tipe dokter yang paling mengenal dirimu. Spesialis itu sangatla hpenting, dan dokter Perawatan Primer akan menyerahkanmu pada mereka ketika komplain kesehatanmu itu lebih dari tingkat pengalaman mereka, tapi penting untuk menghargai setpro dan kontra setiap tipe spesialitas. Cara terbaik untuk mendapatkan perawatan medis berkualitas adalah untuk menggunakan alat yang benar untuk pekerjaan tersebut.

Terjawab 9 bulan lalu
Kau memiliki jawaban yang lebih baik?
Tulis jawaban sekarang